KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

227. Kredibilitas suatu Acara dan Jebakan TBD!

Leave a comment

Salah satu alasan suatu acara baik itu seminar, workshop, talk show ,dsb ramai adalah karena faktor pembicaranya. Pembicara atau narasumber biasanya merupakan orang yang ahli dan berpengalaman di bidang yang dibahas pada acara tersebut. Pembicara yang kompeten dan terkenal tentunya akan mengundang banyak penonton ke seminar itu.

Misalnya ada suatu seminar di Bandung yang bertemakan “Mewujudkan Kota yang lebih cerdas dan Nyaman”. Acara tersebut di isi oleh:

Mari Elka Pangestu          (Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)*

Basuki Tjahja Purnama  (Wakil Gubernur Jakarta)*

Tri Rismaharini                   (Walikota Surabaya)*

Ridwan Kamil                     (Walikota Bandung)*

Ir.Ciputra                             (Pemilik Ciputra Grup dan Alumni ITB)*

Chairil Tanjung                  (Pemilik Trans Hotel dan Trans Studio Mall)*

Kang Dudung.Phd            (Tokoh setempat)

Prof. Uchiha Sasongko   (Dekan Institut Tokusatsu Hajime Saito / ITHS Jepang)

Melihat nama pembicara-pembicara di atas tentunya acara seminar ini hampir dipastikan ramai oleh penonton dan pers. Mau gratis ataupun berbayar Saya yakin pasti ramai deh.  Para Narasumber diatas menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung. Sayangnya biasanya dalam seminar yang isinya bagus-bagus ini biasanya di beri tanda bintang dan diberi keterangan ” *=TBD”.

TBD atau To Be Determine atau bahasa gampangnya belum tentu bisa hadir di acara tersebut. Alhasil banyak acara tersebut pasti sepi karena, sudah kehilangan kredibilitasnya di mata Saya dan banyak orang karena tiga huruf “TBD”.  Biasanya hal ini dilakukan penyelenggara di saat mengajukan proposal untuk mencari sponsor dan publikasi acara.

Menurut pengalaman Saya, para narasumber yang diberi nama TBD biasanya lebih dari 75% bakal batal hadir ke acara karena berbagai kesibukan. Kalau beruntung tokoh-tokoh tersebut akan mengirimkan perwakilannya. Tapi tetep saja membuat penonton dan peserta kecewa.

Bagi para pembaca yang akan melihat suatu acara baik itu seminar, talk show maupun workshop tolong perhatikan baik-baik beberapa hal dibawah ini supaya tidak terjebak:

1. Cek penyelenggara acaranya:
Kredibel atau tidak?

2. Cek korelasi tema dan narasumber:
Apakah dengan tema yang disajikan akan membuat narasumber tertarik untuk datang? Apakah temanya cukup menarik? apakah temanya bersangkutan dengan program kerja nara sumber?

3. Cek tanda Bintang *:
Makin banyak tanda bintang yang mengindikasikan TBD maka makin besar kemungkinan narasumber tidak akan datang. Ini memang salah satu trik Desain yang menampilkan tanda bintang kecil-kecil.

Semoga tulisan ini berguna sehingga, Anda tidak terjebak di seminar yang tidak Anda kehendaki dan menghabiskan waktu Anda. Selamat mengikuti seminar-seminar.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s