KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

204. Tips membuat Password yang kuat!

Leave a comment

Password yang kuat: Dalam satu HP biasanya pengguna memiliki banyak akun dan bioasanya semuanya terhubung. Hal ini tentu saja berbahaya.

Password yang kuat: Dalam satu HP biasanya pengguna memiliki banyak akun dan bioasanya semuanya terhubung. Hal ini tentu saja berbahaya.

Setelah kemarin sempat menjadi korban SCAM atau penipuan dari email yang mengatas namakan “Admin” di Yahoo Mail. Maka sekarang Saya akan memberikan tips cara membuat password yang kuat. Semoga dengan tips ini para pembaca semakin terlindungi dari para peretas (hacker). cekidot!

1. Prinsip password yang kuat:

Pada hakikatnya password yang kuat adalah password yang mudah di ingat namun sulit untuk ditebak. Camkan itu baik-baik.Password harus mudah di ingat namun sulit ditebak (ulangi membaca kalimat ini 5 kali di dalam hati).

2. Variasi penulisan Password:

Gunakan huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Gunakan variasi tersebut dan kalau bisa jangan ber irama atau jangan beraturan. Misalnya Password Anda adalah “p455w0rd” (password ini memiliki aturan dimana tiap huruf yang bisa diganti angka maka akan menjadi angka) akan lebih mudah ditebak dibandingkan “P4s5w0rD”(makin mirip SMS alay maka makin sulit ditebak hacker). Kalau diperbolehkan menggunakan simbol maka lebih baik lagi.

3. Jangan gunakan identitas pribadi:

Identitas pribadi seperti nama lengkap, nomer telepon, nomer HP, alamat rumah, tanggal lahir bahkan nomer KTP sangat amat tidak dianjurkan untuk dijadikan password.

Identitas pribadi kita seperti nomer telp dan tanggal lahir  sangat mudah sekali untuk didapatkan di media sosial. Bahkan nomer telpon saya sering sekali dikirimi SMS promo yang gak jelas beberapa hari setelah  isi ulang pulsa di pinggir jalan.

Salah satu contoh yang baik adalah di film Harry Potter, saat mau masuk dorm Griffindor , Ada lukisan ibu-ibu berkata:

Password?” (dengan nada British English)

Ketua rombonganpun menjawab ” Caput Draconis!” ,

sekonyong-konyong lukisanpun bergerak dan membukakan pintu ke lorong Dorm Griffindor.

“Caput Draconis” bukanlah hal yang mudah ditebak dan bukan identitas pribadi. Great job, J.K.Rowling!

4. Gunakan password yang berbeda di tiap akun:

Terdengar sangat merepotkan namun ini benar adanya. Biasanya satu akun email memiliki hubungan dengan social media. Apalagi banyak aplikasi atau web yang biasa di “Authorize with Twitter, FB ,G+”.  Banyak aplikasi seperti “Roboform”, “LastPass” dan “Master password” yang memungkinkan pengguna log in ke satu akun aplikasi tersebut dan pengguna tak perlu repot-repot log-in akun satu persatu.

Browser internet seperti FireFox, Chrome da IE juga menyediakan layanan “remember password”. Hal ini baiknya digunakan di komputer pribadi yang berada di rumah saja. Jadi, jangan sinkronkan ke Browser FireFox, Chrome dan IE di SmartPhone dan tablet Anda karena, SmartPhone dan tablet lebih mudah dicuri dibandingkan PC anda yang beratnya lebih dari 10 Kilogram.

5. Pisahkan akun-akun Anda:

Sebaiknya dipisahkan antara akun yang menyangkut pekerjaan, keluarga , jualan di Forum Online dan social media. tips yang kelima ini lebih kepada management akun dan sebaiknya kesemua akun itu jangan terhubung semuanya cukup hubungkan ke satu akun apabila anda lupa password atau sesuatu hal yang tak baik terjadi apda salah satu akun Anda.

Nah,demikianlah kelima tips untuk mebuat password yang kuat! Semoga tulisan ini bisa menginspirasi dan berguna untuk Anda semua. Sehingga terhindar dari pencurian identitas dan hal-hal buruk yang bisa terjadi karena pencurian tersebut.AMIN.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s