KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

182. Hopsitality GRADES!

Leave a comment

Hospitality : GRID. Ilmu perhotelan yang diperlukan dalam menjalin bisnis.

Hospitality : GRID. Ilmu perhotelan yang diperlukan dalam menjalin bisnis.

Beberapa waktu yang lalu Saya menulis tentang betapa kagumnya Saya dengan kemampuan manager hotel. Sekarang Saya akan menjelaskan teknik “Hospitality: GRADES”. Saya mendapatkan teknik ini dari pemilik salah satu hotel di Bogor. Beliau menjelaskan bahwa keramah tamahan atau Hospitality merupakan unsur yang penting untuk semua bidang. Hal ini beliau pelajari setelah berkeliling ke berbagai hotel di dunia.

Diseluruh dunia dan di bidang apapun yang kita jalani selama  masih berinteraksi dengan manusia maka Hospitality adlaah hal pertama yang dinilai orang lain.  Saat pertama kali bertemu orang lain tidak akan melihat hard skill ataupun soft skill yang kita miliki. Yang pertama Mereka lihat adalah hospitality kita. Sebagai contoh bisa dilihat bahwa penghasilan Singapur berkali-kali lipat daripada Indonesia dan banyak investasi masuk ke Singapur. Salah satu modal utama mereka adalah Hospitality (karena Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusianya kalah dari Indonesia).

Berikut ini Saya jelaskan sedikit tentang Teknik GRADES:

GReetings:
Berlomba-lomba lah dalam memberikan salam kepada orang lain. Jangan gengsi. Sapa mereka dengan “selamat pagi”, “Ada yang bisa Saya bantu?”, “Apa kabar?” dan lain-lain.

Attitude:
Bersikaplah hangat, ceria dan tentunya sopan. Jaga juga sikap tubuh kita, disaat orang lain sedang berbicara bersikaplah tegak dan perhatikanlah orang tersebut. Apabila ada urusan lain yang lebih penting maka sopanlah dalam mengakhiri pembicaraan.

Discipline:
Tepat waktulah dalam bertemu dengan siapapun. Sebagai contoh: Orang Jepang dan Jerman selalu datang 30 menit sebelum Rapat atau pertemuan dilakukan. Mereka selalu berbincang-bincang dahulu sebelum rapat dilakukan. Tepat waktulah dalam memulai dan mengakhiri pertemuan karena, banyak orang dari negara maju seperti Jepang dan Jerman amat menghargai waktu.

English:
Latihlah kemampuan berbicara Anda dalam bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang menjembatani komunikasi di dunia.

Smile:
Tersenyumlah. Berikan senyum yang natural. Jangan maksa! Senyum yang natural dan dipaksakan akan dapat dilihat dan dirasakn orang lain.

Nah,Itulah teknik Hospitality GRADES: GReetings, Attitude, Discipline, English dan Smile. Kalau dilihat-lihat memang sederhana namun efeknya bisa sangat luar biasa. Efeknya Anda akan semakin disukai banyak orang,rekanan bisnis, investor dan klienpun akan berdatangan. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi Anda semua.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s