KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life


Leave a comment

405. Solusi batere smartphone yang lambat ngisinya!

405. Solusi batere smartphone yang lambat ngisinya! Android edition

405. Solusi batere smartphone yang lambat ngisinya! Android edition

Minggu ini Saya akan berbicara penuh tentang satu topik yaitu Batere smartphone! Beberapa minggu lalu setelah saya downgrade dari Lollipop ke Kitkat, Saya menyadari kok smartphone Saya lambat banget nge chargenya?

Di tinggal tidur 7 jam kok gak penuh-penuh?

Udah gonta-ganti charger juga masih lambat?

Kalau, Anda mengalami pengisian daya smartphone atau nge charge seperti di atas maka Anda berada di bacaan yang tepat. Normalnya pengisian daya smartphone dari kosong bener sampe penuh adalah 2 jam (tergantung kapasitas batere). Makin besar kapasitasnya maka makin lama ngisinya.

405. Solusi batere smartphone yang lambat ngisinya! Ampere.

405. Solusi batere smartphone yang lambat ngisinya! Ampere.

Dalam kasus Saya ini akhirnya Saya men download aplikasi yang bernama ” Ampere”. Aplikasi Android ini akan menunjukan berapa voltase yang diterima si smartphone. Nah, voltase ini sebenarnya di minta oleh smartphone kepada si charger. Kalau voltasenya amat rendah (100mA) maka ada 2 kemungkinan yaiut chargernya rusak atau smartphone Anda perlu di kalibrasi baterenya.

 

Kalau sudah gonta-ganti charger dan voltasenya masih rendah juga maka, Smartphone Anda perlu di kalibrasi. Sayapun mengalami hal itu jadi harus kalibrasi batere deh (enaknya HP jaman dulu, batere gak bener dikit tinggal ganti :-( ). Kalibrasi batere adalah proses menyadarkan smartphone akan keadaan batere 100%. Setelah di kalibrasi, walhasil smartphone Sayapun bisa mengisi daya lebih cepat dan normal. Selamat mencoba!


Leave a comment

404. Trik sederhana ngirit batere di Android (Facebook&Twitter)!

404. Trik sederhana ngirit batere di Android (Facebook&Twitter). Facebook masuk di 3 kategori terboros nih gan!

404. Trik sederhana ngirit batere di Android (Facebook&Twitter). Facebook masuk di 3 kategori terboros nih gan!

Orang Indonesia sepertinya susah lepas dari Twitter dan Facebook. Kalau gak percaya silahkan itung aja berapa kali dalam sehari kamu buka / ngecek facebook atau twitter? Kedua sosial media itu memang sepertinya sudah menjadi bagian melekat dari bangsa Indonesia. TAPI! sadar atau tidak aplikasi Facebook dan Twitter baik di Android maupun iOS ternyata amat sangat boros batere.

Kok bisa boros batere? karena FB dan Twitter menggunakan cara cek aplikasi yang “Rajin” atau real time. FB dan twitter akan mengecek ke server ( tiap 30 detik atau kurang) apakah ada update terbaru untuk akun Anda? dan jawabannya selalu pasti Ada berita baru (newsfeed/timeline) Kalau ada update baru maka, mereka akan mendownloadnya dan menampilkannya di notifikasi.

Mendownload data di Indonesia dimana keadaan sinyalnya tidak stabil pastilah memerlukan banyak daya dan upaya bagi smartphone. Hal inilah yang menyebabkan smartphone Anda boros batere dan paket data. Kemarin, Saya menemukan cara mudah unutk bisa cek FB dan Twitter dengan irit paket data+batere.

404. Trik sederhana ngirit batere di Android (Facebook&Twitter)! Gini nih caranya...

404. Trik sederhana ngirit batere di Android (Facebook&Twitter)! Gini nih caranya…

Caranya adalah dengan membrowsing Facebook dan twitter melalui browser (Firefox atau chrome). Sebagai contoh Saya ingin liat facebook bagian Home maka, setelah sampai di bagian Home facebook klik tiga lingkaran berjajar di bagian kanan browser dan pilih ” Add to main menu”. Begitu juga dengan Twitter, saat sudah sampai di bagian List maka pilih klik tiga lingkaran berjajar di bagian kanan browser dan pilih ” Add to main menu”. Dengan begitu, Twitter dan FB Anda akan berada di menu utama dan mudah di cek. Sekarang berarti tinggal uninstall saja aplikasi FB dan Twitter.Batere smartphone Andapun akan semakin awet.


