KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

228. Yahoo Mesengger riwayatmu kini!

Leave a comment

Yahoo Mesengger -Riwayatmu kini

Yahoo Mesengger -Riwayatmu kini

Musim Panas tahun 2008, Di malam yang panas itu terdengar bunyi notifikasi yang khas dari Laptop teman Saya. Teman yang Saya yang bernama Vinsi (pada tahun 2012 menjadi finalis Abang None) yang pinjam laptopnya ini. Vinsipun,membuka aplikasi chatting Instant Mesagging bernama Yahoo Messenger. Dalam Satu malam,Vinsi  bisa mendapatkan lebih dari 450 notifikasi dari 30 kontak yang aktif di Yahoo Messengernya. Di kala itu Nokia masih merajai telepon di Indonesia namun, mulai tergerus oleh kehadiran BlackBerry.

Yahoo Mesengger merupakan aplikasi yang wajib, menarik dan amat mengikat para penggunanya di tahun 2008. Koneksi GSM yang masih sangat lambat yaitu di kisaran GPRS dan EDGE tak menurunkan minat para pengguna Yahoo Mesengger (YM) untuk mengaksesnya tiap saat. YM di Laptop atau PC  akan selalu Online ditambah lagi para pengguna mau repot-repot untuk mengakses YM di telepon genggam yang masih berbasiskan Java dengan aplikasi YM( yang masih banyak errornya) dan aplikasi pihak ketiga seperti e-buddy mesengger.

Yahoo mesengger berhasil mengalahkan para kompetitornya seperti AIMTalk, MSN, Windows Live Mesengger,GTalk dan Skype. Kecepatan pengiriman pesan dan adanya emoticon yang memiliki animasi dan suara menjadi kelebihan YM.  Perlahan tapi pasti YM pun tergerus oleh BlackBerry Mesengger yang lebih aman,cepat, dan mobile. Hadirnya BBM ini mengubah perilaku konsumer dari melakukan chatting dengan PC atau laptop menjadi chatting dengan telepon genggam.

Perubahan perilaku konsumen ini menjadi penyebab utama konsumen meninggalkan YM. Lebih parahnya lagi Yahoo, tak melakukan hal yang signifikan untuk meningkatkan pelayanan YM khususnya di Mobile. Kedua hal diatas membuat BBM dengan mudah merebut konsumen YM. Ditambah lagi ekosistem ekslusif BBM dan paket BBM yang di kala itu amat murah dibandingkan beli paket SMS dan internet.

Yahoo Mesengger:final-score

Yahoo Mesengger:final-score. Sayang gak ada whatsapp

Di tahun 2012, BBMpun mulai kalah pamor dan inovasi dari WhatsApp. Sayangnya, di momen BBM mulai ditinggalkan ini Yahoo tidak melakukan hal berarti untuk mengembangkan YM. Padahal potensi YM amatlah besar. Kalau pada tahun 2008 kalau sekali Online di YM, Saya bisa menemukan 30-40 teman Saya yang Online.  Sekarang(2014), saat saya iseng mengecek YM . Secara Ajaib Saya menemukan ada satu teman Saya yang masih setia online di YM. WOW!

Apakah masih ada dari para pembaca yang masih menggunakan YM? Kenapa masih menggunakan YM? Silahkan, Komen di bawah yah…

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s