KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

064. Tips Fotografi: Cara menyelamatkan foto yang gelap!

1 Comment

Sebagai seorang fotografer dan Desainer sering sekali saya menemukan masalah dalam fotografi. Masalah seperti foto tidak sesuai dengan yang diharapkan sering sekali terjadi. Kesal juga bila momen-momen berharga menjadi rusak gara-gara fotonya jelek. Apalagi dimasa-masa liburan seperti sekarang. Beberapa foto bisa diselamatkan (dijadikan bagus) dan beberapa tidak bisa. Salah satu yang sulit untuk diselamatkan (dijadikan bagus) adalah foto yang gelap. Bagaimanapun juga foto yang gelap lebih baik daripada tidak ada fotonya. Cahaya merupakan faktor yang penting dalam fotografi. Jumlah cahaya yang pas adalah salah satu kunci foto yang bagus. Lalu bagaimana donk kalau fotonya gelap atau kurang cahaya?

Trik dari saya adalah jepretlah dengan White Balance yang normal dan Exposure yang tinggi (sebisa mungkin atur-atur bukaan,Shutter Speed dan ISO). Guna White Balance yang normal adalah untuk merekam sebanyak mungkin data-data warna (RGB) secara seimbang. Jikalau data warna RGBnya bagus atau lumayan bagus maka bisa di edit dengan program dengan mudah. Atur-atur aja Brightness contrast,Shadow, Curves, level,dll. Kalau setelah diedit semaksimal mungkin masih jelek juga, Maka langkah terakhir(menurut saya) adalah menjadikan foto itu Black and White/BW. Caranya dengan Adjustment —> Black&white di Photoshop (jangan di Desatruate ya!). Dari situ bisa diatur mana bagian yang terang dan gelap. Kalau di desatruate ga bisa diatur-atur seperti B/W.

Nah ini saya beri contoh:

Foto di malam hari dengan pencahayaan yang buruk.

Perkenalkan ini dua junior saya nan lucu. Remon dan Jovita. Foto Remon dan Jovita, di malam hari dengan pencahayaan yang buruk sekali.

2013-07-28 23.18.56

Foto yang sudah di edit dengan filter RGB di HP android. Jauh lebih bagus dari sebelumnya kan? Kalau liat foto ini kayak foto-foto penyiar radio prambors,hehehe

Foto ini diambil saat perayaan ulang tahun dimalam hari. Di edit menggunakan HP Android dengan filter Black&white. Dari Gallery bisa ngedit foto tanpa software tambahan. Selamat mencoba!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “064. Tips Fotografi: Cara menyelamatkan foto yang gelap!

  1. Pingback: 088. Ray Ban dan Nexus 4! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s