KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

286. Desainer mau sih dibayar murah karena, proyekan dari teman?

Leave a comment

Tulisan ini khusus buat para desainer yang tulus, lugu dan baik hati. Pesan Saya, kalian harus cerdik dan jangan mau ketulusa,keluguan dan kebaikan hati kalian di eksploitasi oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab atau mafia proyekan. WASPADALAH!

Menanggapi tulisan kemarin  ,ada junior cewek yang bertanya kepada Saya , ” Gak tega kak, kasih mahal (menurut dia (desainer) mahal) soalnya, ini kan proyekan dari temen”. Nah, Saya langsung bagikan aja ilmunya. Sebelum kalian semua menerima proyekan dari temen setidaknya tanyakan empat pertanyaan ini di dalam benak kalian:

1. “Mahal itu berapa sih?”
Udah cek belum standarnya industri berapa buat kamu bikin proyekan kayak gini?(kebanyakan para junior belum mengecek). Coba deh tanya dosen, senior atau tanya mahasiswa bisnis.

2. “Temen kamu ini kasih proyekan ke kamu dalam rangka apa?”
Kalau acaranya non-profit atau amal, Yah jangan minta bayaran atau mintanya dikitlah. Minta dikit karena selama ngerjain kamu kan butuh tenaga, butuh makan, butuh ongkos angkot atau bensin, butuh kopi buat begadang,dsb(pilih sesuai hati nurani). TAPI, kalau acaranya komersial (kebanyakan di kasih proyekan model gini) yah, kamu berhak donk minta bayaran. Toh, dia (temennya) juga tujuannya untuk komersil.

3. “Tapi ini kan acara kemahasiswaan kak?”
Nah,balik lagi ke pertanyaan kedua. Acara kemahasiswaan juga ada yang amal dan komersil bahkan berkedok amal taunya bisnis juga. Jadi,harus cerdik-cerdik yah.

4. “Tapi gak tega kak,ini kan di kasih temen aku yang (bla..bla..bla..)”,

Gini deh logikanya, temen kamu kasih ke kamu harga murah karena gak tahu atau emang tega. Kalau belum ada uangnya kan bisa di cicil.
Kalau dia emang temen sejati kamu, masak sih dia tega liat temennya yang desainer di bayar murah dengan pekerjaan (workload) membuat desain semua visual satu acara besar sampai begadang-begadang dan kurang makan?

Walaupun temen kamu itu adalah gebetan yang kamu incer coba deh pikirin baik-baik.

Belom jadi pacar aja udah kapitalis ekploitatif gini, gimana nanti pas jadian?

coba pikir dan renungkan baik-baik…

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s