KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

093. Keunggulan BlackBerry yang terlupakan!

Leave a comment

BlackBerry merupakan produsen Hand Phone sekaligus software yang berjaya pada tahun 2005 hingga 2011. Di masa-masa itu BlackBerry berjaya dan berhasil mengalahkan kedigdayaan Nokia sebagai produsen Hand Phone. Lambatnya terobosan yang dilakukan BlackBerry mengakibatkan BB ditinggal konsumennya yang beralih ke iPhone atau Android. Pada tahun 2010 hingga 2011 Saya masih sering melihat orang-orang yang punya iPhone / iPad / Galaxy S2 masih memegang setia BB. Hal ini dikarenakan applikasi BlackBerry Messenger /BBM yang sudah mengikat dan mengakar pada hubungan sosial para konsumen di dunia maya.

Semoga yah BB OS 10.2 lebih sedikit jumlah errornya🙂

Pada tahun 2012, BBM mulai ditinggalkan karena adanya Applikasi chat lintas OS seperti WhatsApp, Line, Skype, Kakao Talk, WeChat,dsb. Hal ini mengakibatkan BB seperti kehilangan keunggulannya untuk tetap digunakan oleh konsumen. Padahal menurut pembicara di seminar ICT Technopreneurship salah satu keunggulan BB yang terlupakan adalah kemampuannya dalam mengkompresi data. Pada tahun 2008 (Saat iPhone sudah ada), Kemampuan kompresi data dari BB ke server lalu ke BB lain amat menganggumkan. BB bisa mengecilkan data hingga besarnya tinggal 11% dari ukuran asli. Sedangkan kemampuan terbaik pesaingnya adalah 33%. Hal ini memungkinkan BB mengirimkan data dengan cepat dan dengan bandwith yang kecil.

Kalau fitur ini terus dikembangkan data yang dikirimkan dapat di kecilkan hingga 3-5% maka kemampuan BB pastinya akan lebih cepat dan tak tersaingi dalam hal pengiriman data. Server BBMpun akan lebih jarang Error. Kompresi data yang baikpun menjadikan BB bisa dinikmati banyak orang termasuk , 1/5 penduduk bumi yang belum bisa menikmati teknologi Broadband. Indonesia sendiri masih berjuang dengan pemerataan sinyal 2G.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s