498. Forum UI desainer dari Indonesia nan Kece Badai

Forum UI desainer dari Indonesia nan Kece Badai
Contoh UI design yang nge animasiin. ini ceritanya membayangkan kontrol scrolling pake mata.

Di kala produk dijital meraja lela bahkan melebihi restoran lele lel*,ahahhaa

Ada banyak posisi baru  yang naik daun. Salah satunya adalah UI designer . UI designer adalah sekumpulan desainer dari kampus yang gede banget di depok.

hehehe, enggak degh.

UI designer adalah User Interface Designer. Posisi ini lah yang membuat semua tampilan di produk dijital dari halaman pendaftaran hingga halaman error-error. User Interface sendiri di populerkan oleh Apple Macintosh (1984) dimana sebelum Apple semua komputer di operasikan dengan cara ngetik kode.

Bayangin deh klo fungsi klik kanan dan kiri mouse elo harus di ketik kodenya? repot kan?

Nah, kembali ke masa kini. UI designer di Indonesia sendiri sudah sangat berkembang dan banyak yang udah jago-jago kemampuannya hingga di akui dunia. Sayangnya belum ada forum berbagi ilmu dan info tentang UI designer di Indonesia. Hingga akhirnya Kak Thomas Budiman dan kak Dwinawan membuat forum yang kece bernama INSIGHT.DESIGN.

Forum UI desainer dari Indonesia nan Kece Badai
Forum UI desainer dari Indonesia nan Kece Badai. ini nih tampilannya.

 

Pendirinya adalah kak Dwinawan dan kak Thomas. Mereka ini bagaikan Naruto dan Sasuke nya di dunia UI design Indonesia (ini lebay sih),hehehe…

DI Insight ini kita bisa belajar banget tentang ilmu-ilmu,tips dan trik tentang UI desain dan terlebih pentingnya INSIGHT ini karya anak bangsa. Buat yang berminat ke bidang UI desain atau mau belajar-belajar bisa gabung aja ke insight yah.

GRATIS kok ūüôā

Ini linknya yah; http://insight.design/

 

P.S: ini bukan promosi yah tapi, emang forum ini keren adanya.

Advertisements

497. Generasi haus pujian

Para milenial
Konon katanya ciri generasi milenial adalah foto dulu sebelum makan.

Beberapa hari lalu Saya mendapatkan pelatihan seminar bagaimana membina hubungan yang baik dengan bawahan.  Di salah satu bagian presentasi dari pelatihnya, Dia membahas tentang bagaimana karakteristik dan cara menangani kaum milenial. Anehnya, Saya juga kaum milenial dan pemuja santan,ahahhaha. #SopKakiKambingBetawi #Rendang #Tunjang #Kolak

Kata si Ibu pelatih, generasi milenial itu “Instagratification”(gini gak sih nulisnya?).

Artinya mereka mengharapkan pujian yang instan sebagai bukti diri mereka di hargai dan di akui keberadaannya. Hal ini berakar dari kurangnya pujian dan interaksi dari orang tua mereka (generasi X). Dimana generasi X sibuk kerja kantoran, waktu dan tenaga habis untuk bekerja. Sehingga minim sekali waktu dan tenaga untuk anak-anaknya. Ketemu aja jarang, gimana memuji? Pasti lebih jarang lagi .Anak-anak ini sekarang menjadi generasi Milenial ato generasi Y.

Haus pujian yang instan ini terbukti dari perilaku generasi milenial yang suka pamer.Pamer dengan harapan mendapatkan pujian dan perhatian dari teman-teman atau orang lain. Pamer foto dan video demi mendapatkan “Like” dan komentar secara cepat. ¬†Jumlah “like” dan “Follower” pun menjadi mata uang tersendiri bagi pembuktian eksistensi diri mereka.

“Gile juga ini ibu pelatih. Dalem juga elmunya” kata gue di dalem hati. (Ya iya lah, itu kerjaan dia)

Sebagai pemimpin yang memilki junior atau bawahan generasi milenial, maka si Ibu pelatih pun menganjurkan untuk memberikan “Instagratification”. Kalau ada yang jelek langsung di omongin. kalau ada yang bagus langsung di puji dan di pujinya kalau bisa di depan umum. Kayak di sosmed aja dimana jumlah “like” dan komen terlihat di depan umum.

