KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

171. Cara paling efektif dan jujur dalam memperpanjang SIM!

4 Comments

SIM a.k.a Surat Izin Mengemudi merupakan kartu yang jarang Saya gunakan. Hal ini dikarenakan di Bandung saya tidak di modalin kendaraan (#Curcol_Galau #Hikz). Keadaan berbalik 180 derajat ketikas Saya balik ke rumah. SIM menjadi kartu yang Satya perlukan karena seringnya saya membawa kendaraan.

Di tahun 2014 ini, SIM sayapun habis masa berlakunya alias Expired. Setelah bertanya kepada kerabat orang tua Saya. Ternyata untuk membuat SIM serta memperpanjang SIM harus pergi ke kota Tangerang dimana Polsek berada. Lokasi Ciputat yang dipinggir Tangerang dan jauh dari lokasi Polsek membuat Saya memutar otak.

Ada gak sih cara cepat memperpanjang SIM?

Masak harus ke Polsek? Udah jauh terus Belum lagi kalau disana harus berhadapan dengan regulasi yang ribet, bayar sana-sini serta waktunya yang lama. Ketiga hal ini menjadikan lahan yang subur bagi percalo’an di sekitar kantor Polsek.

Solusi memperpanjang SIM secara cepat

Ternyata eh,ternyata ada caranya! Caranya adalah dengan mengunjungi SIM keliling.  SIM keliling sendiri merupakan mobil yang didalamnya terdapat tiga Polisi didalamnya. Regulasinyapun jelas dan cepat. untuk memperpanjang SIM Anda harus membawa: SIM lama ,KTP serta fotokopi KTP serta uang untuk pembuatan SIM baru.

Tahap pertama kita harus mengambil formulir dari Polisi yang sudah berjaga di dalam mobil. Di dalam formulirnya sudah ada nomer Antriannya sehingga, tidak ada deh tuh kasus file terselip atau hilang. Setelah mengisi dan mengembalikan formulir kita pun harus menunggu antrian.

Apabila sudah di panggil, tahap selanjutnya adalah cap jari dan foto untuk SIM.  Untuk SIM A dan C masing-masing dikenakan biaya Rp. 150.000,-. Proses dari pendaftaran hingga mendapatkan SIM hanya memakan waktu 30 menit saja! WOW! gancang pisan!

Saat memperpanjang SIM saya melakukannya pada hari Jum’at dan mobil SIM keliling berada di “Metropolitan Mall”, Modern Land. Kalau dari arah Ciputat Anda hanya perlu ke BSD lalu dari BSD ke arah Alam Sutera dan terus mengarah ke Tol tapi ambil lajur kanan yah (dan jangan masuk Tol!). Modern Land ada di kanan jalan dan Metropolitan Mall berada di daerah depan komplek Modern Land. Kalau tidak tahu yah pakai GPS alias Gunakan Penduduk Sekitar alias tanya penduduk sekitar. Waktu operasional mobil SIM keliling dari pukul 08.00-13.0008.00-13.00 WIB.

Semoga dengan tulisan ini lebih banyak lagi pembaca yang membuat SIM di SIM keliling karena regulasinya jelas, harga yang harus dibayarkan jelas dan tidak ada calo-calo’an. Dengan memakai sistem ini, masayarakat bisa memperpanjang SIM secara jujur (tanpa suap-suap), cepat  dan resmi. Semoga berguna🙂

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

4 thoughts on “171. Cara paling efektif dan jujur dalam memperpanjang SIM!

  1. Apakah ktp tangerang selatan bisa perpanjang sim yg polres metro kota tangerang di sim keliling, katanya harus d polres tigaraksa

  2. Encrut lah masa sy hra perpanjang ke.tga raksa.. karena duly.buatnya di sana.. hari gini kaga online.. katinggalan zaman..

  3. itu harus di daerahnya masing-masing ya gan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s