KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

164. Dash,Sonic Dash review!

Leave a comment

Penampakan Home Screen Sonic Dash. Setelah beberapa lama memainkan akhirnya dapat karakter Shadow juga.

Penampakan Home Screen Sonic Dash. Setelah beberapa lama memainkan akhirnya dapat karakter Shadow juga.

Salah satu game yang Saya mainkan di akhir tahun ini (dan selama liburan Tahun baru) adalah Sonic Dash! Si landak biru yang keren ini hadir dalam game terbarunya di Android! YEEAAAY!

Sonic sendiri merupakan idola Saya saat Saya kecil. Masih teringat di benak Saya betapa keren dan cepatnya game Sonic untuk Sega Genesis yang saya miliki dahulu. Bagi saya yang berumur 6 tahun saat itu; Sonic adalah tokoh Mickey Mouse yang keren dan bisa berlari kencang.

Dewasa ini(tahun 2013), Saat saya memainkan game Sonic Dash. Rasa kagum akan keren dan cepatnya Sonic masih saya rasakan. Berikut ini review saya untuk game Sonic Dash! cekidot!

Gameplay!
Sonic Dash sendiri merupakan Game 3D endless Running. Dimana kita bisa memainkan karakter Sonic dan berlari di dunia Sonic. Dunia dimana segalanya di desain layaknya lintasan balap. Saya sendiri memainkan Sonic Dash ini dengan Android 4.4 sehingga performa 3Dnya bergitu lancar di Nexus 4 Saya. Secara alur permainan, Sonic Dash amat mirip dengan game-game endless Running 3D seperti ; Agent Dash, Temple Run, Subway Surfer serta Minion Rush. Bedanya hanya kita pada model 3D karakter yang kita mainkan.

Cara mengontrol karakterpun sama seperti game-game endless Running 3D lainnya. Pada Sonic Dash fitur tilt (mengendalikan karakter dengan memiringkan HP) yang memanfaatkan Gyroscope atau Acclelometer tidak ada. Sehingga kontrolnya hanya pada swipe dan tap(pencet) saja. Dalam game ini kita dapat mengalahkan para musuh serta mengumpulkan koin emas atau Ring disepanjang lintasan.

Ring sendiri merupakan mata uang dalam game ini. Di Dalam Sonic Dash, Terdapat pula Red ring atau ring merah yang bergambarkan bintang. Red Ring ini berguna untuk melakukan inner purchase seperti membeli Ring, membeli karakter seperti; Knuckles, Tails dan Shadow dan untuk membeli item “revive” yang bisa membangunkan Sonic dari kematian.

Sonic hanya akan mati jika:
1. Terjatuh dari platform saat melompati pulau,
2. Tidak memiliki Ring, lalu terkena musuh, duri dan terkena serangan Boss,
3. Kepentok   halangan (obstacle) seperti kayu, Pilar yang jatuh secara horizontal dan halan rintang lainnya.

Ini nih penampakan saat melawan Boss. Tidak seperti Boss di Sega Genesis yang sulit. Boss satu ini relatif gampang dikalahkan kok :-)

Sonic Dash: Ini nih penampakan saat melawan Boss. Tidak seperti Boss di Sega Genesis yang sulit. Boss satu ini relatif gampang dikalahkan kok🙂

Layaknya Minion Rush, Sonic Dash pun memiliki Boss yang harus kita kalahkan. Cara mengalahkannya pun sama. Kita hanya perlu menghindari serangannya beberapa kali hingga akhirnya di suruh melakukan tap(pencet) di titik-titik yang sudha ditentukan. Boss yang saya temui selalu bernama Zaaz. Setan Pink dengan lidah menjulur layaknya venom. Kayak nya ini karakter baru deh. Soalnya di Sega dulu kaga ada yang seaneh ini.
Graphic!

Lintasan Loop dan Spiral yang menjadi Icon game Sonic di sajikan secara apik di Game ini :-)

Lintasan Loop dan Spiral yang menjadi Icon game Sonic di sajikan secara apik di Game Sonic Dash ini🙂

Kualitas grafik dari game ini amat bagus. Tekstur 3Dnya begitu detail dan pas dengan dunia Sonic. Lintasan balapnyapun begitu menantang. Salah satu ciri khas dari Sonic adalah kemampuannya untuk berputar dan melewati lintasan spiral serta Loop. Momen-momen kita melewati spiral serta loop itu di visualisasikan dengan baik dengan permainan kamera.
Musuh-musuh yang ada di Sonic Dashpun merupakan musuh Sonic yang iconic khas di Sega Genesis. Ada Kepiting, Siput dan Ikan Robot yang siap membuat kita berhenti untuk berlari. Animasi 3D dari Sonic dan musuh-musuhnyapun terlihat halus. Secara grafik game ini sudah setara Nintendo 3DS lah.
Sound!
Musik dan Sound Effect (SFX) dari game ini memliki ritme dan irama yang khas Sonic. Layaknya banyak game Sonic lainnya , musik yang disajikan musik yang berirama cepat dan rada tekno-tekno. Tapi bukan musik tekno kayak David Guetta, Alesso, DeadMau5 dan Krewella gitu yah,hehehe.
Kesimpulan!
Hal yang membuat Saya rada aneh adalah sistem skor dari Sonic Dash ini. Setelah saya amati skor merupakan hasil penjumlahan dari jarak berlari + musuh yang dikalahkan + Ring yang kita (bank) atau setor saat mau pindah pulau. Kegunaan skor dari game ini adalah untuk berkompetisi dengan teman kita. Kompetisi hanya bisa dilakukan apabila kita menghubungkan Sonic Dash dengan Facebook atau Google+. Menurut Saya hal yang paling penting gamer kejar adalah Ring yang kita miliki untuk meng upgrade skill si Sonic dan Red Ring untuk membeli karakter di game  Sonic Dash.

Game Sonic Dash besutan Sega inipun berhasil membuat saya terkenang nostalgia saat memainkan Sonic di Sega Genesis dulu. Sega telah berjuang untuk meningkatkan Branding dari Sonic dengan menyajikan game-game Sonic kepada gamer.

Mulai dari game Sonic di Sega Saturn, Sega DreamCast, Nintendo Wii, NDS, hingga game Sonic berbasis Java untuk Nokia N-Gage. kesemuanya itu pernah Saya coba dan belum ada yang berhasil membangkitkan perasaan senang namun ber adrenaline seperti game Sonic Dash ini. Untuk para gamer yang kangen memainkan Sonic, game ini amat cocok untuk mengobati kerinduan kalian. Selamat mencoba!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s