KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

290. SBY mau kemana lagi ?

Leave a comment

Manuver politik partai demokrat yang menuai kecaman publik

Manuver politik partai demokrat yang menuai kecaman publik

Oktober 2014, Perpolitikan di Indonesia tampaknya semakin seru saja. Lebih seru dari sinetron. Lebih seru dari serial-serial buatan Amerika. Malam hari,dimana Syaa biasanya nonton serial Amerika (sebut saja Breaking Bad) sekarang, diganti dengan menonton berita di TV. Persaingan selama pilpres tampaknya sudah “Move On” ke tahap selanjutnya yaitu tahap masa pemerintahan sang pemenang pemilu.

Diantara semua manuver politik yang ada, saya lihat SBY atau bapak Presiden benar-benar menjadi pusat perhatian dalam kisah perpolitikan bangsa Indonesia ini. Disaat beliau sedang berada di Jepang (gak tau ada tugas apa), kericuhan terjadi di sidang paripurna yang membahas pemilu langsung vs pemilu yang tak langsung dipilih DPRD). Partai Demokrat yang mendukung pilkada langsung dengan 10 syarat, secara mengejutkan (sekitar tengah malam) bersatu padu untuk” walk out” dari ruangan sidang. Hal inipun membuat masyarakat Indonesia harus kembali kepada pemilihan kepala daerah yang dipilih DPRD.

Ini dia salah satu contoh Meme yang dibuat masyarakat Indonesia sebagai bentuk kekecewaan terhadap Pilkada tak langsung

Ini dia salah satu contoh Meme yang dibuat masyarakat Indonesia sebagai bentuk kekecewaan terhadap Pilkada tak langsung

Pagi harinya, caci maki dan umpatan kepada SBY pun beredar di media sosial. Hal ini di ungkapkan masyarakat karena, kecewa dengan sikap partai demokrat. Selang beberapa jam, SBYpun membuat video di Youtube (btw kenapa gak ada TV yang ekslusif menyiarkannya secara live yah?) yang isinya kecewa juga dengan “walk out”nya partai Demokrat. Sayangnya video tersebut dianggap sebagian masyarakat sebagai pencitraan. Msyarakatpun bertambah kecewa. Kekecewaan masyarakat inipun menjadi trending topic di twiter selama beberapa hari.

Kekecewaan masyarakat Indonesia yang diungkapkan dalam berbagai bentuk tulisan dan foto membuat citra SBY semakin terpuruk. Peristiwa inipun diliput oleh media-media internasional. Menurut Saya, belum pernah citra SBY jatuh seperti saat ini. 10 tahun beliau memimpin Indonesia, diakhiri dengan kebencian dan kekecewaan masyarakat atas tindakan partainya. Padahal SBY pada saat akhir masa jabatannya sudah membuat program transisi kepemimpinan yang banyak di apresiasi masyarakat.

Beberapa hari kemudian SBYpun (secara mengejutkan) membuat Perpu yang nantinya akan membatalkan pilkada yang dipilih oleh DPRD. Hal ini membuat sebagian masyarakat mengapresiasi tindakan SBY namun,banyak yang berpendapat bahwa ini adalah pencitraan semata. Perpu yang SBY buat masih bisa di tolak oleh DPR (yang mayoritas DPR mendukung pilkada tidak langsung). Ada juga yang berpendapat bahwa, SBY lari dari tanggung jawabnya dengan membelokan kekesalan masyarakat kepada DPR jika, perpu ini di tolak. Dua hari setelahnya, para anggota legislatifpun di lantik dan pada malam harinya, ketua DPR serta wakilnya pun jatuh kepada kubu yang mendukung pilkada tak langsung.

Cepatnya manuver-menuver politik dengan jangka waktu yang pendek ini benar-benar menyita perhatian Saya. Saya yang malas berurusan dan mengurusi politik tiba-tiba tershiri oleh manuver-manuver politik para elit yang sangat amat penuh intrik.  Betapa drama politik sekarang ini benar-benar lebih menarik daripada serial Amerika seperti “House of Cards”. Semoga saja,ditengah gejolak politik ini keadaan Indonesia bisa tetap damai dan kesemua hal ini berujung pada kebaikan untuk bangsa Indonesia. AMIN🙂

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s