KRAUKRAUKDI

Design, Technology, Art and Love for better Life

384. Belajar dari TV luar!

Leave a comment

“Jangan nonton TV! Nanti jadi bodoh!”- Qoutes dari seorang guru SD

Semua stasiun TV Indonesia sepertinya mengkampanyekan hal ini kepada para pemirsanya. TV di Indonesia penuh dengan hal-hal negatif yang di ulang -ulang. Satu topik tentang “Begal” atau maling motor misalnya: bukan hanya di siarkan disetiap tayangan berita dari pagi hingga malam bahkan, sampai di highlight di akhir pekan dan kalau ada kasus sejenis hal inipun akan dibicarakan hingga tren nya turun. Saya sendiri sampe bosan dengernnya (karena udah males liat jadi denger aja,hehe).

Saking parahnya, disaat pagi hari di akhir pekan dimana banyak anak-anak menonton TV bukannya, diberikan tayangan yang mendidik malah dibuat jualan Apartemen. Weleh-weleh~

384. Belajar dari TV luar!tv champion asli jepang.

384. Belajar dari TV luar!tv champion asli jepang.

Menurut Saya kemajuan sebuah bangsa sangat bisa dilihat dari tayangan TV negara tersebut. Sebagai contoh salah satu acara TV di Jepang yang Saya kagumi adalah “TV Champion”. “TV Champion” adalah sebuah acara yang mencari juara-juara dari berbagai profesi dari jepang hingga luar jepang. Para juara tersebut di adu dengan berbagai tantangan yang menarik dan menghibur. Berbagai profesipun di cari juaranya dari, pengrajin tanah liat, pelukis mural, ahli menghias buah hingga yang paling berkesan adalah pelatih anjing.

384. Belajar dari TV luar! MythBusters

384. Belajar dari TV luar! MythBusters

Amerika serikat sebagai poros hiburan di Dunia pun memiliki tayangan yang tak kalah mencerdaskan. Tayangan TV Amerika sendiri lebih banyak berkutat mengenai sains dan teknologi. Acara seperti “Myth Buster” dari Discovery Channel yang menjelaskan berbagai hal mitos dan fiksi dengan pendekatan sains kimia dan fisika. “Myth Buster” bukan hanya menambah pengetahuan namun, juga menyajikannya secara fantastis dan penuh ledakan.

Di lain pihak National Geographic memiliki acara yang tak kalah menariknya yaitu “Brain Games”. Acara yang di narasikan oleh Neil Patrick harris ini mengungkapkan cara kerja otak manusia dan betapa otak manusia itu penuh tipuan dan mudah tertipu juga. Ada juga acara sains yang benar-benar penuh penjelasan yang dalam berjudul ” Through the wormhole”. Acara ini di bawakan oleh Morgan Freeman dan acara ini sangat bombastis berkat penggabungan, visual yang mantap dan suara Morgan Freeman. Ada juga acara sejenis yang berjudul ” Nova science” dibawakan oleh David Pogue. Saya banyak belajar sains dari tayangan-tayangan TV Amerika.

384. Belajar dari TV luar! hawking Grand Design

384. Belajar dari TV luar! hawking Grand Design

Dari benua Eropa, Saya menemukan bahwa tayangan TV di Inggris lebih suka mengedepankan sejarah para tokoh. Sebagai contoh BBC pernah membuat film dokumenter tentang Stephen Hawking yang diperankan Benedict Cumberbatch. Btw,Itu bukan berarti mereka tidak membahas sains dan teknologi yah . Kalau gak percaya liat aja Top gear UK. Selain membahas mobil mereka juga membahas tentang teknologinya serta perohal sains mengapa hal itu bisa terjadi.

Kalau Saya lihat masyarakat yang bangsanya maju bukan sepenuhnya tidak memiliki TV hiburan dan berita penuh kekerasan namun, mereka punya pilihan untuk menonton acara yang menginspirasi. mendidik + menghibur. Di Indonesia sendiri Saya kesulitan menemukan acara-acara seperti itu. Atau jangan-jangan ada yah acara seperti itu? hmm…

Author: kraukraukdi

I'm Fearless...If you interested in Design, Technology, Art and Love for better Life. Please check kraukraukdi.wordpress.com and follow me @soekarnold

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s