KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

145. FB Messenger Trap!

Leave a comment

Beberapa waktu lalu saya secara sengaja meng update FB messengger saya. Hal ini dikarenakan saya melihat review di beberapa media sosial yang mengatakan bahwa aplikasi ini melakukan desain ulang atau re-design. Setelah beberapa menit di update Saya pun mencobanya. Kesan pertama saya saat melihat aplikasi ini adalah iOS 7 banget. Clean design dan Simple. Logo aplikasi inipun berubah menjadi petir.

Logo baru FB messenger yang cetar membahana

Logo baru FB messenger yang cetar membahana

Saya lihat FB messenger di berfokus pada fitur utamanya atau bahasa kerennya core value. Aplikasi ini berfokus pada memudahkan pengguna melakukan chat lewat FB dan menemukan teman atau kontak FB lainnya dari smart phone lalu otomaris melakukan sync.

Aplikasi ini juga menjebak para penggunanya untuk terus menerus memakai aplikasi ini. Setelah 15 menit saya cari-cari ternyata tidak ada tombol sign outnya! Inilah yang dikatakan oleh para desainer “Dark Design”. Design yang di depannya baik namun ujung-ujungnya menjebak. Akibatnya penguna tidak dapat log out dari FB messenger , tidak bisa switch user, dan aplikasi inipun terus menerus berjalan di Background OS Android.

Ini nih penampakan FB messenger. Mirip juga dengan aplikasi BBM terbaru di BB OS 10.2 deh

Ini nih penampakan FB messenger. Mirip juga dengan aplikasi BBM terbaru di BB OS 10.2 deh

Tak ayal banyak penggunanya melakukan protes dan memberikan bintang 1 kepada aplikasi ini di Google Play. Saya merasa dengant tim desainer yang besar dan berkelas Facebook tidak mungkin lupa untuk membuat serta menaruh tombol sign out. Pesan yang diberikan Facebook jelas bahwa  mereka ingin “menahan” konsumen untuk tetap berada di ekosistem FB. Bisa dilihat dari Aplikasi “FB Home” dan “FB messenger” ini.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

