KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

088. Ucu dan Nexus 4!

1 Comment

Beberapa hari yang lalu saya sedang iseng mengetes kamera di HP Saya ini. Model yang saya gunakan adalah burung kutilang peliharaan saya yaitu si Ucu (sejak kelas 2 SD loh).Secara fisik saya lihat kamera HP saya,Tulisannya sih 8 Megapixel tetapi apa benar? Sebagai desainer+fotografer saya pun mengetesnya dari berbagai aspek. Ternyata eh,ternyata kamera adalah salah satu kelemahan HP ini. Setelah beberapa kali memotret sayapun menghasilkan foto yang mengecewakan padahal sudah saya setting :

  1. Picture size: 8 Mega Pixel
  2. White balance auto atau dibuat fix ( daylight/cloudy)
  3. Tidak memakai scene mode
  4. Exposurenya 0 atau seimbang gelap terangnya.

Menurut Saya settingan ini seharusnya menjadikan foto tajam. Sayangnya foto yang dihasilkan kebanyakan foto yang grainy/banyak titik-titik warna tidak jelas. Setelah saya liat file Infonya ternyata salah satu kendala dan kelemahan Kamera+applikasi camera Nexus 4 ini adalah tidak bisanya kita mengatur ISO secara manual. Pantes aja jelek!

Ini nih hasil mentah dari jepretan Nexus 4. Warna kurang menarik dan tidak fokus karena ISOnya 1400 :-(

Ini nih hasil mentah dari jepretan Nexus 4. Warna kurang menarik dan tidak fokus karena ISOnya 1400. Sering sekali pendapatkan hasil foto seperti ini . ISONya tinggi sehingga banyak grain dan ga jelas hasilnya😦

Kelemahan kedua adalah Auto fokusnya yang buruk. Cara terbaik mengetes auto fokus dan sensor warna pada kamera adalah dengan menjepretkannya ke objek yang berwarna putih. Kali ini saya jepretkan ke bulu dad si Ucu. Ternyata hasilnya adalah ga fokus. Kebanyakan blur. Sayapun bereksperimen gimana sih cara dapet gambar yang fokus, tajam dan bagus. Setelah 1 jam lebih mengulik saya tidak menemukan rumusnya. Beberapa foto bagus namun kebanyakan hasilnya grain karena ISOnya yang diatur HP besar-besar (Paling sering ISOnya 1700,  Paling kecil ISOnya 400).

Sulit sekali mendapatkan hasil foto yang fokus seperti ini. ISO foto ini 400. Lumayan lah :-)

Sulit sekali mendapatkan hasil foto yang fokus seperti ini. ISO foto ini 400. Lumayan lah. Lihat kualitas dari ketajaman dan detail dari bulunya. beda banget kan? padahal dipotret dengan kamera HP yang sama dan diwaktu yang hampir sama 🙂

Setelah sejam bereksperimen,Sayapun mencoba dengan mode HDR dan hasiiiilllnya? Sama saja buruknya L. Kayaknya perlu banget applikasi motret yang bisa ngatur secara manual ISO dari kamera HP. Mungkin inilah salah satu alasan kamera SLR tetap menjadi andalan. Memang betul kata pepatah: “Besarnya Mega Pixel tidak menjamin foto Anda tajam dan fokus+bagus.” Setelah capek memotret selama sejam sayapun pergi ke ruang makan dan makan Nastar . Akhirnya berat saya bertambah terima kasih klinik T*ng Fang!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “088. Ucu dan Nexus 4!

  1. Pingback: 237. Vsco camera vs Nexus Camera! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

