KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

168. I Love West Java Traditional Music!

Leave a comment

Bandung merupakan kota yang kreatif. Banyak musisi dan seniman lahir serta berdomisili di Kota ini. Seniman seperti Asep Sunarya, Kang Ibing, The SIGIT, Aura Kasih,Rocket Rockers,NOAH sampai ST 12 (serta Stia Band dan Arul Piter Band) merupakan nama-nama yang mengisi dunia hiburan Indonesia.

Pada suatu kesempatan Saya berkunjung ke sebuah hotel di Bandung. Hotel tersebut memasang tema liburan Natal dan tahun baru. Uniknya musik yang disajikan adalah musik tradisional (kagak nyambung yah visual dengan audio?hehehe). Dimana pemain musiknya hanya tiga orang alias trio. Trio tersebut di isi dengan dua kecapi dan satu seruling.

West Java traditional instrumental trio

Trio yang saya lupa wawancara ini memainkan musik Jawa barat yang khas sekali. Mereka memainkan secara live atau langsung dan durasinya itu lamaaaa sekali. Satu lagu bisa 10 menit lebih. Gak kalah deh dengan para musisi Jazz dan Blues yang penuh improvisasi. Sambil menunggu Taksi, Sayapun mendengarkan alunan musik mereka.  Musiknya tenang atau  bahasa kerennya ‘Woles’ namun ketukannya cepat dan membuat suasana menjadi riang gembira.

Trio inipun memainkan musik dengan kompak dan Saya tidak mendapati nada yang salah atau salah ketukan. Malam itu saya belajar bahwa budaya Indonesia dalam hal ini, musik tradisional itu keren juga kok. Gak kalah dengan musik Pop serta Icona Pop. Malam semakin larut. Taxipun datang , Satpam pun memanggil Saya dan memisahkan Saya dari alunan musik tradisional tersebut.

P.S: Saat melihat judulnya saya langsung berpikir “Norak amet yak judulnya?”.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