496. e-KTP dan mitos-mitosnya

Sebagai desainer yang baru punya e-KTP, Saya dapet info bahwa e-KTP ini berlaku seumur hidup. SEUMUR HIDUP. Padahal kartunya itu kan di cetak yah ato print. Sepengalan Saya sih segala hal yang di cetak berwarna itu pasti ada umurnya. Kena matahari jadi ilang warnannya. Kena gesek di dompet jadi lecet dan ga kliatan lagi deh wajah dan namanya siapa? (kecuali e KTP pake Gorrilla Glass,hehehe)

Ada yang bilang; “e-KTP jangan di foto kopi nanti, chipnya rusak.”

“e-KTP ga perlu di perbaharui ato di ganti baru tiap 5 tahun sekali.”

Mungkin ada baiknya setiap warga yang dapet e-KTP di kasih kertas manual ato petunjuknya. Manualnya ga usah se hebih kartu kredit  tapi, yang sederhana aja. Isinya kaya;

  1. Apa sih kegunaan e-KTP ini?
  2. Apa yang boleh dan ga boleh di lakukan sama e-KTP?
  3. kalau e-KTP ilang ato lecet sampe ga jelas itu KTP ato kartu remi, apa yang harus di lakukan?

Saya jadi ingat pernah lihat ibu-ibu yang naik transjakarta dan saat mau bayar, dia mengeluarkan kartu flazz yang masih di dalam bungkus karton dan ada plastiknya. Walaupun sudah lecek-lecek bungkusnya tapi, tetap di gunakan. wew~

495. Membagi waktu; seni yang hilang~

Saya rasa membagi waktu itu ada seni nya deh. Semua orang di berikan waktu yang sama. 24 jam dalam sehari. Anehnya kenapa ada orang yang bisa melakukan berbagai hal dan sukses tetapi, kenapa ada orang yang bilangnya sibuk melulu? Lo bayangin deh hidup sebagai bang Elon Musk. Megang 5 perusahaan sekaligus ?

  1.  Tesla yakin perusahaan mobile elektrik.
  2. Solar City perushaan yang menjual genteng dan pembangkit listrik tenaga matahari.
  3. Space X perusahaan roket ulang alik alias Roket yang bisa di gunakan berkali-kali dan misinya meng eksplorais Mars.
  4. Open Ai adalah perusahaan non-profit yang mengembangkan kecerdasan buatan atau AI yang kemarin semept bikin heboh karena, mengalahkan juara-juara DoTA.
  5. Boring Company; perusahaan yang membuat terowongan bawah tanah sebagai tol otomatis dengan kecepatan luar biasa.

Kebayang gak tuh, gimana sibuknya si Bang Elon. Sebelum memegang ke empat perusahaan itu, Elon dulunya sukses dengan startup bernama PayPal. Itu loh, yang buat bisa bayar sana-sini, hehehe

Ada juga bang Mark Zuckerberg yang memimpin Facebook namun, masih bisa baca puluhan buku tiap hari, bisa bikin yayasan sosial, aktif membangun infrastruktur internet dan ngurus keluarga.  Saya sendiri sebenarnya bingung, Gimana caranya bang Elon dan Mark bisa membagi waktu setiap harinya yah?

Ada juga sih yang bilang; ” Yah, mereka kan udah Boss. Pasti banyak asisten dan pegawainya lah. yang penting mereka tahu garis besar dan hasilnya aja. Gak usah sampe eksekusi. Lo liat aja boss-boss di Indonesia pasti kerjanya rapat disana-sini. Bagian yang ngerjain slide presentasi bahkan, hasil apa yang di rapatkan yah orang lain. Justru di bagian situ kan yang paling berat. Bagian ngerjainnya.”

Sayapun berpikir, bukannya kalau udah jadi boss pasti lebih sibuk yah? Atau enggak? Hmmm…

494. Aku dan e-KTP

Untuk Pak Setya Novanto, Semoga cepet sembuh~

Disaat Saya masih muda, kira-kira tahun 2015 lah. Saya di panggil Ayah Saya untuk ambil cuti karena, harus ke kelurahan untuk membuat e-KTP. Padahal KTP saya waktu itu masih punya 2 tahun lagi sebelum basi a.k.a expired. Walhasil Sebagai warga negara yang baik adanya Saya pun mengajukan cuti. Bos Saya enggan menghalangi pengabdian dan panggilan Saya ke kelurahan demi bangsa, negara dan almamater. Si Boss pun memberikan ijin. Waktu itu di seluruh ke kelurahan hari kamis. (kalau Jumat kan bisa long wiken yah?hehehe)

Sesampainya di kelurahan pukul 11 siang, Saya dan Ayah Saya pun mengantri ingin di foto untuk e-KTP. “Ngapain di foto lagi yah? kan gue udah ada KTP yang lama dan ada fotonya?” gumam Saya di dalam hati. Selama menunggu panggilan yang notabene ga ada orang lain yang ngantri alias ini pegawainya lagi di panggil-panggilin aja buat ke ruangan e-KTP. Saya melihat betapa e-KTP itu sederhana banget.

