KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

126. GAME: Tips mempertahankan pelanggan setia!

Leave a comment

Salah satu indikator bahwa applikasi dinilai sukses adalah jumlah Pengguna Aktifnya. Jumlah pengguna aktif atau Active user lebih penting dibandingkan jumlah  download dan jumlah transaksi virtual item. Penggguna aktif atau pelanggan setia inilah yang memiliki potensi besar dalam mempromosikan Game kita kepada orang-orang sekitar mereka sehingga tercipta viral marketing. Banyaknya pelanggan setia membuat game kita memiliki fan base dan pastinya laku dipasaran.

Kalau gak percaya? liat aja Pokemon! Model dan gameplaynya begitu-gitu aja dari zaman Game Boy sampai Nintendo 3DS namun penjualan gamenya selalu laku keras. Bahkan ada teman saya yang rela membeli 3DS untuk bermain Pokemon X,Y,Z! WOW! Setelah saya pelajari dari berbagai sumber dan pengalaman, Salah satu cara mempertahankan jumlah pelanggan Game kita dalah dengan memberikan update dan tema yang baru. Sayapun mengamati dan mempelajari beberapa hal dari game Pokemon khususnya, dalam hal membangun fan base!

Pokemon X dan Y

Pokemon X dan Y, Kapan yah ada pokemon YKS?hehhehe

Update yang sering dilakukan oleh developer game adalah update asset visual. Pokemon melakukan update asset visual dan cerita pada tiap seri gamenya. Pokemonpun melakukan diferensiasi produk antar gamenya. Seperti Pokemon yang muncul di Pokemon Red pastilah berbeda dengan yang muncul di Pokemon Green dan Blue. Padahal cerita dan asset game Pokemon Red, Green, blue dan Yellow sama.

Dari bidang game Mobile: Angry birds membuat stage-stage baru dan karakter baru per serinya. Update dari asset visual juga dapat dilakukan sejalan dengan event yang akan berjalan. Angry birdspun membuat Angry birds Season, Space dan yang terbaru seri Star Wars. Lain halnya dengan Pokopang. Pokopang menggunakan tema Halloween untuk menyambut event tersebut (padahal di indonesia ga ada event Halloween). Dalam Pokopang ada juga ada event-event seperti experience (exp) dua kali lipat, diskon pada toko virtual, diskon harga hewan,dll. Kesemua hal itu berguna untuk meningkatkan Active user. Dengan update-update visual dan promo-promo yang ada diharapkan User akan memainkan game lebih sering. Selamat mencoba!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s