KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

142. Hal yang perlu di Update di akhir tahun!

Leave a comment

Sekarang kita sudah berada di penghujung tahun 2013. Ya, dibulan Desember. Bulan sesudah November dan merupakan bulan terkahir pada kalender Masehi. Pastinya sudah banyak hal yang terjadi di tahun ini. Setelah mendapat hikmah dari kerusakan PC saya maka saya memutuskan untuk mengamankan data-data penting saya. Salah satu data penting yang saya amankan adalah CV.

Soft Copy dari CV saya yang waktu saya lihat sudha lama tidak saya perbaharui. Microsoft Word menunjukan waktu terakhir saya update adalah bulan Maret. Weleh-weleh~

Tanpa tunggu lama dan menunda-nuda sayapun langsung mengupdatenya. Musuh utama dari aktifitas ini adalah pendeknya ingatan manusia. Pada prinsipnya makin ditunda maka akan makin terlupakan. Bagi Anda yang sudah lama dan lupa pencapaian apa saja yang sudah Anda capai tahun ini dan ingin mengupdate CV saya punya tips. Berikut ini hal yang saya lakukan untuk mengupdate/memperbaharui CV Anda supaya tidak ada satu halpun terlewatkan. Cekidot!


1. Browsinglah ke social media Anda! Carilah segala seminar, pelatihan dan lomba yang pernah di ikuti. Biasanya di Social media ada waktu  dan nama jelas acaranya. Biasanya ditemukan di foto Baliho atau banner saat Anda foto di acara tersebut. KEPOlah di timeline Anda dan teman satu tim Anda karena mungkin saja fotonya ada di akun mereka dan anda lupa di tag.

2. Cek segala sertifikat dan piala yang Anda miliki. Tujuannya seperti diatas yaitu mengetahui kapan waktu pelaksanaan dan apa nama segala seminar, pelatihan dan lomba yang pernah di ikuti. Kalau sertifikatnya ilang coba cek goodie bag yang Anda miliki (ekstrim banget yah).

3. Cek Hard Disk di kantor dan PC Anda untuk melihat pekerjaan atau proyek apa saja yang Anda kerjakan pada tahun ini. Beri nama proyeknya dan jelaskan peran Anda dalam proyek itu.

4. Catat segala segala seminar, pelatihan dan lomba yang pernah di ikuti. Catat juga pekerjaan atau proyek-proyek yang pernah Anda kerjakan beserta detailnya. Setelah dictat semua urutkan dan gabungkan ke CV Anda yang lama.

5. Hal terkahir yang perlu dilakukan adalah simpanlah dalam bentuk PDF. Format PDF merupakan format yang umum(bisa dibaca di banyak PC dan Mac) dan memiliki fitur proteksi yang lebih baik dibanding format doc. Buatlah format PDF yang hanya bisa di baca. Tidak bisa diedit, dipilih/select dan  di copy-paste. Hal ini berguna supaya CV Anda yang berformat PDF bisa langsung siap dikirim dikala dibutuhkan. Lakukan juga optimize PDF size di Adobe Acrobat Reader supaya ukuran file PDF kecil.

Nah,proses 1 sampai 5 kurang lebih saya lakukan selama 2 jam. Semoga berguna bagi para pembaca dan selamat mencoba!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

