KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life


Leave a comment

289.Jalan-jalan Nold: yang terlewatkan!

Jalan-jalan Nold: yang terlewatkan! pemandangan di alun-alun jogja

Jalan-jalan Nold: yang terlewatkan! pemandangan di alun-alun jogja

Setelah menulis dua review berdasarkan video “jalan-jalan nold”. Sayapun baru ingat bahwa tak semua perjalanan Saya selama di Jogja itu di dokumentasikan. Berikut ini beberapa list yang semoga membantu Anda semua semakin enjoy berlibur ke Jogja!

Restoran Wangonsari
Letaknya di Wangon. Saya makan ini waktu ingin kembali ke Bandung. Rasanya kagak enak. kagak enak sama sekali. saya pesen ikan bandeng goreng, rasanya asin gak karuan. kangkungnya juga. gila lah restoran ini! parah! harganya lumayan mahal (20ribuan di daerah wangon).

Pring Sewu!
Iklannya ada tiap 1 kilometer sekali. bener-bener brain wash. harganya mahal buat standar jogja dan rasanya biasa saja.

Alun-alun depan keraton di malam hari!
Wajib dikunjungi karena, disana ramai dan Anda bisa gowes mobil VW yang penuh dengan lampu-lampu LED! keren deh! harga sewa mobilnya itu 20-25 ribu pada awalnya pasti di kasih harga 50ribu atau dia sok desperate di harga 35 ribu tapi, bisa ditawar lagi kok. modalnya sok bahasa jawa aja dan kalau mahal bilang ” larang tenan”. Trust me it works…

Kafe District!
Kafe yang cukup gaul (namun kalah dengan legend sih) di Jogja. Format kafenya adalah kafe buat nongkrong dan nonton bareng. Harga makan dan minumannyapun sangat murah buat kelas jogja dan jakarta. Jadi,daripada gak dapet tempat di Legend mending ke Kafe district.

Selama ke Jogja ini mungkin Anda perhatikan, Saya, Aldi dan Arief gak pernah ke Mall. Hal ini dikarenakan kami ingin membelanjakan uang kami langsung berdampak kepada para pengusaha UKM. Hal ini termasuk para pengrajin, para tour guide di gua pindul, para pengusaha restoran/tempat makan dan berbagai pihak. Supaya uangnyapun dari Indonesia untuk kesejahteraan para pengusaha tradisional.

 

 


Leave a comment

288. Jalan-jalan Nold: Lanjutkan!

Jalan-jalan Nold: Lanjutkan! Motor terkecil yang Saya temukan di jOGJA

Jalan-jalan Nold: Lanjutkan! Motor terkecil yang Saya temukan di jOGJA

Pada postingan kali ini, Saya akan memberikan berbagai rekomendasi tempat wisata alam dan makan di Jogja. Prinsipnya di Jogja adalah

“Apabila anda makan, makanan yang enak sekalipun namun, dengan harga Jakarta atau Bandung maka itu gak worth men! Di Jogja itu makanan enak gak musti mahal”.

Berikut ini lanjutan review dari Saya:

 

Gua Pindul dan kawan-kawan! (lanjutan)
Saat ke Gua Pindul, kami mengambil paket yang 3 gua yaitu, ke gua pindul , rafting di sungai dan ke gua baru. Saya sarankan jangan ambil yang ke gua baru karena, gak ada “something wow” disana. Cuman stalagmit nyala dan itu satu doank. Gua baru yang saya kunjungi masih dalam tahap penggalian dan penelitian. Mas Bani (tur Guide saya) yang di dalam video selain ramah, baik dan bertanggung jawab beliau juga benar-benar total mengerjakan tugasnya. Kamipun setuju memberi tip kepada mas Bani. Kalau tour guide kalian seperti mas Bani tolong diberi tip yah.

Ayam goreng pak Parman!
Lokasinya di gunung kidul dan kami kesana karena ramai. eh, taunya rame gara-gara di pake rapat sama PNS lah! weleh~weleh.Pas PNSnya bubar jadi sepi deh tempatnya. Ayam goreng pak Parman memiliki menu andalan ayam kremes. Harganya cukup murah (20 ribuan). Ayam yang digunakan adalah ayam kampung dan ayam pak parman ini modelnya mirip mbok berek dan ayam suharti. Cocok buat memuaskan kelaparan dari berenang di gua pindul.

