KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

020.2Fast 2Fun

Leave a comment

Hari ini tanggal 20 bulan desember 2012 atau kerennya (20-12-2012). Tanggal yang sangat keren untuk pernikahan atau acara-acara lainnya. Di tanggal yang keren ini saya akan membahas tentang game yang keren juga. Selain karena saya berkecimpung di dunia game, Saya juga melihat potensi yang besar dibidang ini dan tingginya animo masyarakat terhadap video game.


The Fast and The Furious (2001)
adalah film yang fenomenal menurut Saya. Film ini menjadi Kiblat segala film tentang balapan dan tentunya menjadi inspirasi beberapa video game. Salah satu video game yang sukses mengadaptasi dunia balapan ala film The Fast and The Furious (2001) adalah Video game Need For speed underground dan Need For Speed Most wanted. Gara-gara film The Fast and The Furious (2001)  inilah saya menjadi suka terhadap game balapan. Terutama dimasa SMP saya acap kali memainkan Need For speed underground dan Need For Speed Most wanted di PC kesayangan. Namun semasa SMA hingga kuliah minat saya terhadapa bermain game balap semacam ini semakin berkurang dan salah satu faktornya adalah kurangnya game yang beraroma “underground” yang beredar di pasaran. Hingga akhirnya aku temukan game di Appstore. Game itu adalah CSR racing!

Game ini memiliki balapan yang monoton bahkan tracknya itu-itu saja. Balapan yang diperlombakan merupakan jenis Drag Race/Balapan di track lurus. Sudah tracknya sama balapannya cuman lurus terus apa serunya!? Nah,menurut saya serunya dari game ini ada di kemampuan memodifikasi tampilan mobil(sebatas cat dan stiker) dan memodifikasi mesin dari mobilnya. Strategi yang digunakan game inipun termasuk unik. Supaya pemain tidak bosan maka tiap mobil hanya memiliki 10 slot bensin. Disetiap balapan akan menghabiskan 1 slot bensin. Jadi dalam satu waktu pemain hanya bisa 10 kali bermain dan bila bensin habis pemain harus menunggu selama 8 menit/slot bensinnya agar bensinnya bertambah. Fitur ini membuat pemain tidak cepat bosan dan kembali lagi bermain saat slot bensinnya sudah penuh. Taktik ini mirip dengan taktik game-game di FB seperti cafe world,farmville,petsociety dimana pemain hanya bermain game dalam durasi sebentar namun dengan kuantitas yang sering.

Taktik inipun didukung dengan visual daripada GUI(Graphic User Interface) game CSR racing yang menarik dan game inipun memiliki cerita layaknya game NFS Underground dan Most Wanted dimana si pemain berusaha menjadi “Raja di jalanan”. Kualitas model 3D dari mobil-mobil didalamnyapun saya nilai amat baik dan mungkin berada diatas rata-rata game balapan di IOS. Dalam game inipun tingkat kesulitan relatif meningkat dan di memiliki 5 daerah/tier. Tier 1 paling mudah dan tier 5 paling sulit. Setiap pergantian wilayah pemainpun diwajibkan membeli mobil Tier tersebut. Jadi uang didalam game ini akan sangat cepat habis untuk beli mobil dan upgrade mesin mobil.

Mobil yang menjadi icon CSR racing. Mustang merupakan mobil American muscle yang memiliki HP(horse Power) yang tinggi dan di dunia asli pasti bensinnya boros banget :-PMobil ini merupakan mobil Tier 2

Mobil yang menjadi icon CSR racing. Ford Mustang merupakan mobil American muscle yang memiliki HP(horse Power) yang tinggi dan sejak tahun 70’an bersaing dengan Chevy Camaro. di dunia nyata pasti bensinnya boros banget dan gak cocoklah dipakai di Indonesia yang macet ini😛
Mobil ini merupakan mobil Tier 2 (T2 oranye). Semua foto hasil sudah di edit karena foto aslinya memiliki kualitas warna yang kurang menarik. Kali ini saya edit supaya menyerupai acara tv BBC “TOP GEAR” salah satu acara BBC favorit saya🙂

Kalau di Tier 2 dan 3 saya setia dengan produk Ford. Pada Tier 4 saya beralih kesaingannya yaitu Chevrolet. Mobil corvette ZR1 merupakan saingan Ford GT. Mobil di Tier 4 CSR racing. Bentuknya keren,mesinnya kuat namun sayang bobotnya berat. Sungguh American Muscle car sejati,hehehhe

Kalau di Tier 2 dan 3 saya setia dengan produk Ford. Pada Tier 4 saya beralih kesaingannya yaitu Chevrolet. Mobil corvette ZR1 merupakan saingan Ford GT. Mobil di Tier 4 CSR racing. Bentuknya keren,mesinnya kuat namun sayang bobotnya berat. Sungguh American Muscle car sejati. Seandainya ada Viper GTR😦

Setelah bosan di 3 tier menggunakan mobil American Muscle pada Tier terakhir ini saya membeli BMW Z4 GT3 yang merupakan mobil eropa! Dibandingkan semua mobil di Tier 5 entah mengapa BMW ini yang meunrut saya paling mumpuni dari penampilannya,ahahha..Bagi saya faktor penampilan(desain body) amat menentukan dibanding mesin mobilnya. Selain keren mobil inipun juga melaju amat kencang dan cepat mencapai top speed. Di dunia nyata saya merupakan penggemar BMW loh terutama motor BMW :-)

Setelah bosan di 3 tier menggunakan mobil American Muscle pada Tier terakhir ini saya membeli BMW Z4 GT3 yang merupakan mobil eropa! Dibandingkan semua mobil di Tier 5 entah mengapa BMW ini yang meunrut saya paling mumpuni dari penampilannya.Bagi saya faktor penampilan(desain body) amat menentukan dibanding mesin mobilnya. Selain keren mobil inipun juga melaju amat kencang dan cepat mencapai top speed. Di dunia nyata saya merupakan penggemar BMW loh terutama motor BMW 60’an🙂

Merupakan mobil baru dari update'an CSR racing. Salah satu nilai plus dari game ini adalah adanya update'an game yang selain membenarkan ke "error"an game,bugs dan glitch, Game ini juga menambahkan mobil baru dalam update'annya. Sehingga sekali update bisa menambah data hingga 200MB. WOW!

Merupakan mobil baru dari update’an CSR racing. Salah satu nilai plus dari game ini adalah adanya update’an game yang selain membenarkan ke “error”an game,bugs dan glitch, Game ini juga menambahkan mobil baru dalam update’annya. Sehingga sekali update bisa menambah data hingga 200MB. WOW!

Lewat post ini saya juga akan berbagi kepada para pembaca bahwa dunia video game sudah berubah. Perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras memungkinkan para produsen game membuat game dengan kualitas PC ke dalam telepin genggam seperti iphone dan handphone Android. Uniknya lagi game CSR racing ini merupakan game yang dapat diunduh gratis! Jadi darimana produsen ini mendapatkan uangnya???

Logikanya kalau mereka gak dapet uang& untung gak mungkinlah aplikasi ini laris dan makin bisa membeli lisensi mobil-mobil yang dipakai di dalamnya. Sayapun masih meneliti cara berbisnis CSR Racing ini. Sayapun mulai berpikir dalam industri game desain bukanlah segalanya namun desain memiliki peranan yang besar dan penting didalamnya namun jangan sampai melupakan aspek-aspek lain seperti marketing,menejemen dan promosi dalam game.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

