KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

131. Kagum dengan kemampuan Manager Hotel!

4 Comments

Manajer Hotel sedang berbicara dengan pengunjung hotel dengan berbahasa Korea

Manajer Hotel sedang berbicara dengan pengunjung hotel dengan berbahasa Korea

Halo, para pembaca! Pernah melihat manager hotel kerja ga? Saya sendiri kaget dengan skill yang dimiliki manager Hotel. Ternyata susah juga loh! Gak percaya? Saya sendiri mempelajari beberapa hal dari pengamatan Saya di Lobby Hotel di daerah SCBD. Kenapa saya bisa mengamati di Lobby? Karena parkiran hotel tersebut macet parah. Berikut ini beberapa hal yang Saya dapat dari pengamatan Saya, Cekidot!

Pertama, mereka harus memiliki jiwa yang mau melayani dan turun ke lapangan apabila ada masalah terjadi. Hal ini juga harus di imbangi dengan kemampuan untuk mendelegasikan tugas ke bawahan.

Kedua, mereka harus bisa memperlakukan konsumen dan bawahan dengan hormat. Kalau menghormati konsumen tapi ga menghormati anak buah maka pelayanan hotel akan menurun. Pelayanan yang tak memuaskan akan mempengaruhi kepuasan konsumen.

Ketiga, Harus bisa banyak bahasa asing. Manager Hotel yang saya temui ini adalah Warga negara Taiwan. Beliau bisa berbahasa Inggris, Mandarin, Korea, Jepang dan sedikit bahasa Indonesia. Penguasaan bahasa Mandarin, Korea dan Jepang menjadi salah satu poin penting karena, banyaknya turis dari ketiga negara tersebut menginap di Hotel Indonesia. Kebanyakan sih datang untuk berbisnis di Indonesia. Menurut saya menguasai banyak bahasa asing itu amat luar biasa sih…

Keempat, Harus bisa fokus namun tetap Multi-Tasking. Skill yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk cepat berganti konteks dan memahami masalah yang ada. Manager harus fokus ke satu divisi dan selanjutnya dia harus bisa loncat ke divis lain dan kembali fokus menyelesaikan masalah yang ada. Disini kemampuan beradaptasi dan kemampuan berkomunikasi menjadi suatu hal yang penting.

Kelima, Harus tahan fisik dan mental. Bayangkan saja Anda berkerja secara poin ke empat di tambah lagi ada faktor luar yang bisa membuat runyam? Pastinya akan menghasilkan tingkat stress yang tinggi. Ditambah lagi manager hotel itu kerjanya 24 jam namun dibagi 3 shift sih(jadi 8 jam). Ada juga hotel yang cuman 2 shift. Kebayang gak gimana capeknya harus keliling-keliling hotel selama 12 jam?

Satu hal yang saya amati lagi dari Lobby adalah kok Hotel yang ada di Indonesia ini posisi atasannya warga negara asing semua yah? Saya lihat banyak orang Indonesia hanya menduduki posisi seperti, bell boy, Pembuka pintu, resepsionis, Office Boy,dan kebanyakan satpam. Semoga hal ini hanya terjadi di hotel yang saya amati. Jangan sampai bangsa ini terjajah lagi . Jadi Saya mohon kepada anak-anak perhotelan : Kuasailah segala hotel di Indonesia dan luar Indonesia. Kalian pasti bisa! MERDEKA!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

4 thoughts on “131. Kagum dengan kemampuan Manager Hotel!

  1. Nice post.
    Saya juga adalah general manager pengembangan produk di sebuah perusahaan piranti lunak dan piranti keras.

    Sehari saya keliling ratusan meja, mulai dari engineer software, engineer hardware, engineer firmware, arsitek sistem, para teknisi lapangan, customer service hingga para sales engineer. Menangani permasalahan mulai dari algoritma hingga operasi dan penjualan. Menyelesaikan permasalahan pribadi software engineer yang frustrasi baru ditinggal pacar hingga membuat strategic planning untuk produk tahun depan.

    Saya mulai karir saya dari bawah sebagai seorang teknisi komputer, naik terus menjadi programmer, sales engineer, team leader, junior manager, senior manager hingga bisa mencapai posisi ini.

    Menjadi GM product dev sangat menantang dan menyenangkan, walaupun tanggung jawabnya sangat besar.

    Untuk dapat sukses di posisi ini harus memiliki kemampuan teknis yang prima, kemampuan berkomunikasi dan persuasi dan juga memiliki naluri bisnis yang sangat baik.

    Saya bukan orang yang paling pintar coding dulu di sekolah, juga bukan orang yang paling aktif berorganisasi, juga bukan orang yang paling pintar cari duit/dana. Tapi semuanya bisa. Dulu kuliah, belajar coding, belajar elektronika, belajar bisnis secara formal dan informal pernah, ikut organisasi pernah.

    Jadi kalau mau jadi manager sampai CEO, harus belajar 4 itu dari zaman kuliah. Kemampuan teknis, berkomunikasi, berorganisasi dan berbisnis.

  2. Hello, wah nama perusahaan dirahasiakan saja ya, nggak enak soalnya….hehe…iya saya kerja di salah satu perusahaan pengembang system komputer dan telekomunikasi di Jakarta. Saya bukan CEO, hanya GM saja.

  3. Pingback: 182. Hopsitality GRADES! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s