KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

140. Breaking Bad Sector!

1 Comment

Breaking bad sector

Breaking bad sector

Salah satu cobaan yang lumayan berat dan membuat saya shock beberapa waktu lalu adalah ruasknya PC saya. Kerusakannya kali ini terjadi bukan karena terserang virus, pemasalahan registry maupun salah install software. Kerusakan terjadi pada Hardware HDD saya. HDD saya Bad Sector sehingga performa PC melampat khususnya saat melihat kumpulan folder.

Explorernya bisa error. Sayapun segera memeriksakan PC saya ke tukang servis terdekat dan ternyata HDDnya memang Bad sector karena tegangan voltase listrik yang tidak stabil. Memang sih pernah tiba-tiba listrik turun di kosan. Ternyata efeknya tidak dirasakan secara langsung.

Tukang servisnyapun mengganti HDD yang rusak. Ternyata eh ternyata! sialnya lagi. HDD yang rusak adalah HDD yang baru (tahun 2010). Disana ada partisi dari Drive C(system), dan dua drive lainya. Salah satunya adalah drive yang menyimpan data-data kerjaan saya! #OMGPDAiPodtouch!

Sempet keringet dingin. Kerjaan Saya bisa ilang semua nih…

Mengapa data-data kerjaan saya hilang semua?

Apakah ini cara Tuhan menunjukan bahwa jalan saya bukan sebagai desainer?

Inikah akhir dari karir Saya sebagai Desainer?

Tetapi Tuhan memang baik. HDD SATA yang rusak tersebut saya colokan ke port HDD SATA yang bisa nyambung ke USB (ga tau namanya). Pokoknya bentuknya kayak Sega Genesis jaman dulu. Bdeanya kalau sega nyolokin kaset Sega, Ini nyolokin HD SATA. Alhasil,HDD saya masih bisa di baca, YEAY!

Dua drive data yang saya milikipun segera saya transfer ke HDD yang baru dan HDD eksternal. Data yang di transfer sekitar 600 Giga. Data kerjaan Sayapun terselamatkan. Karir Saya sebagai Desainerpun berlanjut. Sayangnya Drive C atau System di HDD sudah kosong melompom dan tak terselamatkan. Dari kejadian ini saya belajar untuk melakukan backup file-file kerjaan ke HD eksternal dan kalau bisa masukin ke Cloud. Bisa dimasukin ke Dropbox,Google Drive, Box ataupun SkyDrive.

¬†Jagalah Hard Disk, Jangan kau nodai…

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “140. Breaking Bad Sector!

  1. Pingback: 229. Dua Minggu telah berlalu: Sebuah renungan dan pembelajaran! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

