KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

016.We are few, we are happy few, we are band of brothers

Leave a comment

Saya percaya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Dengan cara apa? Secara DKV saya bisa menjawabnya! Dengan cara mengenang jasa mereka dengan membuat film semi dokumenter yang bergaya Hollywood. YEAAH! Masih belum kebayang? Saya akan berikan contohnya dari HBO mini-series yang amat sukses dan Booming di pasaran!

Band of Brother's (2001)

Band of Brother’s(2001):Merupakan HBO mini series yang wajib ditonton. Menceritakan tentang perjuangan pasukan Airborne Amerika Serikat yang bernama Easy Company dalam menginvasi Eropa dari serangan Jerman/Nazi. Dalam 10 episode benar-benar terasa perkembangan tiap karakter didalamnya. Film ini penuh aksi dan mengingatkan saya pada game Brother in Arms 3. Secara visual kualitasnya tak kalah dengan Saving Private Ryan. banyak Aktorpun terkenal setelah main film ini di antaranya James McAvoy, Michael Fassbender,Jimmy Fallon,Tom Hardy dan Simon Pegg. padahal dulu waktu pertama saya tonton yang saya kenal hanya David Schwimmer(Friends)

The Pacific (2010)

The Pacific (2010): 9 tahun setelah kesuksesan Band Of Brother’s dengan desakan dari para penggemar dan warga Amerika Serikat akhirnya, HBO memproduksi The Pacific. Kalau Band Of Brother’s tentang Angkatan udara maka The pacific mengisahkan tentang angkatan laut (Marines). Dalam perang dunia ke dua pasukan Marines bertempur merebut kembali daerah Asia Pasifik, Dari Guadalcanal hingga ke Okinawa Jepang. Dikisahkan betapa sulit dan desperatenya pasukan Marines yang bertempur melawan tentara kolonial Jepang.

Hal yang menginspirasi saya membuat post ini adalah ketidaksengajaan saya menonton Band Of Brother’s dari beberapa hari yang lalu tanpa saya sadari setelah menonton satu episode sehari. Sampailah di episode 4 dan  bertepatan dengan hari pahlawan! WOW! Kedua film ini benar-benar menginspirasi dan dikemas dengan amat baik. Kelebihan kedua film ini adalah data sejarah dan bukti sejarah yang amat kuat dalam pembuatan ceritanya. Para Veteran perang diwawancarai dan ada cuplikan wawancara sebelum film ini dimulai(sebagai saksi sejarah). Dalam cuplikan wawancara itu para veteran bercerita tentang apa yang mereka alami dan tak jarang mereka bercerita penuh dengan emosi hingga menangis. Pada akhir Serial inipun baru diungkapkan siapa para veteran perang yang diwawancara tersebut yang pada akhirnya mereka adalah tokoh dan bagian dari film ini.Dengan cara ini maka jasa para pahlawan dapat tetap dikenang dari generasi ke generasi dan dikemas dengan cara yang amat menarik. Sehingga tak bosan ditonton berkali-kali. Kalau ada kesempatan dan tawaran tentang membuat film seperti ini tentang perjuangan para pahlawan proklamasi Indonesia tanpa berpikir panjang pasti saya terima!

Selamat hari pahlawan!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s