Pantai Indrayanti!
Pantai paling ujung di Jogja (sebelah pantai Sundak). Pantainya indah dan ombaknya relatif lebih kalem dibandingkan pantai-pantai disebelahnya. Biaya masuk ke pantai ini pun 10ribu perkepala. Biaya itupun satu tiket untuk ke semua pantai (kalau cukup waktu). Pasir pantainya putih dan pemandangannya memang paling indah dibandig pantai lainnya di Jogja.

Madam Tan!
Tulisannya sih masakan Belanda dan Indonesia TAPI! makanannya campur-campur banget sih dan jarang banget makanan Belandanya. Saya kira restoran ini adalah restoran lama, tau-taunya ini restoran baru lah! Maknannya enak tapi harganya 30ribuan alias mahal kalau di Jogja.

Kedai Rakjat Jelata!
Tempat makan dan nongkrong yang enak dan harganya MURAH men! makananyapun enak-enak dan cocok buat nongkrong dari maghrib sampe malam hari. Recomended banget!

Ayam presto kremes depan UKDW!
Makanannya enak dan murah meriah men! bener-bener harga mahasiswa Jogja!

Keraton Jogja!
Bayar tiket masuk dan guide tapi kalau siang banyak museum yang ditutup. Waktu itu kami, tidak sempat liat museum yang isinya senjata. Keraton jogja kalau siang-siang dan gak ada event paling enak buat tempat tidur siang aja gan. Saya sarankan daripada ke keraton mending ke objek wisata lainnya.

HAKONE RAMEN!
‘Ramen ter enak di dunia” itu slogannya. harga satu porsi ramennya mencapai 50ribuan++. Mahal kan? dengan duit segitu kalau makan bakmie godhog bisa sampe enek tuh. Rasa hakone ramen biasa saja bahkan biasa banget.

Bakpia Djava!
Bakpia ini adalah “Nyonya Djumnya” versi bakpia. Sangat terkenal di Jogja tapiiii harganya relatif mahal di banding bakpia-bakpia di Jogja. Bakpia Djava ini ibarat Kartika Sari atau Prima Rasa di Bandung. Toko kue yang spesialisasinya bakpia (kalau kartika sari kan brownis dan banana roll). Rasa bakpia basahnya ueeeenak tenan! bakpai keringnya yah biasa saja (nada Jokowi). Walaupun sedikit mahal tapi rasanya sangat memuaskan dan isi tokonya lengkap lagi! recomended gan!


1 Comment

287. Jalan-jalan Nold: Berlibur murah,meriah dan puas di Jogja!

Jalan-jalan Nold: Berlibur murah,meriah dan puas di Jogja!

Jalan-jalan Nold: Berlibur murah,meriah dan puas di Jogja!

Pada kesempatan liburan yang lalu, Saya bersama Seraldi (Aldi) dan Arief (Nonce) pergi bertiga ke Jogja dengan mobil. Tadinya sih mau pergi dengan kereta tapi,objek-objek wisata Jogja ternyata lebih banyak yang wisata alam dan itu semua jauuuh. Belum lagi di Jogja itu, angkotnya minim banget gak kayak angkot Kalapa-Dago yang ada 24 jam di Bandung. Nah, daripada nanti bingung naik apa-apa di Jogja mending bawa mobil.

Pada liburan kali inipun Saya hanya membawa uang satu juta ($100) untuk liburan selama 5 hari dan itupun masih sisa 150 ribu! Uang itu tentunya dipakai untuk berbagai keperluan tapi,kali ini Saya akan bahas tempat-tempat asyik yang bisa di kunjungi di Jogja! Hal ini termasuk tempat makan yang enak dan mudah serta tempat wisata yang walaupun gak gitu murah-murah amet tapi memuaskan.

