KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

242. Kapan terakhir kali ke bioskop?

Leave a comment

Kapan terakhir kali kamu ke bioskop?

Itulah petikan kata-kata yang di ucapkan berbagai aktor serta aktris Indonesia. Petikan kata-kata itu adalah iklan hari film nasional yang ditayangkan sebelum Saya menonton film di Bioskop. Kalau dipikir-pikir,memang apa sih pentingnya menonton film di bioskop? Apalagi menonton film Indonesia yang 3 bulan lagi juga sudah ada di Televisi?

Ini nih contoh film nasional yang laku di pasaran :-)

Ini nih contoh film nasional yang laku di pasaran🙂

Apa sih pentingnya menonton di bioskop?

Di Indonesia, pembajakan masih sangat amat meramat marak. Jualan DVD film,lagu dan game bajakanpun bisa ditemui dipinggir jalan. Hal ini membuat para produsen film (terutama lokal) tidak bisa mengandalkan pendapatan dari DVD,VCD maupun Blu-Ray karena,penjualannya pastilah lesu. Harga antara DVD bajakan dan asli dengan kualitas yang sama, bisa memiliki beda hingga sepuluh kali lipat.

Masih teringat dibenak Saya, Tahun 2006-2008. Tempat penyewaan film berupa VCD dan DVD original menjamur di Indonesia sebut saja namanya Video Ezy. Dewasa ini, tempat penyewaan DVD original sangat sulit ditemukan. Hal ini berbeda dengan di Amerika. Dimana penyewaan film dan penjualan film dalam bentuk fisik maupun digital masih sangat menjamur. Kita bisa membeli ata menyewanya melalui Amazon,iTunes,Netflix dan bahkan berlangganan dengan berbagai provider lainnya. Sayangnya, di indonesia hal tersebut belum bisa dilakukan. Minimnya penggunaan kartu kredit dan maraknya pembajakan membuat para provider penjualan tersebut tidak menyediakan layanan di Indonesia.

Tidak adanya sarana atau media yang memudahkan masyarakat membeli/menyewa/memuaskan keinginan menonton film yang sudah tidak ada di bioskop menjadi alasan kuat mengapa permintaan akana DVD bajakan tetap tinggi. Kesemua hal diatas menjadikan para produsen film merugi. Menurut Saya, Bioskop menjadi pertahanan terakhir dari film nasional Indonesia. Kenapa?

Hal ini dikarenakan bioskop memiliki nilai lebih berupa sarana yang mumpuni dan menghadirkan pengalaman yang berbeda dibandingkan menonton DVD atau Blu-Ray. Meskipun menonton Bluray nya di TV 60 juta dan di ruangan yang amat home theater namun,sensasi yang diberikan tetap saja berbeda. Bioskop juga memiliki keunggulan yang menampilkan film yang baru atau premier sebelum ada bajakannya.

Keunggulan-keunggulan bioskop menjadipertahanan terakhir film nasional bisa mendapatkan keuntungan dan berkembang. Hal ini berarti jika, penonton film nasional di bioskop sedikit maka akan berpotensi membunuh industri film nasional. Film yang tidak laku saat pemutarannya di bioskoppun akan sulit untuk ditayangkan di televisi. Televisi amat selektif dalam menayangkan konten film yang ditayangkan karena,TV harus membeli hak siar film tersebut.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s