KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

017. How to train you’re Ego

Leave a comment

Mengatur diri sendiri terbukti jauh lebih sulit daripada mengatur orang lain. Saya sudah merasakannya. Salah satu parameter mengatur diri sendiri adalah mengatur sikap. Sikap adalah perasaan dalam hati yang diungkapkan oleh tingkah laku. Pada prinsipnya orang selalu mengeluarkan atau menampilkan apa yang mereka rasakan dalam hati. Saya sendiri merupakan orang yang blak-blak’an dan mengeluarkan langsung apa yang ada dalam hati. Dalam beberapa kali pengalaman ini menimbulkan masalah dan Saya rasa kurang bijak juga langsung mengeluarkan apa yang ada di dalam hati ke permukaan. Inilah yang sedang Saya coba kendalikan. Caranya adalah:

1. Sebelum mengeluarkan pendapat dan unek-enek. Se-emosional dan mendesak apapun juga saya mencoba untuk menarik nafas dalam-dalam. Tahan. dan keluarkan. Sampai tenang. Lebih baik lagi dilakukan dengan doa didalam hati.Mohon kekuatan ya Tuhan~

2.Sesudah agak tenang. Agak tenang camkan hal itu! Baru deh dipikirkan pokok masalah dan unek-unek yang mau dikeluarkan.Sehingga lebih matang opinin-nya. Selalu serang masalahnya bukan orangnya.

3.Ungkapkan dengan tenang dan positif. Jadi jangan ada lagi bawa-bawa aura negatif dalam berpendapat.

Ketiga hal ini sering sekali coba saya praktekan. Sambil belajar bersabar sambil berusaha mengubah sikap saya yang ga sabaran dan blak-blakan sehingga sering menyakiti hati orang lain (terutama orang yang melankolis). Lebih sering gagal melakukan ketiga hal itu daripada berhasil. Saya yakin perubahan terbesar yang bisa saya lakukan berada di dalam diri kita sendiri bukan,diri orang lain. Pokoknya keep fighting to be a better man!

CMIWIWIWIWIWPRIKITIEEEWWW~

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