Leave a comment

403. Dua penyebab utama batere smartphone boros!

403. Dua penyebab utama batere smartphone boros!

403. Dua penyebab utama batere smartphone boros!

Setelah saya teliti dan rasakan, ternyata hanya ada dua faktor utama batere smartphone Anda boros. Pemakan daya batere terbesar adalah layar smartphone. Layar yang selalu menyala akan memakan daya batere dengan sangat cepat kalau tidak percaya coba saja nonton film dari smartphone. Hal ini dapat di siasati dengan mengatur brightness dan screen time out (30 sec).
Penyebab batere smartphone boros kedua adalah sinyal selular yang buruk. Ya, ini dia the silent killer. Sinyal selular yang buruk merupakan penyebab ke dua batere smartphone boros. Hal ini dikarenakan smartphone harus mengeluarkan daya yang besar agar bisa menjangkau sinyal ke tower antena provider terdekat alias BTS. Kalau tidak percaya silahkan saja browsing internet di parkiran bagian basement, pasti batere lebih boros. Solusi untuk hal kedua ini adalah dengan memaksimalkan penggunaan wifi, entah bawa-bawa modem kek (cara ekstrimis) atau memang selalu hubungkan ke wifi saat membutuhkan jaringan internet.
Nah, kombinasi maut dari keduanya adalah nonton Youtube HD di parkiran bagian basement. Dijamin lebih cepet abisnya. Selamat mencoba!


Leave a comment

402. Aplikasi Android yang membuat batere boros!

Pada pekan ini Saya akan membahas semua hal yang berhubungan dengan batere smartphone. Entah kenapa di jaman yang sudah canggih ini, perkembangan batere smartphone kok lambat banget yah? gak sebanding dengan perkembangan teknologi layar, prosesor, RAM, VGA dan terutama Hard Disk. Kehidupan sehari-hari kita tentunya tidak lepas dari aplikasi-aplikasi. Berikut ini daftar aplikasi Android yang terbukti boros batere. Cekidot!

402. Aplikasi Android yang membuat batere boros! Pada saat baru nyalain SmartPhone saat dipakai pengguna!

402. Aplikasi Android yang membuat batere boros! Pada saat baru nyalain SmartPhone saat dipakai pengguna!

402. Aplikasi Android yang membuat batere boros! Pada saat baru nyalain SmartPhone

402. Aplikasi Android yang membuat batere boros! Pada saat baru nyalain SmartPhone


Leave a comment

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience!

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience!

Hal kecil yang mempengaruhi User Experience! Buang sampah sembarangan bagi sebagian orang mungkin kecil tapi, sebenarnya dampaknya besar loh!

Guru: Buang sampah sembarangan salah ga?

Murid: SALAH…

Buang sampah sembarangan adalah tindakan yang jelas-jelas salah tapi, pada prakteknya masih banyak kok yang membuang sampah sembarangan. Alasan buang sampah sembarangan pun beragam dari malas, tidak tersedianya tempat sampah, tempat sampah jauh, dsb. Gambar diatas menceritakan apresiasi penyelenggara Car Free Day terhadap pemuda berbaju biru. Sebagai User Experience (UX) designer, tugas utama kita adalah membuat pengguna jelas untuk melakukan hal yang benar. Maksudnya disini adalah jangan pernah membuat suatu proses yang tidak jelas bagi pengguna.

Pengguna harus tau bagian mana dia berada dan apa yang akan dia lakukan dalam aplikasi atau web. UX designer juga harus mengarahkan pengguna dan menghadirkan fitur sesuai dengan apa yang pengguna harapkan. Benar-benar harus jelas dan semuanya itu harus di kemas dengan cara yang mudah.  Seperti contoh buang sampah di atas yang sebenarnya sudah jelas-jelas salah namun dilakukan juga karena, untuk melakukan hal yang benar itu sulit atau banyak halangannya (tempat sampah gak ada, jauh lah tempat sampahnya, atau mungkin ada yang gak ngerti buang sampah sembarangan itu salah,dsb). Sebisa mungkin UX designer harus menghilangkan segala halangan tersebut sehingga pengguna dapat melakukan hal yah benar.

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience! Keyline

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience! Keyline hal kecil dan tak terlihat pada desain yang mempengaruhi User Experience suatu produk.

