KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

318. Hal paling dasar untuk User Experience yang lebih baik!

1 Comment

Hal paling dasar untuk User Experience yang lebih baik!

Hal paling dasar untuk User Experience yang lebih baik!

Beberapa minggu lalu, Saya berkesempatan untuk belajar banyak di konferensi UX (User Experience) pertama di Indonesia. Acara ini memiliki narasumber yang sangat kredibel dan sayangnya semuanya dari luar negri alias bule-bule atau wong Londo,ah ah ah~
Salah satu hal yang Saya sadari dari acara ini adalah pentingnya riset dalam proses mendesain UX.

Di Indonesia sendiri proses riset dalam mendesain biasanya dilakukan secara minim (nyari di Internet dan nanya orang-orang yang dekat) atau parahnya bahkan tidak dilakukan sama sekali. Hal ini dikarenakan, budget dan deadline projek yang amat minim di Indonesia (Biasanya 1-3 bulan harus jadi). Sedikitnya waktu, pengerjaan membuat banyak desainer di Indonesia kurang melakukan riset.
Berbeda halnya dengan di luar negri seperti di Eropa dan Amerika Serikat. Nara sumber Saya tante Turi yang merupakan peneliti di Frog Desain memiliki buanyak proyek yang rata-rata dikerjakan 12 bulan hingga 36 bulan! WOW! Di tiap proyeknya yang memiliki waktu tersebut, Frog menelurkan satu solusi desain yang nantinya bisa di pakai hingga puluhan tahun. lebih hebatnya lagi solusi-solusi tersebut pastilah mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak dan membuat banyak klien kembali ke pelukan FROG,WOW!
Kenapa hal itu bisa terjadi?

Jawabannya adalah riset.
Dalam pengerjaan proyek tersebut, FROG banyak melakukan riset yang intinya adalah memahami permasalahan secara keseluruhan. Memahami masalah dari aspek bisnis, psikologi, kebudayaan, bisnis, dan lain-lain. Rata-rata di dua minggu pertama mereka merumuskan strategi dan hal apa saja yang ingin di teliti atau riset. Hal ini dilanjutkan dengan minimal 3 bulan penelitian akan masalah yang ada.
Salah satu metode Andalan mereka adalah dengan cara menjadi bagian dari pengguna atau sasaran desain mereka.

Sebagai contohnya dalam sebuah perusahaan jual beli saham, mereka bukan hanya mengamati broker saham namun juga mencoba menjadi broker saham sehingga, mereka tau apa saja yang di hadapi sang broker? hal apa yang membuat mereka susah? hal apa yang bisa dibuat lebih baik? Pengamatan yang mendalam ini tentunya memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit namun, hasilnya sungguh luaaaar biasa! Tak jarang dampak dari Solusi desain FROG membuat pencapaian target dari 200% hingga 1500%. WOW~
Kok bisa?
Jawabannya adalah riset.
Memiliki pengertian yang baik dalam melihat maslaah dari berbagi sudut pandang merupakan, permulaan yang penting dalam membuat User Experience (UX) desain yang lebih baik.

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “318. Hal paling dasar untuk User Experience yang lebih baik!

  1. Pingback: 613. UX research: Qualitative + Quantitative research! | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s