KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

007. Si Mucu

3 Comments

Apakah Anda,Ananda dan Adinda sekalian memiliki binatang peliharaan? Biasanya masyarakat memelihara hewan seperti Anjing,kucing,ikan dan hamster adlaah binatang peliharaan yang lazim ditemui. Saya memiliki binatang peliharaan juga! Namanya Mucu. Saya sendiri tidak ingat mengapa saya bisa menamainya si Mucu. Mucu adalah seekor burung kutilang / Sooty headed bulbul /Pycnonotus aurigaster. Percaya atau tidak Mucu saya pelihara sejak kelas 3 SD dan hingga kini saya lulus kuliah dan bekerja (Agustus 2012) berkat anugerah Tuhan ia masih hidup. Sungguh luar biasa Tuhan! Saya memeliharanya sejak Mucu masih anak-anak. Dari kecil saya dan kakak-kaka saya bergantian menyuapi mucu tiap 2 jam sekali dengan pisang dan pur yang sudah diencerkan. Burung cepat sekali lapar karena tak memiliki usus besar. Mucu tinggal di dalam kandangnya yang sudah 6 kali berganti karena rusak dan berbagai hal. Dari kandang Plastik, kayu, rotan hingga besi sudah di tinggalinya. Jikalau saat senggang saya melepaskan Mucu kedalam rumah dan diapun bebas berkeliaran.

Si mucu

Mucu atau nama panggilannya si Ucu. burung Kutilang kesayangan sata yang amat lucu,menggemaskan,nakal namun ngangenin. Setiap ke rumah pasti saya sempatkan bermain dengan Ucu. Ini adalah Foto ucu yang saya ambil dengan kamera Handphone karena kalau menggunakan SLR maka hewan ini akan kabur karena takut melihat bentuk kamera SLR

Dulu saya sering melepaskannya ke luar rumah dan diapun terbang ke alam bebas. Bermain-main dengan burung kutilang lainnya. Jikalau mulai sore. Mucupun kembali ke rumah dengan sendirinya. Mucu amatlah lucu,karena ia jinak dan sepenuhnya tak takut pada manusia. Makanannya beragam dari pur, pelet, kroto(telur semut), jangkrik, pepaya, timun, pisang dan cacing tanah. Tapi kalau dilepas di dalam rumah maka segala makanan yang sedang keluarga saya santap pastilah dia minta. Makanan itu dari rengginang, kue, nasi padang(kadang saya kasih sambelnya biar dia kapok), dan favoritnya adalah eskrim. Cara memintanya amat unik karena selain memasang mata memelas diapun berbicara/berbunyi. Walaupun saya tak mengerti bahasanya namun,saya mengerti niatannya meminta makanan. Sungguh luar biasa binatang ini! Minta makan saja caranya sopan. Tidak seperti kucing yang mencuri atau main garong aja. Mucu biasanya hinggap di jari dan punggung saya dan keluarga saya.Walaupun otaknya kecil tapi burung ini cukup pintar. Ia menurut,hafal rute dan bagian-bagian di rumah saya,bahkan hafal kandangnya ditaruh dimana.

Mucu memiliki suara yang khas yang berbunyi “Wiguik-wiku” .Biasanya dia bersaut-sautan dengan siulan penghuni rumah dan burung lainnya. Bagi saya sekeluarga Mucu sudah seperti keluarga sendiri.Mengingat banyaknya kejadian dan waktu yang kami arungi bersama. Dari hewan ini bahkan saya belajar banyak hal terutama tanggung jawab dan komitmen khususnya dalam merawatserta mencintai salah satu karya agung ciptaan Tuhan ini.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

3 thoughts on “007. Si Mucu

  1. ah! jadi kata “mucuwiguik” itu dari sini ya bang? baru tahu, hehe

  2. baru mau komen seperti yg ditulis edo. haha.. ooh, jd si mucuwiguik itu toh mksdnya..

  3. Pingback: 125. Ucu Mabung! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

