KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

240. Branding: Penamaan Lumia dan BlackBerry 10!

Leave a comment

Branding:penamaan Lumia dan BlackBerry 10! Ini nih dua mantan penguasa dunia handphone. Nokia yang menguasai pasaran HP sejak akhir 90án yang kemudian di tahun 2006án dikalahkan oleh popularitas BB.

Branding:penamaan Lumia dan BlackBerry 10! Ini nih dua mantan penguasa dunia handphone. Nokia yang menguasai pasaran HP sejak akhir 90án yang kemudian di tahun 2006án dikalahkan oleh popularitas BB.

Penamaan produk yang sistematis atau memiliki aturan tertentu amat membantu “branding”. Penamaan produk yang berurutan membuat masyarakat dapat dengan mudah membandingkan produk dari produsen yang sama. Hal ini di implementasikan dengan baik oleh Apple iPhone (walau nge-skip iPhone 2 sih,hehehe) dan iPad. Makin tinggi angkanya maka makin canggih iPhonenya. Sebagai contoh iPhone 5 pastilah lebih canggih dan mumpuni dari iPhone 4. iPhone 5 pun pastinya di rilis sesudah iPhone 4.

Berbeda halnya dengan penamaan Smartphone Lumia. Produk Lumia 625 di rilis sesudah produk Lumia 1020. Produk yang serinya ratusan (dengan spek lebih rendah) tapi di rilis sesudah smartphone yang memiliki kamera 41 Megapixel. Lebih anehnya lagi Nokia Lumia 1520 (yang secara logika speknya lebih tinggi) memiliki kamera dengan setengah kemampuan Nokia Lumia 1020 alias, cuman 20 Megapixel! Waduh,bingung sih dengan penamaan Lumia ini. Seri Lumia dengan angka yang lebih besar (misal seri 1520) ternyata tidak lebih baik secara spek dan lebih baru dibandingkan seri Lumia dengan angka yang lebih kecil (Lumia 625).

Di lain pihak, BlackBerry 10 memiliki cara penamaan produk yang lebih baik dan jelas dibandingkan Nokia. BlackBerry membagi produknya menjadi dua macam: BlackBerry seri Z adalah BlackBerry 10 yang full touch screen dan BlackBerry seri Q adalah BlackBerry 10 dengan keyboard fisik. Penamaan produk BlackBerry 10 pun memiliki aturan seri yang lebih kecil dengan spesifikasi lebih rendah contohnya: BlackBerry Z10 memiliki spek yang lebih rendah dibandingkan BlackBerry Z 30. Sayangnya penamaannya amat acak. Habis BlackBerry Z10 langsung loncat ke Z30 (yang Z20 mana?) habis itu, bikin BB Z3 atau BlackBerry Jakarta. Kenapa namanya BlackBerry Z3? karena nama Z ,Z1 dan Z2 sudah dipakai oleh Sony Xperia,hehehe.

Saya sendiri masih bingung akan strategi marketing dan penamaan kedua produsen smartphone diatas. Semuanya masih menjadi misteri…

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s