KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

106. Now, you just iOS that I used to know!

Leave a comment

iOS adalah Operating System ciptaan Apple berbasiskan OS X namun digunakan untuk produk-produk post PC Apple (iPod, Iphone, dan iPad). Saya sendiri menganggap iOS adalah OS Smart Phone terbaik (dulunya). Dari iOS (sebelum ios7) bisa dilihat kejeniusan Apple dalam membuat software yang nyaman di gunakan baik secara UI dan UX. Walaupun perangkat Apple dual core dan RAM kurang dari 1 giga namun bisa menjalankan Applikasi dengan lancar dan minim Lag, Strutter dan Hang. Walau kalah secara hardware dari Android namun, produk-produk Apple menang secara UX dan UI.

Hal ini menjadikan konsumer rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli iPhone yang secara Hardware kalah jauh dari Android namun dari performa menang. Ibarat mobil  itu bagaikan, mobil Bugatti Veyron (Android) namun kalah balapan dengan Mobil BMW M5 (iOS). Buat apa hardware bagus-bagus Quadcore, RAM 4 Giga, Hard Disk 64 GB tapi kalau buat nge-swipe ganti window saja lelet kayak TouchWiz Samsung? iOS juga memiliki visualisasi icon dan gaya yang seragam. Bisa dilihat Gaya, layout dan icon tiap applikasi di ekosistem iOS memiliki rasa/ feel yang sama.

Penampakan ios 7

Penampakan ios 7

Namun semuanya berubah dengan munculnya iOS 7 dan mungkin sebentar lagi muncul update’annya. iOS 7 dengan visualnya yang menurut saya jauh lebih sederhana namun, secara performa banyak nge lag/ strutter.  Animasi transisi saat masuk suatu applikasi atau folderpun membuat saya pusing(dan banyak orang). Kalau ga percaya coba aja liat animasinya berkali-kali apalagi saat didalam kendaraan yang bergerak. Iconnyapun tidak konsisten, bisa dilihat hampir semua icon applikasi dasar iOS memiliki bentuk yang sederhana KECUALI Compass. Kenapa icon Compass rumit dan penuh detail sendiri? Beberapa fitur yang dulunya lancar dan menurut saya sudah baikpun diubah sedemikian rupa sehingga menjadi lebih rumit dan parahnya lagi lebih lelet.

Semoga iOS 7 cepat di update karena menurut Saya iOS 7 punya potensi yang besar + punya Cool Factor.  Semoga tidak terulang lagi tragedi Apple tanpa Steve Jobs(yang Apple hampir bangkrut). Buat yang pake iOS 6 saya sarankan tetaplah setia dengan iOS 6 (sampai iOS 7 keluar versi bagusnya) karena iOS 6 lebih lancar dan Andapun bisa lebih produktif.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s