KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

143. 100k ,Nike+ Running Apps Review!

2 Comments

100 K

Menurut Saya ada empat jenis lari yang paling populer disaat ini. Ke empat jenis itu adalah Lari marathon, lari half-marathon, lari 10K (10 km) dan lari dari kenyataan. Kali ini saya akan membahas aplikasi lari di Android yang katanya merupakan aplikasi Run tracker (perekam lari) terbaik yaitu Nike + Running Apps. Aplikasi gratis besutan Motion X ini berjalan di sistemoperasi iOS dan Android.

Aplikasi ini memanfaatkan mobile data, Wifi dan sinyal GPS untuk mengetahui perpindahan sang pengguna dari poin A ke B. Selama berlari Andapun dapat ditemani dengan musik dari device Anda. Sayangnya aplikasi ini memutar semua file jenis musik di device sehingga musik dan sound effect dari gamepun acap kali dimainkan saat saya berlari. Setelah mencapai 1 kilometer maka Applikasi ini akan memberitahukan Anda jarak yang sudah ditempuh, total waktu dan kecepatan rata-rata Anda ( Average Pace). Berikut Reviewnya!

Fitur

Tersedia fitur Cheer  dimana teman-teman Anda bisa memberikan semangat lewat Facebook maupun menurunkan semangat Anda selama berlari.  Fitur yang paling saya sukai adalah Power song. Power Song adalah lagu yang Anda pilih untuk menyemangati Anda selama berlari. Jadi pilihlah lagu yang bersemangat, jangan lagu galau. Saya sendiri sih memilih lagu  “Goldfish ft. Morning Parade-Washing over me”. Terdapat juga fitur Run reminder yang mengingatkan Anda untuk berlari. Setiap kegiatan lari sang pengguna dapat dilihat juga di website Nike +.

Pencapaian-pencapaian yang bisa didapatkan saat menggunakan Nike+ Running Apps

Pencapaian-pencapaian yang bisa didapatkan saat menggunakan Nike+ Running Apps

Gamification

Aplikasi ini amatlah mendorong penggunanya untuk bersaing satu sama lain. Pengguna bisa membandingkan lari yang telah dilakukan dengan pengguna lain. Mungkin bisa pamer jauh-jauhan ataupun pamer skor waktu. Pengguna juga bisa mendapatkan “Badge” sebagai hadiah telah mencapai suatu prestasi lari dari aplikasi ini. Sayangnya Badge ini tidak ada gunanya. Harusnya bisa ditukar sama sepatu atau baju Nike. Sehingga makin banyak orang termotivasi.

Desain
Secara Desain  UI dan UX saya melihat aplikasi ini memiliki UI dan UX yang bagus. Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis maka Nike + running Apps ini memiliki visual yang baik. Secara UX aplikasi ini masih memiliki banyak kekurangan. Fitur utama dari Aplikasi ini yaitu merekam lari dari pengguna. Sayangnya aplikasi ini acapkali tidak merekam lari kita atau tidak menambahkan jumlah kilometer yang kita sudah tempuh.  Hal ini terjadi saat aplikasi ini dibuka lalu kita pilih Run. Secara sistem aplikasi ini meminta data lari penggunanya sehingga kalau kita sudah lari dan data lari belum masuk maka jumlah jarak yang sudah kita tempuh kemabli ke 0km. Solusinya Anda harus menunggu selama 5 menit supaya aplikasi bisa mengambil data lari Anda sebelumnya. Hal ini amatlah mengganggu masa mau lari aja kok repot?

Nike Running Apps

Kesimpulan

Saya bingung dengan aplikasi ini karena, dulu saya amat puas dengan performa dan kinerjanya. Sayangnya beberapa update terbaru dari Aplikasi ini malah merusak dan mengganggu. Fitur-fitur seperti invite friend to run, Friend, dan Shop sering error saat digunakan. Aplikasi ini seing sekali ” isn’t responding” dan akhirnya menutup dirinya sendiri. Salah satu kebingungan saya terhadap aplikasi ini adalah fitur perekam cuaca. Kadang kala aplikasi ini menampilkan cuaca saat kita berlari kadang kala tidak. padahal ada badge atau award yang harus di unlock jika kita berlari saat hujan.

Secara keseluruhan menurut saya aplikasi ini adalah aplikasi gratis perekam lari terbaik dipasaran. Jika dibandingkan dengan produk sejenis aplikasi ini dapat memotivasi penggunanya dan membuat poenggunanya berlomba-lomba menjadi pelari tercepat. Walaupun masih banyak bug dan kerusakan namun selama belum ada aplikasi lain yang lebih stabil maka Nike+ Running ini masih menjadi pilihan utama. Diperlukan device Nike +(yang ditaro dibawah sol sepatu) atau Nike gear untuk memaksimalkan perekaman lari Anda kedalam aplikasi ini. Aplikasi ini menunjukan kepada penggunanya bahwa berlari(ber olah raga) itu penting, baik untuk kesehatan dan keren.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

2 thoughts on “143. 100k ,Nike+ Running Apps Review!

  1. Pingback: 165. Nike+ Run Bug gedebug! | KRAUKRAUKDI

  2. Hi, menarik baca blog nya🙂
    Saya pengguna baru aplikasi ini, sekitar 1 minggu pakai, pada versi iOS.
    Untuk lagu, setau saya di awal ada pilihan untuk memutar lagu dari artis / album / playlist tertentu.
    Dan selama saya pakai, 4 run untuk masalah tracking run belum pernah ada masalah, paling sekali pernah masalah sync, itu pun karena masalah koneksi🙂
    Ini ID Nike+ saya: dipovespo, lumayan nambah2 temen di Nike+ karena belum banyak teman saya yang menggunakan aplikasi sangat keren ini😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s