KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

068. Facebook Home Review!

Leave a comment

Pernah dengar FB home?  FB home adalah sejenis Launcher untuk Android yang memudahkan penggunannya mengetahui berbagai macam hal tentang kehidupannya di FB. Pertama-tama applikasi ini di eksklusifkan untuk HTC first.  Sayangnya respon dan penjualan HTC first kurang bagus maka applikasi inipun dijadikan salah satu faktor kegagalan HTC first. Saya pun berpikir “ Apa benar?”. Beruntungnya, HP saya sekarang (bersama Galaxy S4 dan HTC one) sudah bisa menginstall applikasi FB home ini karena FB membatasi untuk beberapa HP saja.

Beginilah penampakan lockscreen HP Android Anda yang dipasangin FB home.

Beginilah penampakan lockscreen HP Android Anda yang dipasangin FB home.

Fitur utamanya adalah menghadirkan postingan-postingan di Home Anda dan menjadikan tiap posting Screen saver saat hand Phone menganggur/idle dan saat di charge.  Fitur utama FB home ini memungkinkan kita melihat foto-foto postingan teman, wall post, event, dan segala ,macam hal yang berlangsung di Home kita secara mudah. Kesemua info itu tersaji di Lockscreen Android kita. Tak perlu buka FB segala,kesemua info sudah disajikan secara otomatis.

Secara desain saya melihat FB Home ini amatlah bagus dan elegan serta inovatif. Salah satu inovasinya yang menurut saya keren adalah fitur keduanya “Chat head”. Kalau ada orang yang chatting message FB maka akan muncul kepalanya di sisi ponsel Android. Chat head ini akan muncul dimanapun dan disaat apapun saat anda menggunakan HP Android. Saat anda buka sms, Gallery, setting, dll Anda bisa melihat chat head ini nongol di HP android Anda. Menurut saya fitur ini amat bagus karena menghadirkan langsung wajah orang yang memberi pesan kepada kita karena wajah lebih cepat dikenali dibandingkan dengan membaca dari siapa pesan ini di kirim. Secara desain chat head ini juga memancing atensi pengguna secara luar biasa. Fitur ini pertama kali diperkenalkan di FB home namun sekarang kalau Anda punya applikasi FB messenger fitur ini sudah tersedia.

chat head dimana-mana. bisa chatting tanpa harus membuka/ tap FB messenger.

chat head dimana-mana. bisa chatting tanpa harus membuka/ tap FB messenger.

Fitu ketiganya adalah sebagai Launcher applikasi di Android. Fitur ini menunjukan siapa FB home sebenarnya. FB home menurut saya mempersulit kita membuka applikasi lain selain FB karena butuh proses tambahan untuk ke launcher Android kita (untuk bisa akses applikasi lainnya). Launcher HP saya sendiri merupakan versi Vanilla atau basic dari Google (tidak di modifikasi layaknya HTC, Samsung dan Sony). Launcher ini seakan-akan membuat kita terjebak di app FB dengan mempersulit akses ke applikasi lainnya. Launcher yang kurang nyaman bagi saya menyebabkan saya meng uninstall applikasi ini. Menurut saya tujuan dibuatnya FB home adalah Facebook ingin mempermudah penggunanya mengakses FB untuk meningkatkan rasa kecanduan akan social media ini. Baru mau unlock HP aja udah ada info FB, tiap mau ke applikasi lain harus lewat FB launcher, dan tiap pake applikasi lain bisa di ganggu oleh FB chat head.

beginilah pemandangan kalau mau nge unlock smartphone.

beginilah pemandangan kalau mau nge unlock smartphone.

Menurut Saya Applikasi ini bagus untuk iseng-iseng saja namun jangan dipakai atau install kalau Anda sedang dalam masa produktif (banyak kerjaan) karena,berpotensimengganggu pekerjaan. Tingkat distraksi dan pengalih perhatiannya amat tinggi. Salah satu kekurangan FB home adalah boros batere dan Pulsa. Applikasi ini akan tetap berjalan di Background (running in background) dan tetap setia menminta news feed dari server. Penambahan Launcher ke Android juga membuat batere boros karena membuat system berpikir lebih keras. Launchernyapun lebih nge-lag atau sempat melambat jika kita melakukan gerakan slide secara cepat.

Banyak "godaan" dari applikasi ini,hehehe

Banyak godaan dari applikasi ini,hehehe

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s