KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

373. Device-device besar

373. Device-device besar!

1 Comment

373. Device-device besar

373. Device-device besar : Ini dia nih device teranyar yang ukurannya besar. Bahkan iPhone aja ikut-ikutan membesar. Bye-bye one handed smartphone~

 

Dewasa ini para produsen smartphone membuat produk yang ukurannya susah dan bahkan mustahil untuk di genggam dengan satu tangan. Smartphone dengan ukuran layar 5 inchi sudah menjadi standar baru bagi industri ini. Perbedaan antara smartphone dan tablet semakin sulit dikenali. Bagi Saya ada 3 kelemahan mendasar dari smartphone yang berukuran lebih dari 5 inchi:

  1. Boros Batere!
    Semakin besar ukuran smartphone maka semakin besar juga ukuran layar touch screennya. Belum lagi, ukurannya yang besar memerlukan kerapatan pixel yang besar (kalau enggak keliatan banget pixel-pixelnya). Ukuran layar yang besar membuat processor dan RAM bekerja lebih keras untuk menyajikan visual. Walaupun baterenya besar namun, hal ini tak menjamin bahwa HP besar awet. Kalau awet berarti processornya tak begitu kencang dan layarnya tidak terlalu bagus.
  2. Susah di kantongin!
    Apalagi kalau pakai celana jeans yang ketat atau slim-fit. Walhasil banyak teman Saya memegang terus smartphonennya atau menaruhnya di tas. Menaruh di tas artinya susah mendeteksi akan notifikasi yang ada atau bahas gampangnya ngerepotin lah. Saking susahnya dikantongin di China setiap yang beli iPhone 6 Plus gratis permak kantong celana. Konyol abis,ahahha…
  3. Ukuran tangan manusia normal!
    Setelah Saya coba-coba dengan berbagai macam device, ternyata tangan manusia itu emang paling optimal kalau menggemggam smartphone ukuran 4,5 inchi sampai 5 Inchi. Diatas itu maka akan sangat sulit untuk mengetik atau menggunakan smartphone dengan satu tangan. Kalau gak percaya coba aja ngetik satu tangan pake LG G3, Samsung Galaxy Mega dan LG Nexus 6.

 

Selama tangan manusia lebih kecil dari tangan Shaq O’Neal maka smartphone dengan ukuran lebih dari 5 Inchi tidaklah ergonomis dan tidak enak digunakan sehari-hari. Kalau dipakai pun beresiko lebih mudah jatuh karena tidak di genggam dengan sempurna. Waspadalah!

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

One thought on “373. Device-device besar!

  1. Pingback: 430. Ngapain sih beli tablet!? | KRAUKRAUKDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s