003. Bagaimana cara mempercepat kinerja PC?

Dewasa ini PC merupakan barang wajib bagi orang dewasa untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan orang dewasa.hahahaha,PC  atau Personal Computer atau Komputer Pribadi bisa berbentuk Laptop,Netbook,Notebook dan Work Station. Sebagai Desainer pastinya sudah akrab dengan benda satu ini yang banyak digunakan untuk pelbagai keperluan baik itu mengetik,mengedit video dan musik,menggambar,dsb. Namun seiring berjalannya waktu PC/Komputer kitapun melambat.

Lambatnya komputer pastinya membuat Anda kurang produktif dan kesal sampai-sampai Anda ingin memanggil si Madun atau Captain Tsubasa untuk menendang Komputer Anda. Berikut ini beberapa tips dari saya untuk mempercepat kinerja PC anda!(khusus Windows). PC adalah alat jadi, jangan sampai dia memperalat dan menghabiskan banyak waktu Anda,Ananda dan Adinda sekalian! Tips ini sudah saya uji coba sendiri dan berhasil. Trust me, It works…

Waktu Mulai/Startup/Boot PC lambat!

Apakah Komputer anda memakan banyak waktu saat dinyalakan? Ada tulisan Windows Starting up selama beberapa menit ? Atau PC lambat diawal anda menyalakannya? Bahkan saking lamanya sampai ganti Presiden, PC anda baru bekerja dengan semestinya?benar-benar TER-LA-LU… Cara paling efektif untuk menghadapinya adalah dengan Msconfig!

  1. Klik tombol windows yang ada di kiri bawah
  2. Di kolom search ketikan Msconfig
  3. Anda akan masuk di System Configuration
  4. Pilih tab startup
  5. Centang program-program yang penting saja seperti Microsoft Operating System, Groove monitor utilty, Anti Virus (bitdefender2011,avira,AVG,dsb), Virtual drive program (Daemon,power ISO,dsb).
  6. Sisanya kosongkan checklist seperti Winamp,keluarga Adobe apapunlah,Quicktime,dropbox,dan program2 lainnya yang sebenarnya kurang memiliki tendensi dan urgensi saat startup.
  7. Klik Apply atau Ok—>restart untuk membuktikan keabsahannya.

Masih lambat juga!?

Cara termudah adalah membersihkan desktop.Bersihkan desktop dari icon-icon yang kurang penting seperti 7icons,heheheh. Maximal 6-10 shortcut yang sering anda gunakan saja. Seperti Web browser,game yang keren banget,shortcut ke document,music, Tugas Akhir ,dsb. Sedangkan untuk program-program seperti MS Word,Power Point,Keluarga Adobe, Autocad, 3Dsmax,Google sketchup, dan program produktif lainnya masukan saja ke start menu. caranya: Klik kanan di icon menu applikasi contoh : Photoshop.exe  dan pilih pin to Start Menu. Nah,dijejer deh tuh iconnya di start menu. nih contohnya:

startmenu aku

Cara selanjutnya adalah melakukan disk cleanup. caranya:

  1. Buka My Computer
  2. Klik kanan di drive C atau drive dimana Windows di install
  3. Pilih disk cleanup
  4. Hapus semuanya kecuali setup log file (itu file tempat remember password,jdi ga usah ngetik password buat buka skype,YM,FB,dsb)
  5. Klik Ok
  6. Abis itu ke desktop
  7. klik kanan di icon recycle bin
  8. pilih empty recycle bin
  9. bin sala bim ilang!

Kalau masih lambat juga!? TER-LA-LU!
Ikuti langkah ini:

  1. klik icon windows di kiri bawah
  2. klik control panel
  3. pilih system
  4. pilih advance system settings (secara jago gitu)
  5. pilih tab advance lalu klik tombol setting di bagian performance
  6. nah tinggal pilih: best performance atau custom (karena best appereance pasti berat)? klo leletnya ga parah-parah amet pilih yg best performance. Kalo leletnya keterlaluan sampai-sampai Anda ingin muntah, klik custom dan uncheck semuanya kecuali enable desktop composition.
  7. klik OK lalu restart computer

Kalau masih lambat. Coba cek isi Hard Disk Anda. Mungkin penuh(warna merah) atau bervirus(amit2). Kalau penuh ya delete file-file yang tak terlalu berguna (seperti film2 yang jelek dan sekali tonton )dan uninstall program-program yang kurang berguna. Pisahkan data dokumen,lagu,film,musik dari drive C atau lokal!masukan ke Drive lainnya supaya aman dan jika Windows di install ulang tidak ikut hilang.
Setelah itu lakukan disc clean up dan restart komputer.

Jikalau masih lambat dan anda menemukan gejala yang aneh maka kemungkinan besar Komputer Anda terkena virus,malware,worm atau spyware. Segera pindahkan data-data yang pentingdari C ke drive lain. dan lakukan install ulang. Hubungi teman atau tukang servis dan minta di install Antivitus yang bagus sama teman atau tukang servis.

Bagaimana pemirsa? Mudahkan cara membuatnya? -Siska Soewitomo

SELAMAT MENCOBA!

Advertisements

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s