KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

209. Era kejatuhan iPod!

1 Comment

Era kejatuhan iPod: iPod touch generasi paling anyar.

Era kejatuhan iPod: iPod touch generasi paling anyar.

iPod merupakan sebuah produk “Revolusioner” yang fungsi utamanya adalah sebagai music player. Di tahun 2004 sampai 2010 iPod merupakan produk yang amat laris manis. iPodpun dengan mudah mengalahkan kompetitornya seperti Sony Walkman, Phillips, Zune dan berbagai Mp3 player lainnya. Desain produk dari iPod dan kemudahan dalam menggunakannya menjadi nilai tambah yang sulit kalahkan para kompetitornya.

Zaman telah berubah. Dewasa ini (tahun 2014), Apple melaporkan bahwa penjualan iPod menurun dengan pasti dari waktu ke waktu . Banyak pengamatpun memprediksi bahwa Apple akan berhenti untuk memproduksi iPod. Menurut Saya, Salah satu penyebab penurunan penjualan iPod adalah hadirnya perangkat bernama iPhone. iPhone secara pelan namun pasti membunuh target pasaran iPod.

iPhone sendiri merupakan produk iPod touch+telepon seluler. Umur iPod akan lebih panjang apabila di iPhone tidak ada iTunes tapi, kalau hal itu terjadi maka iPhone akan sangat dengan mudah dikalahkan oleh para kompetitornya.

iPod nano berbagai generasi

iPod nano berbagai generasi

Smart Phone Android yang murah dengan harga 1 juta sampai 3 juta’an menjadi penyebab penjualan iPod menurun. Pengguna tak perlu merogoh kocek 4 juta’an (harga ipod touch) hanya untuk dapat browsing di web,bermain game dan tentunya mendengarkan musik. Bahkan,dengan harga yang lebih murah pengguna bisa menelepon juga.

Berdasarkan kedua argumen diatas terlihat jelas bahwa dewasa ini masyarakat memang masih membutuhkan perangkat yang dapat memainkan musik namun, masyarakat butuh lebih dari itu.  Masyarakat ingin mendengarkan musik sambil chatting, browsing ataupun sambil SMS.

Penyebab lain dari kejatuhan iPod adalah posisi iPod yang tidak menjadi ujung tombak dalam menghadirkan musik yang enak atau menghadirkan good User Experience. Ujung tombak penyajian musik menurut Saya berada pada headset,earphone atau speaker. Hal ini akan berbeda kalau, loud speaker iPod memiliki suara yang nyaring layaknya Motorola ROKR atau Nokia Music.

Era kejatuhan iPod: Steve Jobs memperkenalkan ipod pada tahun 2001

Era kejatuhan iPod: Steve Jobs memperkenalkan ipod pada tahun 2001

Alhasil, banyak teman saya membeli SmartPhone Android yang harganya lebih murah dari iPod touch namun, membeli headset Sennheiser yang harganya ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Terlepas dari penurunan penjualan iPod bagaimanapun juga, iPod sudah menjadi icon tersendiri yang mengubah dunia musik dan cara penyajian musik di dunia ini. Terima kasih iPod🙂

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “209. Era kejatuhan iPod!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s