KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

014. Life in Panoramic Picture

1 Comment

Tahun 2009 adalah saat dimana saya pertama kali memegang kamera SLR. Disaat itu saya masih amat muda dan untuk memgang kamera SLRpun saya masih suka keringetan tangannya. hal ini karena saya gugup dan takut memakai barang ini yang tegolong canggih di zamannya. Sejak memiliki kamera SLR saya mulai menyadari bahwa lingkungan sekitar kita bisa diabadikan menjadi foto yang menarik nan indah asalkan kita pintar-pintar menangkap sudut yang pas,komposisi,rana,serta beberapa aspek lainnya seperti warna dan cahaya.

Di tahun 2012 banyak hal berubah. Saya yang sudah jarang memegang kamera SLR semenjak mengerjakan tugas akhir tiba-tiba saja iseng membawa kamera SLR dan hunting. Disana saya mendadak ingat jenis fotografi yang amat keren dan sering terpampang di National Geographic. Apa itu!???

Itu adalah Panoramic Photography!

Panoramic Photography atau foto panorama adalah fotografi pemandangan yang memiliki sudut pandang foto yang amat puuuuuaaaaannnnnjjjaaaaang! Sehingga fotopun makin lebaaaaarrr….Hal ini dapat dilakukan dengan cara memotret pemandangan dengan cara melakukan beberapa kali pemotretan dengan berpindah sudut. Jadi Pemotret diam/pake tripod,abis jepret putar sudut kamera ke kanan dikit jepret lag putar ke kanan dikit jepret lakukan berulang-ulang sampai puas. Biasanya sih foto panorama memiliki sudut pandang 180 derajat sampai 360 derajat. Sekedar info sudut pandang mata manusia adalah 60 derajat. Jadi foto ini bisa menangkap 3 sampai 6 kali sudut pandang manusia.WOW! Indah pemandangan!

Tips:

1.Memotretlah pemandangan atau objek yang tak bergerak. Supaya foto satu dan yang lain bisa sama. Hindari ada orang lewat,mobil lewat,kuda lewat,tukang sate lewat dan objek bergerak lainnya. pokoknya objek harus tak bergerak. Kalau mau ada orang yang di portetpun dia harus diam sampai pemotretan selesai.

2.Pastikan tiap foto nyambung. Jadi pada dasarnya 30% gambar dari foto A ada di foto B.Jadi harus tau patokan tadi foto sampai mana ya motretnya?

3.Jangan mengubah angle ketinggian,shutter speed dan bukaan dari lensa. Semua foto harus punya kecepatan dan bukaan yang sama supaya nyambung.Jadi dari foto 1-10 harus sama settingan kameranya, yang berbeda hanya angle horizontalnya (sumbu X).

4.Memotretlah secara portrait(posisi kamera berdiri/vertical) Supaya lebih banyak dapat gambarnya. Karena kalau gambar landscape tiap ganti sudut pasti nanti ada  perbedaan yang jauh pada ketinggian foto sehingga pas di gabungpun nanti kepotong banyak.Sayang kan😦

Nah,kalau sudah ada foto-fotonya tinggal dimasukin ke program komputer deh. Saya sendiri memakai Photoshop ada fitur Photomerge. Adanyanya di bagian kiri atas pilih File > Automate > Photomerge. Nah,abis itu tinggal pilih foto yang mau digabung deh. Tapi ingat ya fotonya harus urut dari kiri ke kanan. jangan sampai foto ke 2 ada sebelum foto pertama.Pokoknya di urutin ajalah. Berikut saya berikan contoh foto panorama iseng-iseng.

Panoramic Angle Linda Room

<klik kiri untuk melihat ukuran yang lebih besar. Udah diliat pencet back di browser ya>. Foto panorama di kamar kosan Linda yang amat bersih nan Asri dan juga tidak sombong. Foto aslinya berjumlah 4 foto yang di potret secara landscape. Agak distorsi karena lensanya sih😦

Panoramic Boscha room

<klik kiri untuk melihat ukuran yang lebih besar. Udah diliat pencet back di browser ya>. Sekre Boscha yang sepi dengan orang-orang yang sedang fokus menonton bisa menjadi objek yang menarik untuk foto pamorama. jadi tak terbatas pemandangan. Dipotret secara portrait dengan dengkul sebagai tripodnya. Foto ini adalah hasil gabungan dari 6 foto.

Kantor Voyage

<klik kiri untuk melihat ukuran yang lebih besar. Udah diliat pencet back di browser ya> Kantor di saat makan siang jadinya sepi. Kesempatan memotret panorama dengan iPhone4 kantor,hehehe…Hasilnya lumayan tapi ga semaksimal dengan SLR. Dipotret secara portrait dan banyak di edit di photoshop.

Foto panorama pun sekarang sudah bisa dilakukan dengan Handphone yang canggih seperti Android yang high End dan Handphone seperti iPhone 3G-4S.Saya sudah coba dengan gadget-gadget itu namun sayangnya hasil kurang memuaskan (mungkin karena sensor SLR lebih baik menangkap gambar&cahaya). Kalau ga punya HP yang canggih dan SLR? ga usah khawatir! kan bisa minjem! Ada usaha pasti ada jalan.

SELAMAT MENCOBA!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “014. Life in Panoramic Picture

  1. Pingback: 212. Jakarta in Panoramic picture! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s