KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

022. The Plan of Glory

Leave a comment

Tahun 2012 sudah berlalu.

Kiamat di 2012 tak benar adanya.

Saatnya menyongsong tahun 2013 yang lebih baikšŸ™‚

Ada pepatah mengatakan ” Gagal merencanakan sama dengan merencanakan untuk gagal”. Saya sendiri percaya akan hal itu. Di tahun 2013 yang sudah berlalu 4 hari ini kita masih punya banyak kesempatan untuk memperbaiki diri,mencapai prestasi dan berguna bagi banyak orang lain. Untuk itulah diperlukan yang namanya Resolusi!

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata resolusi diterjemahkan sebagai reĀ·soĀ·luĀ·si /rĆ©solusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tt suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu — yg akan diajukan kpd pemerintah.

Secara simpel, makna resolusi dapat kita gunakan untuk menyimpulkan harapan, tujuan, hal konkret yang akan kita capaiĀ  tahun depan(2013 ini). Tujuan dari resolusipun adalah menjadikan Anda atau orang lain atau keadaan menjadi lebih baik. Ditambah lagi dengan menyusun resolusi kita akan memiliki acuan,target dan target hidup yang jelas+terukur. Bagaimana caranya? Simak tips dan trik dari saya!

Untuk itu kali ini saya akan bantu Anda semua para pembaca terhormat bagaimana caranya menyusun resolusi yang baik,benar dan konkret.

1. Evaluasi yang jujur!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dan tuliskan dalam kertas atau diketik.Tahun kemarin saya udah ngapain aja sih?apa sih yang kurang dari saya?apa sih yang harus saya perbaiki dan tingkatkan? Pencapaian apa yang ingin saya raih?Dalam evaluasi ini harus kita tulis juga ya. Supaya gampang ke proses selanjunya.

2.Tetapkan skala prioritas
Dari sekian banyak yang kita mau raih. Tetapkan skala prioritasnya. Kalau saya menetapkannya berdasarkan kebutuhan. Misalnya: HP suka nge-hang. Hp buat saya adalah barang yang penting dan menunjang produktivitas.maka resolusi saya adalah mencari HP yang sesuai dengan kebutuhan saya dan membelinya dengan uang sendiri(atau minta orang tua). Bisa juga ditetapkan berdasarkan waktu. Misalnya targetnya lulus kuliah di Bulan April(sekarang januari). Maka prioritas resolusinya adalah lulus April akrena waktunya sudah mepet/tinggal sedikit lagi. Prioritas harus ditetapkan sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.Intinya skala prioritas dibuat atas alasan yang jelas.

Banyak resolusi ataupun rencana kita gagal karena kita tidak menetapkan skala prioritas,sehingga buruk mengatur waktu dan menejemen tenaga kita dan akhir-akhirnya kita menunda-nunda hal tersebut.Ā  Di akhir tahunpun banyak resolusi yang tak terlaksana karena ditunda ataupun dilupakan. Bataskan skala prioritasnya dari 1 sampai 10. Kalau kebanyakan nantinya jadi impian yang muluk-muluk. Sadarilah kemampuan diri,batasan diri dan keterbatasan waktu dalam mencapainnya/

3.Tetapkan Jangka waktunya&Strateginya!

Setelah mengetahui skala prioritas kita maka,yang selanjutnya harus kita lakukan adalah menetapkan jangka waktunya. Untuk mencapai salah satu poin resolusi itu saya butuh jangka waktu berapa lama? Untuk itu kita harus tetapkan dulu dengan berhikmat,arif dan bijaksana. Kira-kira kapan bisa tercapainya? Jangka waktu bisa juga ditetapkan pihak luar. Seperti mau lulus april maka sidangnya maret (sudah ditentukan kampus).

Nah,setelah tau kapan deadlinenya. Maka sekarang kita harus berpikir bagaimana strateginya supaya bisa tercapai dengan jangka waktu tersebut? Dengan menetapkan jangka waktu yang jelas kita lebih memiliki strategi yang mantap dan terukur pencapaiannya. Saya berpikir seperti ini berdasarkan pengalaman. kadang kita merasa amat yakin dengan strategi kita namun jangka waktunya/target waktunya kelewat optimis hingga imajiner.Karena itu tetapkan dulu target waktunya dan berpikir bagaimana mencapainya dalam waktu tersebut.Contoh gampangnya:

a.Saya berada di Jakarta mau ke Bandung

b.Sekarang pukul 09.00 WIB dan saya mau sampai ke Bandung jam(target kita) cth.13.00 WIB

c.Saya akan ke Bandung dengan cara…(strategi kita) cth.Naik mobil Travel <space iklan travel,hehehe>

*Berbeda halnya jika saya harus sampai di Bandung jam 10.00 WIB mungkin strategi kita adalah dengan menyewa Helicopter atau naik pesawat kecil. Karena itu tetapkan dulu jangka waktu dari resolusi kita baru strateginyašŸ™‚

Siapkan juga rencana cadangan bila terjadi apa-apa. Misalnya kalau tidak jadi lulus April maka target saya adalah harus lulus Juli dengan strategi…(isi sendiri).Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. pokoknya “Always hope for the best and prepare for the worst!”

4.Dirangkum!

Tulislah segala resolusi kita dengan format yang sederhana dan mudah dimengerti. Tulislah berdasarkan prioritas,nama pencapaiannya,jangka waktunya dan strateginya.Ā Contoh:

<Nomer prioritas>- <Nama resolusi> -<Jangka waktu>- <strategi +alasan>

1. Berat badan turun 10 kg – 10 April 2013 – Lari 5 kilometer tiap hari supaya terlihat kurus waktu wisuda’an…

Nah,tulislah di kertas atau diketik yang rapih lalu di print dan tempelkan ditempat yang kamu lihat tiap hari. Misalnya di tembok depan ranjang supaya tiap bangun tidur langsung lihat resolusinya. Atau di depan monitor pake kertas gede atau di jadi’in wallpaper.

5.Disiplin!

Keberhasilan yang besar terjadi karena kita berhasil melakukan hal-hal kecil setiap hari. Setiap hari! itu kuncinya disiplinlah dalam melakukan apa yang sudah direncanakan. Jangan biarkan hanya menjadi wacana dan menyesal dikemudian hari. Jangan sia-siakan waktu yang ada. patuhilah apa yang sudah kalian rencanakan dan berkomitmenlah akan hal itu. Toh resolusi ini buat kemajuan diri kita juga kan? Bagaimanapun bicara itu lebih mudah dibanding melakukannya. Kalau kita tidak disiplin maka mencapai target resolusipun akan semakin sulit.

Nah,itulah 5 hal yang harus diperhatikan dalam menyusun dan melakukan resolusi mversi Saya. Bagaimanapun 4 sehat 5 sempurna. 4 hal diatas merupakan hal yang sehat bagi batin dan hidup kita karena kita punya target dalam hidup dan harapan-harapan dalam hidup. Semuanya akan lebih indah bila poin 5 dilakukan dan hiduppun terasa lebih sempurnašŸ™‚

Oh,ya satu hal lagi! Ada orang yang mengumumkan resolusinya di depan umum supaya semua orang tau dan dia akan malu bila tidak mencapainya . Contoh Ninja Naruto yang ingin menjadi Hokage dan Luffy yang ingin menjadi raja bajak laut (pake tokoh kartun supaya ga menyinggung,hehehe). Tapi kalau sayaa pribadi lebih suka memendam apa resolusi saya. untuk kepuasan pribadi>Bagaimanapun pria punya selera.dan seleranya berbeda-beda,ehehhehe

Semoga bergunašŸ™‚

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s