KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

175. Flynne Apps Review!

1 Comment

Pada postingan sebelum-sebelumnya, Saya sudah mengupas serta memaparkan aplikasi yang membantu Anda membaca berita secara Nyaman.Aplikasi seperti Flipboard, Google Currents dan Pulse. Ketiganyapun saya sudah bandingkan dari segala aspek. Pulse merupakan aplikasi news Reader terbaik yang saya miliki saat itu dan Steve Job pun setuju.

Semuanya berubah ketika Pulse bergabung dengan LinkedIn. Sayapun mencari aplikasi news reader alternatif untuk Android. Setelah melakukan pencarian di web dan Google Play Store selama beberapa jam. Sayapun menemukan aplikasi News Reader yang sekaligus bisa membaca Twitter bernama Flyne! Flyne sendiri merupakan aplikasi yang dibuat oleh pembuat Falcon pro. Buat yang tidak tahu, Falcon Pro merupakan salah satu aplikasi Twitter terbaik selain Twitdeck.

Ini nih aplikasi Flyne

Ini nih aplikasi Flyne

Flyne memungkinkan para penggunanya membaca berita yang dipilih dari berbagai topik. Topik seperti; News, Technology, entertainment, Business,Sport ,dll dapat Anda pilih. Sayangnya kita tidak bisa memilih News channel newsnya. Jadi kalau sudah memilih kategori maka Flyne secara otomatis memasukan channel news yang menurut Flyne cocok. Misalnya untuk kategori Technology: kita sudah dipilihkan News channel seperti the Verge, Engadget, TNW,dsb. Padahal mungkin kita lebih ingin membaca berita dari Android Central atau CrackBerry.

Sisi positif dari fitur tersebut adalah pengguna tak perlu pusing harus memasukan News Channel satu persatu. Sayangnya saya merupakan konsumen yang suka memilih channel saya dan preferensi saya dengan Flyne berbeda. Berbeda sekali dengan Pulse dan Google Currents dimana kita harus memasukan nama channel dan otomatis channel tersebut masuk kedalam kategori yang kita inginkan.

Ini nih layout dan visualisasi berita di Flyne

Ini nih layout dan visualisasi berita di Flyne

Membaca di Flyne juga tidak senyaman membaca di Pulse(versi yang sebelum gabung dengan LinkedIn), Google Current dan Flipboard. Saya amat tidak nyaman dengan layout dan tipografinya. Walaupun pengguna bisa memilih huruf atau Font namun tetap Saja tidak nyaman. ketidak nyamanan tersebut bisa dilihat dari jarak antara huruf dan jarak antar baris serta paragraf. Kalau tidak percaya anda bisa membaca satu artikel yang sama dan bandingkan penyajian berita dari Google Currents dan Flyne. Aplikasi Flyne pun tidak memungkinkan pengguna melakukan flip page. Semua berita harus di scroll dari atas kebawah. Hal ini amat mengganggu apabila beritanya panjang.

Secara pemakaian data Flyne menggunakan data yang besar menurut Saya. Semua berita di kategori akan di download headline dan kisi-kisinya. Sedangkan untuk membaca berita secara lengkap pengguna harus mengklik headline dan kisi-kisi berita tersebut. Aplikasipun akan mendownload berita dan menyajikan. Penggunapun bisa mengatur besarnya ukuran berita yang di download dan di simpan di Cache. Aplikasi secara pintar dan otomatis akan menyesuaikan penyajian berita dan gambar berdasarkan pengaturan kita itu.

Secara keseluruhan aplikasin Flyne ini termasuk aplikasi yang baik untuk membaca berita. Secar pribadi saya menilai Google Currents lebih baik dibandingkan Flyne. Google Currents lebih baik terutama dalam hal penyajian berita dan Navigasinya yang jelas. Pada aplikasi Flyne apabila Anda melakukan swipe ke kiri maka akan muncul pilihan kategori berita dan bukannya back atau kembali ke berita sebelumnya. WHAT!?

Ini aneh tapi nyata…Bagi yang penasaran aplikasi Flyne bisa di download disini.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “175. Flynne Apps Review!

  1. Pingback: 178. The New Champion of News reader Apps! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s