KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

206. Tempat belanja anak elektro!

1 Comment

Ini nih, penampakan tempat belanja Anak Elektro atau para engineer di Bandung

Ini nih, penampakan tempat belanja Anak Elektro atau para engineer di Bandung

Bandung merupakan kota yang terkenal dengan perdagangannya terutama di bidang fashion. Tak ayal Bandungpun mendapat julukan “Paris Van Java” atau Paris yang ada di Jawa.  Mall seperti Paris Van Java, Ciwalk, Istana Plaza dan BIP pun rajin dikunjungi warga untuk membeli berbagai keperluan terutama fashion.

Dulu Saya kira semua mall memang formatnya seperti Ciwalk, BIP ataupun PVJ ternyata eh ternyata ada “mall” yang unik di Bandung. Kebanyakan konsumennya adalah para engineer atau anak teknik (terutama anak elektro dan mesin).

Jaya Plaza namanya. Semua pusat perbelanjaan elektronik yang bentuknya amat mirip Blok M plaza. bangunannya sudah tua, tidak ber AC dan benar-benar mengingatkan saya sama Blok-M. Lorong-lorongnya amat kecil dan secara arsitektural sangat mencerminkan plaza di tahun 70’an. Kios-kiosnyapun amat antik. Dapat dilihat dari papan namanya dan tentu saja etalase serta meja kayunya yang benar-benar kayu. Tidak seperti sekarang yang kebanyakan merupakan meja MDF.

Di dalam Jaya Plaza sendiri banyak para pedagang yang menjual komponen elektronik. Komponen elektronik loh yah! Tapi ada juga yang menjual barang langsung jadi seperti PS4 dan Xbox.  Di Jaya Plaza komponen elektronik dari board, Arduino Uno, Raspberry Pi, CCTV,resistor,transistor dan transformer di jual disini. Banyak juga loh komponen-komponen untuk membuat robot disini.

Menurut Saya, pusat perbelanjaan seperti Jaya Plaza ini sangat perlu di pelihara dan di dukung oleh para pemerintah. Jaya Plaza menjual komponen-komponen elektronik yang bisa memajukan kehidupan bangsa ini di bidang elektronik. Bukan pusat belanja yang menjual barang elektronik langsung jadi seperti: SmartPhone, tablet, PC, Power Bank,dll. Disini para insinyur-insinyur muda bisa membeli spare part robot dan mengharumkan nama bangsa dengan memenangkan kontes robot.

Besar harapan Saya, Jaya Plaza akan semakin Jaya dan makin banyak pembelinya. Sehingga nantinya para produsen Indonesia bisa memproduksi  komponen elektronik sendiri karena melihat adanya pasar. Walhasil, negara kita makin maju karena bisa memproduksi komponen elektronik sendiri.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “206. Tempat belanja anak elektro!

  1. Pingback: 217. Raspberry di BlackBerry! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s