KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

187. Internet Indonesia paling pelan nomer dua!

2 Comments

Di akhir Januari 2014 ini sebuah lembaga bernama Akamai melakukan survei tentang kecepatan Internet Internet di ngara Asia Pasifik. Walhasil, Korea Selatan menduduki peringkat pertama. Apalagi Korea Selatan sudah siap untuk menerapkan jaringan 5G pastinya, kecepatan Internet negara tersebut lebih cepat dan stabil. Bagan lengkapnya bisa dilihat dibawah ini.

Disebutkan, kecepatan koneksi Internet Indonesia rata-rata tercatat sebesar 1,5 Mbps. Bandingkan dengan Korea selatan yang kecepatannya 20 kali lipat!

Disebutkan, kecepatan koneksi Internet Indonesia rata-rata tercatat sebesar 1,5 Mbps. Bandingkan dengan Korea selatan yang kecepatannya 20 kali lipat!

Melihat data tersebut jelaslah bahwa Internet di Indonesia memang amat sangat tertinggal dibandingkan negara Asia lainnya. Lalu bagaimana tanggapan dari orang nomer satu di Menkominfo?

“Tweeps Budiman, memangnya kalau internetnya cepat mau dipakai buat apa?…:D *MauTauBanget*” Tweet by Tifatul Sembiring.

Menurut Saya, Internet yang cepat dan stabil merupakan salah satu kebutuhan yang tak dapat di elakan lagi. Internet sangat berguna sebagai sarana pertukaran informasi dan salah satu kunci yang akan mempercepat kemajuan suatu bangsa. Sebagai contoh,karena saya seorang Multimedia Desainer maka Internet cepat amat berguna untuk belajar dan menonton tutorial tentang pemanfaatan software multimedia. Dengan Internet yang cepat maka kita bisa menonton tutorial secara langsung dan lebih efektif.

Kalau sekarang sih harus di download dulu. Durasi tutorial yang tak singkat ini juga menyebabkan waktu download lebih lama. Jadi kalau bersaing dengan negara yang internetnya cepat, Mereka sudah menonton satu tutorial sampai habis maka Saya yang di Indonesia masih mendownload video tutorial yang baru 15% progressnya. Nonton aja belom ( T___T )

Dari segi bisnis Multimedia, Internet yang cepatpun membuat bisnis semakin lancar. Misalnya dalam konteks proyekan,maka video atau karya yang kitabuat bisa cepat sampai ke tangan konsumen. Tak perlu lagi di burn ke DVD dan dikirimkan melalui pos. Kalau ada perubahan atau ketidak cocokanpun dapat dengan cepat di perbaiki dan dikirimkan lagi ke klien secara online.

Dengan internet yang cepat penontonpun bisa melihat karya-karya video dengan kualitas terbaik (Selamat tinggal 360p). Selain itu,dengan internet yang cepat akan mendorong pertumbuhan penonton video secara Online artinya, akan lebih banyak lagi pebisnis yang bisa mengiklankan produknya atau mensponsori produknya ke dalam suatu video. Berbeda dengan keadaan sekarang dimana mau nonton video di VIMEO saja masih butuh banyak perjuangan.

Hal yang Saya tuliskan ini bisa dibuktikan dengan gambar diatas. Negara-negara seperti Korea Selatan, Jepang dan Hongkong yang dunia Multimedianya amat berkembang menempati posisi tiga teratas. Perkembangan dunia multimedia ini tentunya akan mendorong perekonomian bangsa baik dari segi dunia hiburan maupun pariwisata. Lihat saja,betapa majunya dunia hiburan dan pariwisata ketiga negara itu yang pastinya menghasilkan lebih banyak devisa bagi negara.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

2 thoughts on “187. Internet Indonesia paling pelan nomer dua!

  1. Tifatul ngomong begitu karena dia nggak mampu …. heleh, menteri kok tanya kayak orang udik gitu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s