004. Hanya Orang Melan yang suka menulis

Hanya orang melan yang suka menulis. Melan disini maksudnya adalah orang yang memiliki kepribadian Melankolis. Dimana orang dengan jenis kepribadian ini cenderung bergaul dengan sedikit orang namun dalam dan biasanya suka menulis sajak,curhatan dan menulis kegalauannya. Seiring berkembangnya arus informasi aneh namun nyata tulisan-tulisan melankolis yang biasanya dicatat dalam buku harian beberapanya di publish ke muka umum.Terutama di notes Facebook dan Blog. Hal ini membenarkan teori bahwa ” Setiap orang ingin dikenal atau di akui eksistensinya” termasuk orang melankolis yang biasanya tertutup.

Dalam kepribadian saya sendiri di dominasi oleh Sanguin dan Koleris. Sedangkan kadar Melankolis saya hanya 2 dari 30’an pilihan kecenderungan sifat. Hal ini saya jadikan alasan untuk tidak mau atau malas menulis karena kecenderungan orang seperti saya tak suka lama-lama berpikir,mengkaji,melamun dsb. Bila ada masalah biasanya berpikir sebentar,lalu langsung bertindak. Sehingga beberapa pemikiran cenderung untuk dilupakan dan di anggap angin lalu. Pemikiran hanya orang (yang di dominasi) Melankolis yang suka menulis adalah pemikiran yang salah!

Saya belajar dari tokoh John Maxwell tokoh rohaniawan dan pemimpin yang terkenal sekali dengan buku-bukunya. Berkat orang seperti Mak Irene saya bisa membaca buku-buku John Maxwell. Om Maxwell adalah orang yang memiliki kepribadian yang mirip-mirip saya lah.heheheh, lebih suka berbicara dihadapan orang dari satu lawan satu hingga di depan umum. Pokoknya suka berbicara tatap muka. Tapi beliau berkata ilmu yang kita sampaikan dengan tatap muka memang bisa mempengaruhi orang banyak orang namun,kita bisa mempengaruhi lebih banyak orang bila pemikiran tersebut kita tuliskan!

Saya beri contoh satu lagi kepada Anda! Kenal Theodore Roosevelt?
Beliau adalah Presiden ke 26 dari Amerika Serikat. Saya kagum dengan beliau karena mirip-miriplah nasibnya. Saat kecil Teddy (panggilan T. Roosevelt) menderita penyakit Asma sehingga banyak menghabiskan waktu di rumah dan banyak waktu dihabiskan dengan membaca buku sejarah dan Alkitab. Sayapun semasa kecil juga menderita penyakit turunan Step yang sangat parah dan waktu saya banyak dihabiskan untuk membaca juga. Membaca Komik Dragon Ball dan Kungfu Boy,hehehehe …

Kiri-Theodore Roosevelt; Kanan-Penulis
Teddy Roosevelt muncul dalam film “Night At Museum”(2006) dan diperankan oleh Robin Willams. Sungguh perbandingan pas foto yang mengguncang kebatinan!

Okay lanjut ke kisah Om Teddy! Beliaupun saat beranjak dewasa sering berlatih fisik supaya kuat dan jarang kambuh Asmanya. Diapun menjadi tokoh Cowboy, Pemimpin, politikus dan presiden yang terkenal serta amat masculine. Selain banyak berlatih fisik beliau juga sering membaca serta menuliskan pengalamannya di buku harian dan membaca buku hariannya kembali. Hal ini membuat beliau menjadi lebih bijak dalam menjalani hidup karena dilakukan secara disiplin. Hal ini membuat beliau mencapai pencapaian yang luar biasa dan salah satunya adalah mendapat hadiah Nobel Perdamaian dan menjadi Presiden AS termuda. Sungguh luar biasa!

Paradigma saya yang menganggap “Hanya orang melan yang suka menulis” adalah kesalahan fatal. Menulis adalah salah satu cara untuk mengembangkan diri dan lewat tulisan Anda akan lebih banyak di ingatkan kembali. Jadi orang yang didominasi kepribadian Koleris, Sanguin,dan Plegmatispun harus menulis untuk membagikan pemikirannya dan menjadi lebih berguna bagi banyak pihak. Terutama untuk memperbaiki kelakuan kita semua. Bukan hanya pihak-pihak yang bisa Anda temui namun pihak-pihak yang tak dapat Anda temui namun membaca tulisan Anda…Selamat menulis!

Advertisements

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

4 thoughts on “004. Hanya Orang Melan yang suka menulis”

  1. Gila itu foto bikin ngakak guling-guling =D . Bacaan Bang Arnold emang berkelas ya sejak kecil, bahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s