Selengkapnya bisa lihat pada video di bawah ini:

Saya akan bahas sesuai urutan videonya:

Ayam goreng bu Harti (bukan Suharti yah),
Makanannya enak, harganya murah bagi orang Jabodetabek tapi mahal bagi orang Jogja (20ribu’an). Pemandangannya bisa melihat sawah tapi, sayang nya pas lait dapurnya jorok banget. Apalagi WCnya yang langsung “Nyemplung” ke Sawah (YOU DON’T SAY!?). Ilfil banget deh liatnya. Secara pribadi Saya tidak akan mau kesana lagi.

Gudeg Yu Djum
Gudeg ini merupakan gudeg yang paling terkenal di Jogja dan Google TAPI! rasanya biasa aja (gak ada something WOW) , menurut Saya lebih enak gudegnya di Ayam goreng Mbok Berek malah. Harganya Jakarta men(50ribu)! alias mahal bagi kelas Jogja. Gak kenyang lagi. Mending cari gudeg yang deket-deket UGM .

Taman Pintar
Biar gue jelaskan taman pintar dalam satu kalimat “Museum pendidikan hasil CSR dari perusahaan-perusahaan”. Isi wahananya banyak dan tiket masuk yang full cuman 20 ribuan (gak termasuk planetarium karena, planetarium ada jadwal-jadwalnya dan rebek). Museum ini dipenuhi CSR dari Aqua, Astra, Microsoft (naro LCD dan kinect doank),Toyota dan berbagai brand lainnya yang saya lupa. Patut dikunjungi! Ada Acnya dan menghibur banget!

Candi Prambanan
Walaupun isi candinya gak ada something Wow tapi, pemandangannya bagus banget men! banyak cewek-cewek bule disana kalau kata seorang abang dari Siantar itu “White Horse”,ahahaha. Jangan makan disekitar prambanan karena, makananya gak enak dan gak worth. Disarankan kalau ke Prambanan sore aja dan kalau ada jadwal sendratari ramayana saya anjurkan Anda tonton! keren men! apalagi pas bulan purnama. Wajib tonton sendratari Ramayana.wajib!

Soto Pak Marto
Konon katanya murah dan enak tapi, jam 19.00 aja udah abis. Kalau mau makan kesana mending dateng pagi atau siang.

Tempat makan “apa-pedes” yang gue lupa namanya
Makananya ayam dan bebek kremes, ada kangkung, babat dan berbagai gorengan lainnya. Rasanya enak dan harganya murah dengan standar Jogja. Makan 20 ribu aja udah kenyang banget.

Gua Pindul dan kawan-kawan!
Jalannya juaaaaauu~~uuuuh banget! karena lo harus mendaki gunung kidul yang gak bisa pake angkot kesananya (inilah mengapa Kami memutuskan bawa mobil). Disini Anda semua harus hati-hati! Karena banyak rumah yang memasang reklame “pusat informasi” gua pindul dan berbagai HOAX lainnya. Gua pindul sendiri memiliki banyak pengelola untuk wisata kesana. Tips dari Saya, carilah jasa tur dari pengelola yang pualing banyak antriannya. Cek juga ban dan pelampung yang Anda pakai karena, resiko main disini lumayan bahaya apalagi pas musim hujan.


Leave a comment

286. Desainer mau sih dibayar murah karena, proyekan dari teman?

Tulisan ini khusus buat para desainer yang tulus, lugu dan baik hati. Pesan Saya, kalian harus cerdik dan jangan mau ketulusa,keluguan dan kebaikan hati kalian di eksploitasi oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab atau mafia proyekan. WASPADALAH!
Continue reading


1 Comment

285. 7 pertanyaan umum saat wawancara kerja!

Sekedar berbagi info dari pengalaman dan beberapa artikel yang Saya baca. Bagi sebagian besar pencari kerja, menghadapi wawancara merupakan bagian yang terberat dan tahap paling menentukan keberhasilan memperoleh suatu pekerjaan. Pertanyaan-pertanyaan yang tak bisa dibayangkan dan diduga sebelumnya, kerap membuat orang gugup karena tidak belum mempersiapkan jawaban. Sara Sutton Fell, Andy Teach dan Miriam Salpeter, para pakar dunia kerja berbagi beberapa tips jawaban wawancara untuk Anda. Berikut beberapa tips dari mereka.