Salah satu contoh paling mudah di lihat namun jarang di perhatikan adalah Keyline pada desain. Keyline sendiri berguna untuk memberikan jarak diantara konten agar lebih mudah dibaca dan konten lebih mudah dimengerti. Jarak yang tidak konsisten akan membuat pengguna lebih pusing dalam membacanya. Tips dari Saya sih,selalu perhatikan jarak di kanan, kiri , atas dan bawah layar. Pastikan juga berikan jarak yang cukup (minimal 60Dp) apabila ada tombol yang pengguna harus pencet.

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience! Ini dia contoh margin/jarak pada dialogue box.

401. Hal kecil yang mempengaruhi User Experience! Ini dia contoh margin/jarak pada dialogue box.

 


2 Comments

400. Catatan Google Developer Summit: Materi lainnya!

399. Catatan Google Developer Summit: Materi lainnya! Ini dia nih makan siang waktu di Google Developer Summit Indonesia

399. Catatan Google Developer Summit: Materi lainnya! Ini dia nih makan siang waktu di Google Developer Summit Indonesia

Pada acara Google Developer Summit kemarin, Selain belajar tentang Material Design ada beberapa hal juga yang di sampaikan para pembicaranya. Kebanyakan sih membahas tentang beberapa produk dari Google yang sangat teknis dan programming banget. Berikut ini beberapa hal yang di bahasnya beserta link untuk mempelajarinya:

# WebP 
WebP sudah semakin populer dan mulai banyak digunakan dimana-mana, misalnya di google play store dan .. shopdeca.
Kelebihannya si WebP ini adalah kompresinya yang lebih efficient daripada jpeg dan bisa handle transparency.
Bisa ditindaklanjuti untuk konten gambar kudo yang semakin banyak untuk produknya.
Lebih lanjut tentang webp
# Polymer
Buat yang pernah mainan webcomponent.js atau angularJS mungkin akan lebih mudah untuk mengenal polymer. Polymer ini pada dasarnya library untuk mempermudah menggunakan webcomponent.js. Dengan polymer, kita bisa membuat element html kita sendiri. Polymer ini sangat keren sekali dan cocok untuk membuat prototype aplikasi dengan HTML 5 dan Java Script.
Lebih lanjut tentang polymer
# Google App Engine
AppEngine ini Platform-as-a-Service (PaaS) nya google. Disini lengkap mulai dari Storage (SQL,data), Compute Engine, Load balancer dan sebagainya untuk deployment. AppEngine ini dipake penuh sama SnapChat.
Lebih lanjut tentang AppEngine

# Android Library : Glide 

Di summit ini beberapa developer advocatenya google merekomendasikan library glide yang memang sudah kita gunakan di kudo.
Lebih lanjut tentang glide
# Others
Materi summit sisanya adalah :
397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! ini dia nih suasana Google Developer Summit 2015 di Jakarta. Rame yah?


Leave a comment

399. Catatan Google Developer Summit: Material Design!

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! ini dia nih suasana Google Developer Summit 2015 di Jakarta. Rame yah?

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! ini dia nih suasana Google Developer Summit 2015 di Jakarta. Rame yah?

Pada tanggal 24 Maret 2015, Saya mengikuti acara Google Developer summit pertama di Indonesia. Acara ini merupakan acara yang membahas hal teknis untuk para developer Google baik itu Android, Chrome, AdMob(iklannya Google) dan berbagai produk lainnya. Acara yang di selenggarakan di Museum Gajah ini memperkenalkan banyak hal update terbaru dari Google.

Hal yang paling saya incar adalah pembahasan tentang Material Design. Berikut Ini hal yang Saya pelajari dari Google Developer Summit tentang Material Design.

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! 4 prinsip Material Design

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! 4 prinsip Material Design

1.Tangible Surface:

Apa itu Material Design?

Material design adalah gaya desain terbaru dari Google yang memiliki prinsip desain itu harus seperti kertas pada kenyataannya. Harus mempunyai efek kalau di sentuh, punya kedalaman(layer-layer) dan punya bayangan. Bedanya material design dengan kertas adalah material design merupakan kertas ajaib yang bisa membesar, mengecil, membelah diri, berubah warna dan bertransformasi menjadi berbagai bentuk. Sifat seperti inilah yang disebut Tangible Surface.

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! 4 prinsip Material Design. Struktur kedalaman pada material design.

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! 4 prinsip Material Design. Struktur kedalaman pada material design.

Pada prinsip ini desain pada material design bertujuan untuk memberikan fokus yang jelas kepada pengguna dengan menyediakan struktur. Struktur disini lebih kepada menampilkan apa yang penting berada di depan daripada yang tidak penting.

