KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

276. Mari membaca bahasa visual!

Leave a comment

Salah satu kemampuan anak DKV dan diajarkan di ITB adalah membaca bahasa visual. Bahasa visual merupakan kemampuan gabungan dari semiotika, psikologi, dan pengetahuan tentang budaya dan adat sekitar. Kemampuan ini jika dikembangkan maka akan mencapai tahap seperti Cal Lightman dalam serial “Lie To Me”. Sebagai contoh Saya akan berikan video SBY,Prabowo dan Jokowi di saat lebaran.

Pertanyaannya adalah: ” Tanda-tanda atau bahasa visual apa saja yang dapat Anda tangkap?”

Dalam video ini dapat terlihat jelas perbedaan mimik, gerakan/gestur dan perlakuan SBY kepada Jokowi dan Prabowo.

Sebagai contoh paling jelasnya adalah jenis antrian yang diberikan. Jokowi dan JK bisa masuk dengan mudah dan tanpa antri untuk bertemu dengan SBY. Itu berarti kedatangan Jokowi-JK sudah terjadwal dan para staff mengosongkan dari warga atau tokoh lain. Banyaknya jepretan blitz kamerapun menandakan bahwa SBY memang sudah menyiapkan waktu khusus untuk Jokowi dan JK. SBY ingin wartawan fokus menjepret SBY bersilahturahmi dengan Jokowi dan JK di hari nan fitri ini. Hal ini jauh berbeda dengan perlakuan SBY ke pak Prabowo.

Nah, itulah salah satu contoh membaca bahasa visual yang kadang-kadang dapat dengan gamblang kita lihat namun tidak diperhatikan tapi, ada juga yang tersirat berupa ekspresi mikro baik dari mimik, gestur dan perilaku. Akhir kata Saya mengucapkan; Dirgahayu NKRI, semoga semakin Jaya dan kaya raya. Merdeka!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s