  Continue reading


1 Comment

284. Apa yang Saya pelajari dari Sri Mulyani

Apa yang saya pelajari dari Sri Mulyani: Foto bu Sri Mulyani saat memberikan speech

Apa yang saya pelajari dari Sri Mulyani: Foto bu Sri Mulyani saat memberikan speech

Pada postingan kali ini Saya akan berbagi ilmu dan inspirasi pada suatu seminar di Jakarta. salah satu pembicanya adalah Bu Sri Mulyani yang ternyata, amat luar biasa. Memang yah, orang yang hebat itu harus punya mental dan paradigma yang hebat. Berikut ini petikan kata-katanya:

Trust yourself.

Respect yourself.

Develop yourself.

Kita pasti jatuh dan merasakan sakit, tapi ingat kita terlahir sebagai pemenang.

IQ, Emotional dan Spiritual semua harus ada. Paling enak memang punya hobi dan dibayar.Tapi coba mindset-nya digeser, membuat apa yang kita pelajari menjadi menyenangkan dan bermanfaat. Saya bercita-cita menjadi Guru TK, cuma takdir saya agak berbeda. Saya senang mengajar karena saya merasa terhubung dengan siswa.

Orang yang hebat, dia tidak melulu memikirkan diri sendiri, melainkan memikirkan tentang orang lain. Makanya sewaktu perpisahan saya sebagai menteri, saya selalu ingatkan kepada para pegawai ‘Jangan berhenti mencintai Indonesia’ meskipun mencintai itu melelahkan, apalagi yang dicintai acuh-acuh saja. Di zaman teknologi ini saya sampaikan kepada kalian semua, ‘Jangan takut pengaruh global! Karena kitalah pengaruh terhadap global’.”
(Sri Mulyani Indrawati, Managing Director World Bank. Sebelumnya Menteri Keuangan Republik Indonesia)


Leave a comment

283. Rahasia sukses menggalang dana di KickStarters!

Rahasia sukses menggalang dana di KickStarters!

Rahasia sukses menggalang dana di KickStarters!

Dewasa ini buaaaa~aanyak sekali Game developer di Indonesia yang bermunculan sebagai usaha bau atau Start-up! Pangsa pasar games yang begitu besar dan dengan keuntungan yang bahkan irasional menjadi hal yang membuat banyak anak muda memutuskan menjadi game developer. Besarnya potensi keuntungan yang didapatkanpun berbanding lurus dengan besarnya potensi hambatan atau kesusahan yang dihadapi. salah satu kesusahan atau masalah yang dialami para developer Indonesia adalah kurangnya MODAL.

Kurangnya, suntikan dana modal awal yang berbentuk uang menjadikan game developer Indonesia sulit berkembang. Kesulitan berkembang ini dapat dilihat daripara developer yang terus menerus mengerjakan proyek untuk bertahan hidup. Kalau begitu bagaimana dengan nasib produk atau game bikinan mereka sendiri? Padahal para developer besar di dunia ini sukses kan karena produk bukannya proyekan.

Untuk menambah modal usaha dalam membuat suatu game daripada, ke Venture Capital, minjem uang di Bank atau mendapat modal dari investor Indonesia yang nantinya kena bunga tinggi, minta saham bu~uanyak dan bahkan minta investasinya cepat kembali dalam setahun lebih baik ikutan Kickstarters. Mengumpulkan modal dengan cara crowd funding di Kickstarters ini sangat amat cocok buat para developer game ataupun pengusaha bidang lain untuk berhasil mengumpulkan modal ratusan ribu dollar!

Di Indonesia sendiri sudah ada dua game developer lokal yang berhasil mendapat kucuran dana modal yang luar biasa dari kickstarters. Kedua developer itu adalah Ecuator Games dan Tinker games! Dalam wawancara Saya dengan mereka, Kalian akan mendapatkan rahasia mereka sukses menggalang dana ratusan ribu dollar Amerika untuk membuat game mereka. Selengkapnya cek video dibawah ini! Semoga menginspirasi!

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,797 other followers