KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

317. 5 Prinsip untuk desain yang lebih baik!

Leave a comment

5 Prinsip untuk desain yang lebih baik! C.R.A.P

5 Prinsip untuk desain yang lebih baik! C.R.A.P

Sudah lama sekali Saya tidak menuliskan hal tentang Desain, kali ini Saya akan berbagi ilmu! Beberapa minggu lalu Saya mengikuti sebuah pelatihan desain dan di ingatkan kembali akan 5 prinsip desain yang baik. Desain yang baik memiliki 5 prinsi yang di singkat menjadi CRAPS. Dalam tulisan ini akan Saya jabarkan untuk Anda semua dimana, prinsip ini bisa digunakan untuk semua jenis desain. Desain poster, video, Interface applikasi, dan berbagai keperluan lainnya.

  1. Contrast:
    Desain yang baik harus memiliki kontras/berbeda yang baik. Kontras disini berarti tidak boleh ada elemen dalam desain yang mirip-mirip. Elemen desainnya hanya boleh sama atau berbeda! Elemen desain yang ada harus Kita harus menentukan bagian mana yang lebih penting, mana yang kurang penting. Bagian yang lebih penting harus lebih di ekspos, entah itu dengan cara diperbesar, bentuknya sangat berbeda dengan yang lain ataupun memiliki warna yang berbeda. Kontras dalam desain akan menciptakan hierarki.
  2. Repetition:
    Desain yang baik haruslah berulang-ulang menggunakan elemen visual yang sama dan tentunya menggunakan jenis huruf yang sama. Sehingga pengulanag tersebut akan membawa kesatuan dalam desainnya. Dalam penggunaan huruf batasi menggunakan 3 jenis huruf (kalau terpaksa bisa sampai 5 sih). 3 Jenis huruf itu untuk judul, sub-judul dan keterangan (huruf-huruf yang kecil dan dituliskan panjang).
  3. Alignment:
    Desain yang baik haruslah memiliki elemen desain yang berhubungan satu sama lain. Gambar harus memiliki hubungan dengan tullisan yang ada ataupun kalau di instalasi seperti patung dan interior, karya desain haruslah sinergis dengan keadaan sekitarnya. Dalam tipografi desain grafis Alignment sendiri juga mencakup “align to left,center,right&justify”. Pengaturan alignment atau rata haruslah seragam sehingga orang yang membaca tidak pusing. Misalnya tulisan yang panjang-panjang lebih baik di rata kiri dibantingkan rata tengah dan justify
  4. Proximity:
    Desain yang baik haruslah mengelompokan informasi-informasi yang ada. Dalam sebuah desain pastilah banyak elemen-elemen yang berhubungan satu sama lain. Infomasi-informasi yang berhubungan satu sama lain haruslah di kelompokan dan yang tidak memiliki hubungan haruslah dipisahkan. Hal ini berguna supaya orang yang membaca tidak pusing sehingga desain dapat dengan mudah dimengerti. Contohnya dalam blog Saya ini: ada bagian home, kategori, bagian side-bar dan kontak. Dibagian kontak haruslah ada pengelompokan informasi yang berhubungan seperti: Nama kontak, alamat tinggal ,alamat email dan nomer telepon.
  5. Simple:
    Desain yang baik haruslah sederhana. Sederhana disini berarti membatasi penggunaan jenis elemen desain dan penyajiannya. Batasi penggunaan jenis huruf 3 sampai 5 jenis huruf saja. Batasi juga penggunaan warna (color Pallete) dan konsisten lah dalam menggunakan warna itu. Apabila Judul dari desainnya berwarna merah maka gunakanlah warna merah untuk judul itu terus menerus. Batasi juga penyajian informasi dalam desain begini tipsnya:
  • Hanya tampilkan informasi yang sangat-amat penting bagi konsumen.
  • Sederhanakan teks yang menjelaskan yang sangat-amat penting dalam 1 sampai 2 kalimat dengan bahasa yang sederhana. Mau itu poster ilmiah tentang suatu penelitian pun haruslah, disajikan dengan bahasa yang sederhana dan hindari penggunaan istilah yang rumit.

5 prinsip terebut berlaku universal dan bisa diterapkan di berbagai jenis desain. Semoga tulisan ini menginspirasi🙂

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s