Langkah 1: Masukan data diri (LAGI) kali ini di ketik ke komputer dan nyambung internet.

Langkah 2: Foto (Lagi)

Langkah 3: Cap sidik jari ke pemindai dijital (sebelumnya pake cap)

5 Menit selesai deh. Abang di kelurahannya pun bilang, katanya paling cepet  3 bulan jadi. kalau udah jadi nanti bakalan di telpon.  Saya dan Ayah Saya pun balik ke rumah.

3 Bulan berlalu, bunga-bunga mulai berguguran. Gak ada telpon.

6 bulan berlalu,Salju mulai berjatuhan dan White Walker sudah mulai bermunculan. Gak ada juga telpon dari kelurahan.

Night king Dragons
Keren ga nih?

Di tahun 2016,dimana White Walker yang di pimpin Night King sudah menyerang desa para penduduk.  Saya pun ke kelurahan dan bertanya mana e-KTP Saya? Kata mereka belom jadi. Akhirnya Saya di kasih surat sakti pengganti KTP. Jadi surat ini bisa gantiin KTP. Yak, dari kartu kecil jadi surat berukuran A4. Yasudahlah, bagaimanapun juga kita harus bersyukur.

 

Akhir bulan September 2017, Dimana Night King presiden para white walker sudah meruntuhkan dinding es dengan Naga. Ada telpon dari kelurahan katanya KTP Saya sudah jadi.  Sayapun mengambil e-KTP Saya.

Asyik, Aku punya e-KTP!

 

493. Band K-pop kece namun, kurang terkenal!

Beberapa minggu kebelakang ini Saya lagi senang-senangnya mendengarkan lagu Korea. Bukan Super Junior,Big Bang ,SNSD,PSY ato OST serial korea yah. Ada band korea selatan yang beraliran Jazz, Funk, Techno dan RnB bernama Clazziquai Project. Clazziquai Project sendiri merupakan band yang terdiri dari 3 orang saja namun, menghasilkan musik yang keren banget dan sangat memberi energi sejak tahun 2003.

Clazziquai Project cocok buat yang senang lagu-lagu seperti Maliq & D’Essential dan Jamiraquai. Hampir semua album Clazziquai Project memliki cover dan tema mengenai babi berwarna pink. Saya sendiri gak tau apa hubungannya babi dengan musik jazz techno ini? Saya taunya hubungan babi dengan nasi hainam,hehehe…

492. Belajar Objective C supaya makin objektif,ceileeeh~

38917_26d7_7
Belajar koding itu mudah? Enggak juga sih~

Di tahun 2017 ini, Saya ingin sekali bisa paham tentang iOS dan cara kerjanya. Hal ini Saya maksudkan supaya bisa mengerti bagaimana sih karakteristik dari platform iOS sebelum mendesain.  Hal ini lah yang membuat Saya ingin belajar Objective C yakni bahasa pemrograman iOS sebelum Swift.

Tadinya Saya mau belajar pakai Swift aja langsung namun, kata kawan-kawan programer Saya sih, masih perlu belajar Objective C. Soalnya ada beberapa komponen di iOX atau kalau mau ngotak-ngatik harus pakai objective C. Mumpung ada Mac (punya kantor) dan ada yang ngajarin jadi kenapa enggak?

Desainer butuh belajar pemrograman sih, supaya nanti bisa komunikasi dengan lebih baik dengan programmer( minimal ngerti gambaran besarnya lah), Bisa bantuin ngelayout juga, dan tentunya bisa langsung bikin prototype walopun kodingannya amburadul. Minimal kan prototypenya ada dan tim ngerti cara kerjanya ngertilah,hehehe.

Soalnya kalau pakai prototyping tool (kayak Marvel dan Invision )menurut pengalaman Saya, giliran user di suruh ngetik mereka banyak bingung sih. Misalnya di suruh ngetik form alamat. Eh, tau-tau udah ke isi. Banyak user bingung sih, padahal udah di jelasin ini Prototype,hehehe.

Harapannya sih setelah belajar objective C ini bisa makin khatam lah dengan iOS dan kalau mendesain ngerti gitu gimana cara bikinnya.  Walopun Objective C itu rebek dan buat bikin 1 fungsi aja musti ngetik panjang tapi, saya yakin kalau niatnya + usahanya kuat pasti bisa! Semangat!

Bagi yang mau belajar juga silahkan Klik link ini yah. (harus daftar dulu)