2. Print like design:

Material design meniru gaya layout, tipografi dan penyajian gambar ala majalah. Dimana setiap huruf harus di tata dan di pilih dengan jelas mana yang Judul, sub-judul, qoutes dan huruf untuk isi artikelnya. Layout tiap aplikasi dengan gaya material design inipun haruslah menggunakan grid dan keylines.

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! Struktur layout dan tipografi dari Material design

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! Struktur layout dan tipografi dari Material design

Untuk font, Google menyarankan untuk menggunakan font yang berjenis .UTF. Hasil dari riset Google menyatakan bahwa font yang berjenis .UTF lebih cepat di render(ditampilkan di layar device) dibandingkan dengan jenis .TTF (True Type Font).

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! Contoh layout dan penyajian warna pada material Design. Dalam hal ini Saya mengambil contoh Google Wallet!

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! Contoh layout dan penyajian warna pada material Design. Dalam hal ini Saya mengambil contoh Google Wallet!

Secara warna, Material design sebenarnya hanya menggunakan 3 jenis warna.

  1. Warna back ground yaitu light/dark ( putih atau hitam).
  2. Warna Primer yaitu warna utama aplikasi Anda. Misalnya Twitter warna biru muda dan Path warna merah. Warna Primer biasanya digunakan untuk bagian header(atas) aplikasi. Warna Primer juga digunakan pada huruf untuk menunjukan Judul atau nama Tab di aplikasi.
  3. Warna Aksen yaitu warna kedua dari aplikasi Anda yang biasanya bertabrakan atau komplementer (terserah desainernya). Kalau Saya lihat sendiri Google menggunakan warna-warna yang komplementer (saling melengkapi) contohnya Ungu gelap dengan warna pink nge-jreng (atau tabrakan kayak contoh diatas). Warna Aksen biasanya digunakan untuk tombol bulet dikanan layar dan digunakan pada huruf untuk menunjukan hal yang penting di Dialogue Box ( sebelum pengguna mengambil keputusan).

Warna yang di pilih untuk material Designpun adalah warna-warna yang nge-jreng dan kontras. Saya belum menemukan aplikasi dengan gaya material design tapi warnanya soft. Warna yang nge-jreng ini harus dipilih secara hati-hati oleh para desainer, jangan sampai pengguna pusing melihatnya dan muntah pelangi.

3. Animasi:

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! Contoh animasi pada material design.

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! Contoh animasi pada material design.

Setiap pixel yang di sentuh dalam material design memiliki efek di tekan (ripple). Selain ada efek ditekannya material design juga menyajikan animasi supaya pengguna tidak kaget berpindah dari menu A ke B. Dari A ke B harus ada transisinya. Animasi juga bertujuan supaya pengguna tau dia berada di tab mana dan dari tab mana.

“Google hanya memberikan contoh dan prinsip animasi transisi dari material desain sisanya terserah para developer” Kata Google expert dari Jepang.

Artinya: Belum ada aturan atau pakem yang jelas dari animasi transisi ini. Kalau tidak hati-hati memilih jenis animasi, maka bukan hanya para pengguna yang pusing. Para developerpun di bikin pusing. Animasi transisi haruslah konsisten dan jangan membingungkan. (P.S: saya liat animasi yang Google buat cukup bingung sih karena, tombolnya aja bisa pindah-pindah, warna tab berubah0ubah, font berubah dan sebagainya).

4. Adaptive Design

Material design menggunakan prinsip adaptive design yaitu desain kontennya menyesuaikan bidangnya dalam hal ini ukuran layar. Kalau di web ini namanya responsive design. Secara teknis para desainer dan developer selain harus menyediakan asset dari Mdpi hingga XHdpi, juga harus memikirkan layout (tata letak) atau tampilan aplikasinya di handphone 4 inchi, tablet 7 inchi, hingga monitor tv 40 inchi.

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! Ini dia yang dimaksud adaptive design. Sebenarnya kalau di web sudah ada sih namanya responsif desain.

397. Catatan Google Developer Summit: Material Design! Ini dia yang dimaksud adaptive design. Sebenarnya kalau di web sudah ada sih namanya responsif desain.

Hal ini berarti desainer selain harus menyediakan asset dengan berbagai ukuran dpi juga harus menyediakan banyak Nine Patch apabila diperlukan.

Ke empat prinsip material design diatas sebenarnya merupakan perubahan desain besar-besaran yang di lakukan Google. Material design berlaku untuk semua produk google dan merupakan jawaban atas kebingungan developer mendesain aplikasi untuk berbagai jenis layar (fragmentasi).

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,857 other followers