KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

149. Hot!HOT! HEAT! PC!

Leave a comment

coolernya udh kayak bey blade gini...

coolernya udh kayak bey blade gini…8

Hot-hot-heat adalah salah satu band favorit saya saat SMA. Tulisan ini sendiri berkisar tentang betapa panasnya PC saat melakukan pekerjaan berat seperti me-render video dan bermain Crysis 3 dengan settingan Ultra. Setelah saya pelajari dan bertanya kepada pakar OverClock dari majalah CHIP. Saya pun menemukan sebuah teori dimana “Musuh utama dari kecepatan dan performa PC adalah panas”. Bukan hanya saat melakukan Over-Clock namun saat melakukan pekerjaan beratpun demikian.

Saat suhu PC terlalu panas maka PC dengan otomatis akan mematikan segala sistem yang ada. Benar-benar mati dan tidak melakukan restart. Inilah yang dinamakan Over Heat. PC saya sendiri Overheat saat bermain Assassins Creed 3 tepatnya saat di Boston.

Pertanyaannya adalah “Darimanakah asal panas pada PC?”.

Penyebab utama PC Anda panas adalah Processor. Apalagi kalau Processornya bermerk AMD. Saya sendiri memakai AMD dan menyesal kenapa tidak beli Intel saja! Penyumbang panas kedua adalah VGA atau GPU atau kartu grafis. Tapi panas utamanya tetap berada di Processor. Jadi kita dinginkan dulu processornya!

Banyak yang beranggapan bahwa solusi untuk mendinginkan PC adalah dengan pasang banyak kipas atau ganti casing PC yang kipasnya banyak. Adanya kipas di casing bagian atas, kanan, kiri, tengah dan bawah bahkan sampai tuh PC bisa terbang (karena kipas semua). Itu tetap saja kurang efektif. Kipas hanya akan memperbaiki aliran udara alias Air Flow.

Cara paling efektif adalah dengan mengganti CPU cooler. CPU Cooler adalah sebuah tower yang berada diatas Processor Anda yang disambungkan ke MotherBoard. Carilah Cooler yang memiliki Heat Sink yang banyak dan Pipanya lebar-lebar. Pokoknya cari cooler yang banyak pipanya aja deh. Hal kedua yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan Thermal Paste yang harganya diatas 25ribu. Merknya Cooler Master kalo ga salah. Thermal Paste bentuknya seperti pasta gigi, gunanya untuk mendinginkan CPU.

Dengan CPU cooler yang bagus PC Andapun bertambah adem. Kalau kurang adem Anda bisa buka sebelah kiri casing PC Anda lalu alirkan saja kipas angin. Sekian Tips memaksimalkan kinerja PC dengan cara yang aman,murah dan cool. Oh,ya! kalau tidak mengerti tulisan diatas namun PCnya kepanasan. Nanti ke tukang upgrade PC aja dan bilang beli CPU cooler yang heatsinknya banyak dan minta gantiin deh. Jangan lupa thermal pastenya yang bagus. itung-itung investasi. Semoga berguna!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s