KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

184. Chaos Rings Review!

1 Comment

Chaos Rings: Cover gamenya

Chaos Rings: Cover gamenya

Tak dapat dipungkiri game RPG Jepang terutama buatan SquareEnix merupakan jenis game favorit banyak orang. Kangen juga memainkan game RPG yang sekarang mulai tergerus oleh game tembak-tembakan dan game casual (Pokopang, Candy Crush & Dumb Way To Die). Kali ini Saya akan membahas Game RPG besutan SquareEnix yang memiiki ukuran raksasa,grafis gahar dan cerita yang dalam di OS Android yang berjudul Chaos Rings! Ukuran game ini sendiri termasuk besar sekali yaitu 1,3 GB. Jadi ada baiknya melihat review ini sebelum mendownloadnya. Cekidot!

<SPOILER ALERT!>

Storyline:

Chaos Rings: Suasana sebelum menghadapi Boss

Chaos Rings: Suasana sebelum menghadapi Boss

Chaos Rings menceritakan tentang lima pasang anak manusia yang terjebak di sebuah tempat misterius bernama Ark Arena. Kelima pasang ini harus saling membunuh untuk menemukan satu pasang manusia yang layak dilepaskan dari Ark Arena. Sayangnya tidak dijelaskan bagaimana kelima pasang manusia ini masuk ke Ark Arena. Selain itu dari kelima pasang karakter hanya empat yang dapat kita mainkan.

Ke empat pasang karakter yang dapat kita mainkan memiliki ceritnya masing-masing. lebih kerennya lagi ternyata eh, ternyata mereka semua berhubungan satu sama lain.  Ada empat ending yang berbeda untuk tiap karakter. Waktu untuk memainkan game inipun tergolong panjang karena perlu menamatkan empat cerita karakter dan setelah itu ada baru terbuka cerita selanjutnya.

Cerita yang menguak tentang misteri Ark Arena dan kemanusiaan. Kalau Saya lihat Chaos Rings ini mirip-mirip Assassins Creed. Dimana “Sesuatu ” yang dari masa depan mengintervensi jalannya sejarah. Pengembangan ceritanya sendiri amat menarik. perlahan tapi pasti, satu-persatu misteri terungkap dan cerita tiap pasang karakterpun amat menarik untuk disimak.

Gameplay:

Chaos Rings: battle nya amat sangat mirip dengan Final Fantasy.

Chaos Rings: battle nya amat sangat mirip dengan Final Fantasy.

Cara bermain Chaos Rings amat khas game RPG SquareEnix. Pemain hanya perlu berkeliling peta, berbicara dengan NPC, bertarung dengan mosnter untuk menaikan level, menyelesaikan puzzle atau misteri dan akhirnya mengalahkan boss di tiap levelnya. Sistem bertarungnya pun sama persis dengan RPG SquareEnix kebannyakan. Dimana pemain hanya perlu menekan tombol perintah dalam bertarung dan sifatnya Turn Based atau ganti-gantian.

Menurut Saya tidak ada yang baru atau spesial dari gamplay Chaos Rings . Kalau dilihat lihat Chaos Rings ini amat mirip dengan Final Fantasy VIII.  Selama permainan pemain harus mengumpulkan “Gene” atau genetik dari tiap monster. Genetik ini sendiri berguna untuk memberikan Active-Skill, elemental magic (api, air dan bumi) dan passive-skill. Gene dapat bisa didapatkan apabila pemain mengalahkan monster yang levelnya lebih tinggi dibandingkan level pemain.

Chaos Rings memungkinkan pemain bermain diberbagai Map dan uniknya, Kita bisa memilih level monster yang ada di map. Levelnya sendiri kelipatan 10. Sebagai contoh apabila kita memilih level 21-30 maka, monster yang muncul di map akan memiliki rentang level dari 21 sampai 30. Menurut pengalaman Saya hampir tidak ada perbedaan yang kesulitan signifikan antara monster level 21 ke 30. Saran Saya, kalau Karakter Anda level 18 langsung saja ambil Map dengan level 31-40 (tapi mainnya harus hati-hati).

Visual:

Chaos Rings:  mapnya seperti lukisan digital sih. Jadi ini bukan model 3D semua

Chaos Rings: mapnya seperti lukisan digital sih. Jadi ini bukan model 3D semua

Visualisasi Chaos Rings termasuk yang menurut Saya keren. Game android dengan grafik 3D sekelas PSP.  Chaos Rings memiliki desain karakter dan monster yang khas SquareEnix. Kalau dilihat-lihat memang mirip FInal Fantasy minus karakter ikonik FF seperti Cid, Cactuar, Chocobo,Tonberry,Mog Malboro,dll. Efeknya dihadirkan game inipun keren dan animasinya halus. Grafik merupakan nilai jual utama dari game Chaos Rings.

Musik:
Chaos Rings memiliki musik yang mirip dengan Final Fantasy. Perpaduan antara musik klasik dan ada juga musik teknonya. Sayangnya musik dair Chaos Rings tidak ada yang ikonik seperti musik FF (Apalagi musik Battlenya). Chaos Rings memiliki pengisi suara dalam bahasa Jepang untuk setiap karakternya. Bagi Saya rasanya aneh juga sih melihat subtitle teksnya yang berbahas Inggris namun, suara orang yang mengucapkannya bahasa Jepang.

Di Chaos Rings ternyata ada Sephiroth juga loh. Cuman bentuknya ga mirip FF VII,hehehe

Di Chaos Rings ternyata ada Sephiroth juga loh. Cuman bentuknya ga mirip FF VII,hehehe

Kesimpulan!
Chaos Rings merupakan game yang cocok dimainkan untuk Anda yang sudah kangen dengan RPG Jepang. kangen melihat karekter cowok-cowok yang ganteng membawa pedang yang tidak proporsional (alias gede banget). Segala aspek yanga da di game ini mengingatkan Saya kepada Final Fantasy dari gameplay, ceritanya yang dalam dan berat serta penuh twist dan tentunya musiknya. Chaos Rings sendiri merupakan game Trilogi. Masih ada game Chaos Rings Omega dan Chaos Rings 2 yang perlu dimainkan apabila mingin mengetahui keseluruhan ceritanya.

Apakah game Chaos Rings Omega dan Chaos Rings 2 lebih bagus dari Chaos Rings? Masih emnjadi misteri…Nantikan review game-game keren lainnya di Kraukraukdi.wordpress.com!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “184. Chaos Rings Review!

  1. Pingback: 188. Chaos Rings Easy leveling tips! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s