KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

027. Rapat Merapat!

2 Comments

Dari tanggal 18 sampai 26 Februari 2013 setiap hari saya rapaa~aat melulu! Sekali rapat itu durasinya 2 sampai 5 jam! Kebayangkan capeknya? Rapat untuk menentukan masa depan game yang sedang saya garap. Game untuk iPhone yang merupakan game strategi jenis tower defense bercampur dengan Collecting monster. Entah apa jadinya nanti? Masih menjadi misteri. Mungkin dari kalian bertanya “ Emangnya kalau mau bikin game harus sering rapat ya?” Jawabannya relatif. Kalau koordinasi diawal bagus maka rapat akan jarang dilakukan.

Kesalahan dalam penggarapan game ini adalah dimana desain yang di lebih dahulukan daripada konsep cara bermain dan penentuan parameter-parameter yang ada. Jadi model 3D monster sudah selesai semua namun bagaimana game ini bekerja, bagaimana cara mendapatkan monster,cara bermain tower defense dan ceritanya bagaimana bahkan belum ditentukan. Hal inilah yang menimbulkan banyak miskomunikasi dan mengakibatkan seringnya diadakan rapat. Saya adalah anggota paling baru yang bergabung dalam project ini karena baru menyelesaikan Towerscape langsung bergabung ke project ini.

Pelajaran yang bisa dipetik adalah First thing first! Dahulukan lah yang utama. Berikut ini urutan proses membuat game menurut Saya:

  1. Bikin ceritanya. Buat cerita dimana pemain bisa peduli dan tertarik untuk memainkan game tersebut. Jadikan pemain bagian dari cerita tersebut dan jadikan pemain itu “spesial”. Karena semua orang senang jika menjadi orang yang “Spesial” atau banyak dikagumi dan dibutuhkan orang lain.
  2. Tentukan Genre dan cara bermain gamenya (gameplay). Tentukan sedetail-detailnya sampai ke hal kecil. Dari bagaimana mendapatkan uang di dalam game sampai bagaimana mengatur settingan game. Tentukan bagaimana membuat kesulitan didalam game yang baik dan emnantang. Jadi jangan sampai baru awal-awal pemain langsung mati. Selain itu didalam proses ini bisa juga menentukan bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari game tersebut.
  3. Buat Asset dan desainnya. Mulai dari pengkonsepan karakter, membuat konsep dari Background, eksekusi pembuatan karakter, musuh dna layout dari GUI( Graphical User Interface) seperti tombol,kotak dialogue, dan penempatan dari berbagai asset game lainnya.
  4. Integrasikan Asset dan Programmingnya. Gabungkan segala asset dan test segala assetnya apakah sudah berada ditempat yang tepat dan berfungsi sebagaimana seharusnya? Mirip-mirip test print kalau membuat majalah.
  5. Testing & Debugging. Ini adalah proses mencari bug dan membenarkan bug tersebut. Merupakan proses mencari kesalahan atau error daripada koding’an programmer sehingga menimbulkan ke “aneh”an di dalam gamenya. Proses ini amat lama dan kadang membuat frustasi karena 1 bug dibenarkan muncul 3 lagi. Butuh ketelitian dan kesabaran.

Kesalahan dalam pembuatan game ini adalah proses nomer 1 dan 2 belum jelas juntrungannya tapi sudah langsung membuat 100 asset 3D model daripada monsternya plus animasinya. Benar-benar kesalahan yang fatal dan membuat tidak efektif dalam bekerja. Semoga bisa jadi pelajaran bagi kita semua🙂

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

2 thoughts on “027. Rapat Merapat!

  1. Pingback: 041. Monster Fantasia: My second iOS game! | KRAUKRAUKDI

  2. Pingback: 158. A Calendar of Blogs! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s