KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

163. Star Wars: Tiny Death Star Review!

Leave a comment

Siapa sih yang gak tau Star Wars? Sebuah saga besutan George Lucas ini memang amat terkenal dan sudah menjadi icon tersendiri di dunia Seni. Star Wars sendiri menjadi acuan film serta game bertemakan Science fiction dan Space Exploration. Kali ini Saya akan mereview game Star Wars : Tiny Death Star yang dapat Anda mainkan di Android Anda! cekidot!

Storyline:

Tiny Death Star game!

Game Tiny Death Star main screen

Game ini memiliki Setting antara film Star Wars ke empat dan kelima. Dimana keadaan Death Star (kapal induk sekaligus markas dari tokoh Antagonis di Star Wars) yang hancur namun tidak sepenuhnya hancur. Disini kita berperan sebagai Darth Vader yang mencoba membangun Death Star kembali. Misi utama kita adalah membangun Death Star menjadi kapal induk yang siap untuk menghancurkan planet dan musuh-musuh dari Darth Vader.

Uniknya untuk melaksanakan hal tersebut Darth Vader dan Bossnya membutuhkan banyak uang dan sumber daya manusia. Pemainpun diberi pilihan untuk membangun tempat makan, kantor jasa,tempat  hiburan ,toko retail dan pemukiman. Dimana kesemuanya itu (kecuali pemukiman) akan mendatangkan uang untuk pembangunan Death Star. Pemukiman sendiri merupakan tempat tinggal dari para pekerja toko yang akan mendatangkan uang bagi Death Star.

 

Gameplay:

Game Tiny Death Star: Ini nih visualisasi dari pembangunan di Death Star :-)

Game Tiny Death Star: Ini nih visualisasi dari pembangunan di Death Star🙂

Cara bermain game ini amat sederhana yaitu hanya dengan membangun suatu toko atau pemukiman yang disebut level lalu kita tunggu pembangunan itu selesai (sekitar 60 menit untuk satu level). apabila sebuah toko sudah jadi pemain juga harus memproduksi barang dagangan dari toko tersebut. Selama memproduksi barang dagangan, pemain harus menunggu dan durasi tiap barang dagangan berbeda-beda.

 Pemain dapat mempercepat pembangunan dan pemesanan barang  dengan menggunakan uang kertas atau Bux. Terdapat juga gold coin yaitu uang yang digunakan untuk membangun level di dalam Death Star. Level yang atas (dari 1 sampai 99) bisa digunakan untuk membangun toko dan pemukiman yang bergina untuk membangun perekonomian. Level yang berada dibawah atau rahasia (dari level -1 sampai -99) digunakan untuk keperluan militer.

Selain membangun Death Star secara militer dan ekonomi, Pemainpun disuguhi misi-misi yang harus diselesaikan. Pemain akan mendapatkan hadiah apabila berhasil menyelesaikan misi tersebut. Salah satu keunikan dari game ini adalah adanya pengunjung VIP. Pengunjung Death Star VIP ini memiliki kemampuan khusus dari mendatangkan banyak pelanggan kedalam satu toko,memindahkan lokasi toko, mencari pekerja (bitizen) dan membangun peralatan militer untuk Death Star.

Ini nih suasana briefing rapatnya Darth Vader dengan si bossnya yang selalu punya ritme kata2: "Something-something Dark Side..."

Ini nih suasana briefing rapatnya Darth Vader di Game Tiny Death Star dengan si bossnya yang selalu punya ritme kata2: “Something-something Dark Side…”.

Salah satu cara sang developer membuat pemain tidak bosan memainkan game ini adalah dengan memberikan Scene dalam game ini. Scene adalah kejadian unik berupa animasi yang biasanya merujuk pada kejadian di film. Scene ini bisa pemain dapatkan dengan cara mengantarkan pengunjung yang tepat kedalam toko yang tepat. Pengunjung jenis ini amatlah langka jadi perlu kesabaran penuh untuk mendapatkan satu scene.

Visual:

visualisasi game ini 100% pixel Art. mengingatkan pemain pada game2 SNES dan Sega Genesis

visualisasi game Game Tiny Death Star ini 100% pixel Art. mengingatkan pemain pada game2 SNES dan Sega Genesis

 

Game ini menggunakan gaya visual Pixel Art. Dimana tiap aspek dari game ini dari tipografi,karakter, latar belakang serta GUI dari menu-menunya dibuat dengan gaya pixel Art. Karakterpun digambarkan menjadi lebih cebol , lucu dan berkepala besar. Mengingatkan kita pada game-game RPG di masa-masa jaya Sega Genesis,GameBoy dan Super Nintendo. Gaya visual inipun dikerjakan dengan rapih dan apik. Pemilihan warna serta komposisi warnanya membuat game ini benar-benar menarik.

Musik:
Semua musik yang digunakan dalam game ini adalah Soundtrack dari film Star Wars 4,5 dan 6. Semua musik itu diaransemen ulang dengan gaya 8-bit. Musik-musik yang berirama klasik, tekno, jazz dan rock digubah menjadi musik 8-bit.

Game Tiny Death Star ini adalah upaya dari Disney memperpanjang umur Star Wars dan mengenalkannya ke generasi yang lebih muda. Bisa dilihat betapa Disney ingin menjadikan Star Wars menjadi imut-imut baik secara visual maupun cerita melalui game ini. Game ini sendiri amat cocok di mainkan oleh Anda yang menyukai game casual dan terutama Anda yang menyukai Star Wars. Selamat bermain!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s