KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

307. CDMA riwayatmu kini~

Leave a comment

Ini dia HP esia yang legendary banget

Ini dia HP esia yang legendary banget

Di tahun 2012 masih teringat dibenak Saya, betapa murahnya tarif telepon dan SMS memakai operator CDMA. Operator seperti Esia, Flexy, Fren dan Smart (sebelum bergabung menjadi Smart Fren). Diawal oktober yang lalu, Telkom Flexy secara resmi ditutup dan bergabung dengan telkomsel. telkom flexy ditutup dengan menyiskan 4 juta lebih pelanggan. Operator CDMA seperti Ceria, hepi,dan Flexy yang dulu pernah menghiasi dunia CDMA Indonesia perlahan namun pasti mulai gulung tikar.

Esia yang dulu merupakan raja CDMA Indonesiapun, terlihat semakin lesu dan katanya sih terlilit banyak hutang. Hal ini membuat Esia tak dapat menyaingi operator GSM 3 besar yaitu Telkomsel, Indosat dan XL. Indosat yang memiliki StarOne pun sepertinya tinggal menunggu waktu saja sebelum akhirnya StarOne di jadikan GSM (seperti Flexy). Hanya SmartFren yang masih getol menayangkan iklan dan masih agresif berjuang di kanal CDMA.

Menurut Saya, CDMA sulit berkembang di Indonesia karena, jaringan para operator yang belum seluas cakupan jaringan operator GSM dan juga sedikitnya HP CDMA yang bagus beredar di Indonesia. Sebenarnya handphone bagus seperti iPhone 5S sekalipun ada loh versi CDMAnya namun, di Indonesia tak ada distributor yang meng impornya. Jadinya handphone CDMA yang beredarpun kebanyakan memiliki performa yang buruk.

Kenapa Saya bilang performanya buruk?

Sebagai contoh HP SmartFren banyak sekali yang memiliki spesifikasi diatas iPhone 4S namun, saat di operasikan masih saja banyak bug dan nge-lag . Padahal OSnya sudah Android yang paling dasar seperti Nexus. Mampukah SmartFren bertahan dengan tetap memakai jaringan CDMA?

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s