KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

080. 7 hal yang saya pelajari dari konferensi Game di INAICTA!

Leave a comment

Suansana Conferences di  INAICTA 2013. Rameee banget dan ini sebagai salah satu indikator banyaknya orang-orang muda amat tertarik dengan dunia ICT terutama Game

Suansana Conferences di INAICTA 2013. Rameee banget dan ini sebagai salah satu indikator banyaknya orang-orang muda amat tertarik dengan dunia ICT terutama Game

Dalam acara INAICTA 2013 isinya bukan hanya kompetisi dan pameran saja. Disana juga ada konferensi dan workshop. Kali ini saya akan membagikan hal-hal yang saya pelajari dari konferensi INAICTA kepada Anda sekalian.  Secara GRATIIIISSS! Cekidot!

  1. Selalu membuat produk dari lokal untuk Internasional. Kalau mau bikin game untuk market lokal model jualannya harus B2B( business to business). Jadi harus terima jasa membuat game untuk perusahaan besar.
  2. Pikirkan platform dan jalur distribusi gamenya? Percuma punya game bagus-bagus namun susah ditemukan orang karena jalur distribusinya yang buruk.
  3. Kalau game Anda mau hidup dari iklan saja. Minimal harus satu juta Download dan semuanya active user.
  4. Ada 4 prinsip dari value perusahaan Anda : Product, Selling/ Access to market, Operate & Money.
  5. Cara termudah menentukan harga suatu proyek adalah dengan menentukan berapa upah kerja per jam?Harga proyek = Upah kerja perjam X jumlah pegawai + Margin 30% untuk keuntungan. Jikalau terjadi tawar menawar selalu kurangi jam kerjanya bukan kurangin berapa upah perjamnya.
  6. Secara sederhana sebenarnya hanya ada 4 jenis Bisnis Model : jual Konten, Jual Iklan, Jual Barang/e-commerce, dan Jual jasa.
  7. Sebagai Start-up. Hal krusial yang sering dilupakan adalah tugas kita untuk meningkatkan Traffic ke website dan menghubungkannya ke download site game kita. Karena pasaran game di Google Play dan Apps Store sudah padat/crowded jadi, user sulit menemukan game kita. Cara paling memungkinkan adalah promosi web kita dan memberikan link download i web kita.

Nah,sekian 7 hal yang saya pelajari dari konferensi video game developer pada INAICTA 2013. Semoga berguna bagi kita semua dan maju terus insutri kreatif Indonesia! MERDEKA!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s