KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

041. Monster Fantasia: My second iOS game!

1 Comment

Desain werewolf ber elemen bumi. Kekuatan utamanya adalah gaya gravitasi.

Sketsa desain werewolf (siluman serigala a.k.a serigala jadi jadian)  ber elemen bumi. Kekuatan utamanya adalah gaya gravitasi.

Monster Fantasia adalah Proyek besar dari Voyage dimana melibatkan 3 Desainer 2D, 2 Desainer 3D dan seorang programmer. Game ini merupakan game campuran antara trading card game (seperti Pokemon, Yugi-OH!,Magic gathering) dan Tower defense ( Kingdom Rush, Warcraft 3,The Utans,dll). Sehingga gamer bisa bermain Tower defense dengan Unit yang banyak dan memiliki kekuatan serta elemen yang beragam. Dalam game ini terdapat lebih dari 100 Monster yang bisa didapatkan pemain. Monster-monster itupun memiliki beragam elemen yang masing-masing elemen memiliki kelemahan serta kekuatan masing-masing.

Saya sendiri pernah mempost ke depresi’an saya dalam post Rapat merapat. Disana terdapat cara bagaimana saya melewati segala permasalahan sebagai game designer.


Cerita dalam game ini berkisah tentang para Monster yang ingin melindungi dunianya dari eksploitasi ilmuwan jahat. Ilmuwan inipun membuat robot-robot sebagai kloning para monster. Demi ambisi jahatnya sang ilmuwanpun menginvasi dunia dan berniat memusnahkan para monster dari muka bumi. Para monster sendiri berperan sebagai penjaga keseimbangan para elemen yang ada di dunia.

Saya sendiri disini memiliki peran utama sebagai;Game Desainer dan diminta membantu Proyek ini setelah menyelesaikan Towerscape.  Salah satu tugas tersulitnya adalah menyeimbangkan permainan ini. Hal ini dikarenakan biasanya game tower defense memiliki Unit yang sedikit namun dapat di upgrade berulang kali di dalam gamenya. Sedangkan dalam trading card game memiliki balancing yang random. Tugas kedua saya adalah sebagai Level desainer. Saya mendesain jalanannya musuh sebelum ke markas. Hal inipun harus diperhatikan supaya level 1 jangan lebih sulit dari Level 2. Tugas ketiga saya adalah sebagai concept Artist dari environment game ini. Dalam Monster Fantasia terdapat Map sesuai elemennya. Ada element Light, Fire, Dark, Earth, Wind dan Water. Disini saya mendesain kra-kira seperti apa penampakan dari mapnya. Tugas ke empat saya adalah menjadi Texture Artist. Tugasnya memberikan texture untuk model 3D daripada pemandangan di Map game ini. Tugas ke lima saya adalah menjadi Character Designer untuk para monsternya. Disini saya mendesain karakter monster dari bentuk satu hingga bentuk ketiganya. Seiring berjalannya waktu para monster yang sering dimainkan akan naik level dan berubah bentuk.

Sketsa earth map. 30 menit kelar, yang penting keliatan mau kayak apa suasananya dan warna-warnanya,ahahhaa...

Sketsa earth map. 30 menit kelar, yang penting keliatan mau kayak apa suasananya dan warna-warnanya,ahahhaa…

Obstacle patung pasir.

Obstacle patung pasir. Sebagai salah satu icon daripada Earth map.

Banyak ya tugasnya?

Semuanya ini saya jalankan selama 4 Bulan dengan perasaan yang riang gembira dalam mengerjakannya. Hal ini bisa terjadi karena Saya sebagai desainer bekerja dalam kelompok yang lebih besar sehingga bisa saling memberi masukan serta membantu. Kalau saya sih lebih suka kerja berkelompok daripada sendiri. Bagaimana dengan Anda?

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “041. Monster Fantasia: My second iOS game!

  1. Pingback: 158. A Calendar of Blogs! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s