KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

101. Warna-warni memperebutkan Market share!

2 Comments

Pada postingan saya yang lalu tentang warna barang elektronik. Saya menuliskan betapa saya sudah amat muak dan bosan dengan barang-barang elektronik yang berwarna hitam semua. Dewasa ini saya melihat bahwa tren barang elektronik warna-warni sedang menjalar. Sayapun mengamati di segmentasi “ Smart Phone”. Bisa dilihat bahwa Nokia adalah pelopor tren Smart Phone berwarna-warni in. Warna seperti biru, pink, merah ,kuning, dan hijau neon yang mencolok mata membuat Smart Phone lebih memiliki kesan yang mewakili pemiliknya. Smart Phonepun lebih mudah ditemukan karena warnanya yang nge-Jreng.

Nokia Lumia, pelopor Smart Phone warna-warni. Dari dulu saya udah naksir Lumia namun OSnya enggak banget.

Nokia Lumia, pelopor Smart Phone warna-warni. Dari dulu saya udah naksir Lumia namun OSnya enggak banget.

Setelah Nokia mengeluarkan jajaran Lumia yang berwarna-warni yang menggiurkan konsumen. Dari Kubu Android pun mulai membuat Smart Phone yang beraneka ragam. Walaupun warnanya lebih redup (tidak nge-jreng) dan pilihan warnanyapun lebih sedikit. Bisa dilihat contohnya Samsung Galaxy S4 dan HTC One yang menyediakan versi berwarna. Moto X milik motorolapun mengeluarkan begitu banyak varian warnan yang bisa dipilih oleh pengguna. Bahkan ada casing dari kayu! WOW! BlackBerry pun tidak mau kalah. BB mengeluarkan Smart Phone entry levelnya yaitu BB Q5 dengan pilihan warna yang beragam. Adapula BB Z10 limited edition yang berwarna merah.  Padahal kebanyakan produk BlackBerry berwarna hitam dan putih.

Moto X-Smart Phone Android dengan pilihan warna terbanyak saat ini.

Moto X-Smart Phone Android dengan pilihan warna terbanyak saat ini.

Produsen terakhir yang mengeluarkan Smart phone beraneka warna adalah Apple. Apple mengeluarkan iPhone 5C. Ada yang bilang arti “C”nya adalah Color adapula yang bilang “Cheap/Murahan karena casingnya seperti plastik murahan. Padahal tim marketing Apple sering sekali meledek Smart phone plastik Android yang terkesan murahan terutama produk Samsung. Menurut Saya iPhone 5C ini amat mirip dengan Lumia. Terutama dari segi pemilihan warna.  Seperti BlackBerry kebanyakan produk Apple sendiri didominasi warna hitam dan putih yang memberi kesan elegan.

iPhone 5 C. Mirip lumia banget yah!

iPhone 5 C. Mirip Lumia banget yah!

Melihat hasil pengamatan ini sayapun dapat mengatakan bahwa, Trend smart phone sekarang akan lebih berwarna. Berwarna-warni dengan berbagai pilihan warna yang lebih ekspresif. Mungkin hal ini dikarenakan persaingan Hardware sudah “rada mentok” karena pengguna sudah menemukan kombinasiHardware yang pas dan responsif dengan softwarenya. Sebagai Contoh di Android yaitu Processor Quad-Core Qualcomm dengan OS Jelly Bean serta Chip A7 Apple dengan iOS 7 yang keduanya sudah amat lancar+responsif.

Persaingan di layar/ Display pun sudah rada mentok di 320 ppi (karena mata manusia tidak bisa membedakan perbedaan suatu objek/huruf  diatas 300 ppi). Persaingan dari segi jaringan amat sulit dilakukan karena tidak semua negara sudah siap untuk 4G bahkan 3G! Persaingan dari segi Batere sulit dilakukan juga karena berurusan dengan proses Kimiawi dan belum adanya teknologi batere yang awet,tipis/compact serta murah untuk smart phone. Perebutan Market Sharepun terjadi pada zona: Desain produk, OS (terutama GUI dan UX) dan tentunya harga produk.

Secara fisik saya amat menyukai desain dari Nokia Lumia yang berwarna-warni namun tidak terlihat murahan. Salut dengan desainer produk Nokia! Sampai-sampai Apple mengikuti rumus Lumia dalam mendesain iPhone 5C. Sayangnya HP Lumia amat berat, tebal dan yang paling saya kurang cocok adalah OSnya. Seandainya Lumia pake OS Android maka tak ragu-ragu saya membelinya. Apalagi produk Nokia terkenal awet dan tahan banting.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

2 thoughts on “101. Warna-warni memperebutkan Market share!

  1. Pingback: 233. Nasib Nokia X si anak tiri ! | KRAUKRAUKDI

  2. Pingback: 240. Branding: Penamaan Lumia dan BlackBerry 10! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s