KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

103.Touchless Smart phone!

Leave a comment

Dewasa ini (Oktober 2013), Hampir semua perangkat Smart phone menggunakan teknologi layar sentuh atau touch screen. Melihat perkembangan perangkat Smart Phone ini saya menemukan suatu hal yang unik dan semoga ini benar yah. Saya menemukan bahwasanya 5 tahun kedepan mayoritas fungsi-fungsi dari Smart Phone akan dapat dikendalikan tanpa sentuhan sama sekali namun tetap pake layar sentuh yah! Loh,kok bisa kasih kesimpulan seperti itu? Nah,begini nih alasannya…


Alasan paling kuat adalah kemajuan yang pesat dari teknologi Voice Command. Hal ini bisa dilihat bahkan dirasakan sekarang juga! Kita lihat Smart phone Android (versi 4.2.2 keatas)  yang memiliki Google Now / Google Search bisa mengenali bahkan mengetik pesan berdasarkan apa yang kita katakan. Saya sudah mencobanya berkali-kali dengan bahasa inggris dan hasilnya membuat saya takjub! Kalau dahulu untuk melakukan Voice Command (Pake Motorola v3688e) kita harus mengulangi kata-kata yang sama dan dengan nada/intonasi yang sama. Sekarang bisa dilakukan bahkan dengan kata-kata yang berbeda,  intonasi datar dan kita bisa berbicara dengan lebih natural. Sebagai contoh untuk mengetahui cuaca di Google Now kita bisa menggunakan kata-kata seperti “ Do I need to bring umbrella?” atau “Show me the forecast”. Dengan cara yang ajaib Google Now akan menunjukan ramalan cuaca dan keadaan cuaca tempat Anda berada.

Ok, Google NOW!

Ok, Google NOW!

Google Now mungkin amat bagus di bidang Speech Recognition (bahkan disaat offline/ mengetik sms). Berbeda halnya dengan pendekatan yang dilakukan oleh Nuance Companny. Nuance Companny adalah sebuah perusahaan software yang memiliki spesialisasi dalam bidang linguistik. Produknya adalah Siri. Siri sendiri digunakan oleh Apple sebagai “ Asisten”. Suara Siri sendiri berasal dari suara Ibu Allison Dufty yang amat bagus menurut saya. Siri memiliki kepribadian (kecenderungan dalam menjawab/memberi respon) dan memiliki intonasi dalam setiap perkataannya. Intonasi inilah yang membuat saya kagum terhadap Siri. Setiap perintah yang kita berikan akan dijawab langsung dengan respon suara dan display dilayar. Hal ini membuat Siri lebih “humanis” dibandingkan dengan Google Now. Siri juga dapat mengenali aksen orang yang memberikan perintah kepadanya.

Google now lebih "nyambung"dan "mengerti "perkataan ataupun perintah kita dibanding Siri.

Google now lebih “nyambung”dan “mengerti “perkataan ataupun perintah kita dibanding Siri.

Kelebihan Google Now dibanding Siri adalah ketepatannya dalam voice recognition dan cukup dengan mengatakan “Google” maka Smart phone Anda siap untuk menerima perintah. Sedangkan Siri (tanpa embel-embel beta) memiliki nada serta intonasi yang mirip dengan manusia (seakan-akan memiliki emosi) dan hebatnya lagi Siri selalu merespon dengan suara dan display. Berbeda dengan Google Now yang merespon kadang dengan suara(tanpa penjelasan lengkap) dan lebih sering dengan display.

Evolusi Voice Command pun masih berlanjut hal ini ditunjukan dengan Moto X yang menggunakan Voice Recognition pengembangan dari Google Now dan terbukti membuat orang ketagihan untuk memberikan perintah dengan suara.Hebatnya Google Now versi Moto X adalah kemampuannya mengenali suara sang pemilik dan hanya suara sang pemilik saja yang bisa membuat Moto X melakukan perintah. Kata-kata untuk mengaktivasi kemampuan ini pun di modifikasi dari “Google” menjadi “Ok,Google Now!” (okei, gu-gel nau!). Microsoftpun mulai memasuki rana ini dengan membuat program “Cortana”. Sayangnya saya belum mencoba “Cortana”.

Baik Google Now maupun Siri menurut saya merupakan cikal bakal perkembangan teknologi ke tahap yang selanjutnya. Dimana bukan manusia lagi yang beradaptasi dengan teknologi namun teknologilah yang berusaha mengerti manusia. Kemampuan mesin merespon manusia secara suara ini mengingatkan Saya pada film Stanley kubrick “2001: A Space Odyssey “(reccomended!)

Salah satu Pertanyaan yang menyangkut dikepala Saya adalah: “Kira-kira kapan yah Google Now atau Siri bisa mengenali bahasa Indonesia ?”. Hmmmm…

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s